Sukses


Timnas Indonesia Gemilang di Play-off Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Lolos dari Ancaman Pemecatan?

Bola.com, Buriram - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bisa bernafas lega setelah memberikan dua kemenangan pada play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil positif tersebut membuat pelatih asal Korea Selatan itu untuk saat ini lolos dari ancaman pemecatan.

Pada akhir Agustus 2021, Shin Tae-yong melakukan pertemuan dengan PSSI. Dalam pertemuan tersebut, disepakati kinerja Shin Tae-yong akan dievaluasi bila gagal mengantarkan Timnas Indonesia menembus Kualifikasi Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda menyingkirkan Chinese Taipei melalui dua pertandingan yang berakhir dengan kemenangan agregat 5-1.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mencatatkan peningkatkan signifikan dalam dua laga tersebut. Tim Merah Putih akhirnya menyudahi puasa kemenangan dalam 649 hari bersama Shin Tae-yong.

Selain itu, Timnas Indonesia juga kembali mencatatkan clean sheets pertama dalam tiga tahun terakhir. Terakhir kali Timnas Garuda menyudahi pertandingan tanpa kebobolan pada 25 Maret 2019, saat mengalahkan Myanmar dengan skor 2-0 dalam laga persahabatan.

Sejauh ini, bisa dipastikan nasib Shin Tae-yong masih aman di Timnas Indonesia. Pelatih berusia 52 tahun itu kini punya tugas berat yakni membantu Timnas Indonesia meraih kesuksesan dan gelar perdana di Piala AFF 2020.

2 dari 3 halaman

2 Pekerjaan Rumah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga merasa senang timnya sukses menggulung Chinese Taipei pada laga leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023, Senin (11/10/2021). Namun, Shin Tae-yong menyebut ada dua pekerjaan rumah yang masih perlu dibenahi.

"Walaupun kami sudah mencetak tiga gol, namun momen untuk mencetak gol harus lebih ditingkatkan lagi kualitasnya. Masalah pertahanan juga harus lebih stabil untuk kedepannya," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga berpesan agar para pemainnya tak cepat puas dan tetap bekerja keras. Perjuangan sesungguhnya Timnas Indonesia baru dimulai setelah lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

"Memang ini baru play-off melawan Chinese Taipei dalam dua pertandingan. Jadi, untuk kedepannya sepak bola Indonesia akan lebih baik lagi. Mohon dukungannya yang lebih lagi dari sekarang," tegas Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Pot 4

Kemenangan atas Chinese Taipei membuat Timnas Indonesia berhak melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan berada di pot 4 pada undian yang akan digelar Oktober 2021.

Timnas Indonesia berada di pot 4 bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja atau Guam. Timnas Indonesia berpotensi menghadapi tim-tim yang tangguh.

Situasi ini membuat Timnas Indonesia harus terus membangun kekuatan untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023. Tugas berat akan dimiliki pelatih Shin Tae-yong ke depannya.  

Video Populer

Foto Populer