Sukses


Rapor Pemain Asing PSM di BRI Liga 1: Makin Nyetel, Sinyal Positif Jelang Seri Kedua

Bola.com, Makassar - Penampilan PSM Makassar pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022 terbilang baik. Skuad Juku Eja sempat memimpin klasemen pada pekan keempat usai menekuk Persik Kediri.

Terakhir, usai melakoni laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 dengan menahan imbang 1-1 Persib Bandung, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu bertengger di peringkat tujuh klasemen dengan mengoleksi 9 poin.

Padahal, jelang awal musim, PSM diadang berbagai kendala, di antaranya terancam tak bisa mengikuti kompetisi bila tak menyelesaikan tunggakan gaji pemainnya pada musim lalu.

Saat BRI Liga 1 2021/2022 berjalan, tim asuhan Milimor Milosevic hanya diperkuat dua pemain asing yakni duet Belanda, Wiljan Pluim dan Anco Jansen.

Bek tengah PSM, Serif Hasic (Bosnia) baru dimainkan pada pekan ketiga dengan status pemain pengganti. Hasic kemudian menjadi pemain starter PSM pada pekan keenam. Sedang, satu pemain asing lainnya, Bektur Talgat Uulu (Kirgistan) menyusul dimainkan ketika PSM menantang Persib Bandung. Pelatih PSM, Milomir Seslija menurunkan Bektur di babak kedua.

Artinya, baru pada pekan keenam, PSM bisa memainkan seluruh pemain asingnya dalam satu lapangan dan berhasil mencuri satu poin dari Persib. Itulah mengapa usai laga kontra Persib, Milomir langsung mengungkapkan keyakinannya menatap persaingan pada seri berikutnya.

Menurut Milo, sapaan akrabnya, kehadiran Serif dan Bektur berdampak besar pada penampilan timnya. "Saya kini memiliki kedalaman skuad yang baik," terang Milo.

Menarik untuk ditunggu hasil racikan Milo dengan pemain asing yang lengkap pada laga-laga selanjutnya di BRI Liga 1. Mampukah Pluim, Jansen, Serif dan Bektur memenuhi harapan pecinta PSM? Sebagai acuan, Bola.com mengulas penampilan keempat pemain asing Juku Eja pada seri pertama BRI Liga 1.

 

2 dari 6 halaman

Wiljan Pluim

Penampilan Pluim bersama PSM di BRI Liga 1 2021/2022 memang belum sebaik musim-musim sebelumnya. Tapi, gelandang asal Belanda tetap menjadi kartu As Juku Eja yang menjadi incaran pemain tim lawan untuk dimatikan pergerakannya.

Pluim membuktikan kapasitasnya dengan mencetak satu gol dan dua assist buat PSM. Penampilan terbaik eks Willem II ini terjadi ketika Juku Eja menekuk Persik Kediri dengan skor 3-2.

Pada laga itu, Pluim bukan hanya mencetak gol perdananya musim ini. Ia juga mengirim umpan terukur kepada Ilham Udin Armaiyn pada akhir laga untuk memastikan untuk membawa PSM meraih tiga poin sekaligus memimpin klasemen sementara.

 

3 dari 6 halaman

Anco Jansen

Kemampuan Anco Jansen sempat diragukan pendukung PSM setelah tak mencetak gol pada dua laga perdana timnya di BRI Liga 1 2021/2022.

Eks NAC Breda ini malah kalah tajam dengan penyerang sayap Ilham Udin Armaiyn yang selalu mencetak gol saat Juku Eja bermain imbang 1-1 dengan Arema FC dan Madura United. Beruntung, dalam situasi itu, pelatih PSM, Milomir Seslija tetap memercayainya.

Jansen akhirnya menjawab kepercayaan itu dengan mencetak dua dari tiga PSM ke gawang Persebaya Surabaya pada pekan ketiga. Sosok Jansen menjelma jadi pujaan fans Juku Eja setelah mencetak gol pembuka kemenangan PSM atas Persik yang berakhir dengan skor 3-2.

Sayang, pada dua laga selanjutnya, Jansen kembali mandul. Tapi, Milomir tetap yakin dengan kemampuan sang striker. Terutama pergerakan aktifnya di lapangan yang membuat bek lawan kerap terpancing untuk meninggalkan daerahnya.

 

4 dari 6 halaman

Serif Hasic

Serif Hasic sudah menjadi bagian PSM pada Liga 1 2020. Tapi, bek asal Bosnia itu tetap butuh waktu untuk beradaptasi dengan permainan PSM yang diinginkan oleh Milomir. Terutama kondisinya yang dinilai belum kembali setelah menjalani karantina. Itulah mengapa, Serif hanya berstatus pemain pengganti pada pekan keempat dan kelima.

Serif baru tampil sebagai starter ketika PSM menghadapi Persib pada pekan keenam. Pada laga itu, Serif nyaris menjadi pesakitan setelah mencetak gol bunuh diri pada menit ke-60. Beruntung, PSM mampu menyamakan kedudukan lewat gol Saldy Amiruddin.

 

5 dari 6 halaman

Bektur Talgat Uulu

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bektur Talgat Uulu (@bektur_talgatuulu)

Terlambat bergabung di PSM membuat Bektur baru dimainkan Milomir pada laga pekan keenam menghadapi Persib. Itu pun dengan status sebagai pemain pengganti yang baru dimainkan pada babak kedua.

Bektur langsung membuktikan kapasitasnya sebagai gelandang yang dibutuhkan PSM. Selain berposisi sebagai jangkar, Bektur juga memiliki akurasi umpan yang baik. Satu diantaranya ketika melepaskan umpan kepada Saldy Amiruddin yang kemudian mencetak gol penyama kedudukan.

Kehadiran Bektur membuat persaingan antar pemain di lini tengah PSM kian sengit. Satu slot di lini ini sudah pasti jadi milik Wiljan Pluim. Dua slot lainnya, Bektur harus bersaing dengan Rasyid Bakri, Sutanto Tan, M. Arfan dan Fajar Handika.

6 dari 6 halaman

Posisi PSM saat Ini

Video Populer

Foto Populer