Sukses


Prediksi Persipura Vs Persebaya di BRI Liga 1: Momentum untuk Memulai Kebangkitan

Bola.com, Sleman - Duel klasik pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 mempertemukan dua tim yang bersaing sejak era perserikatan. Persipura Jayapura akan mengawali seri kedua BRI Liga 1 dengan menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021).

Persipura dan Persebaya merupakan dua tim yang sama-sama bergelimang prestasi kasta tertinggi Liga Indonesia. Persebaya menjuarai Liga Indonesia 1996/1997 dan 2004, sementara Persipura adalah kampiun musim 2005, 2008/2009, 2010/2011, dan 2013.

Jangan lupakan juga status keduanya sebagai tim penghuni tiga besar Liga 1 2019. Persebaya adalah runner-up, sedangkan Persipura menghuni peringkat ketiga klasemen akhir. Mereka hanya kalah dari Bali United sang kampiun musim tersebut.

Pelatih Persipura, Jacksen Tiago, melihat pertemuan ini bakal berlangsung seimbang. Arsitek tim berpaspor Brasil itu memandang Persipura dan Persebaya memiliki kekuatan yang sama untuk berebut poin.

“Dalam pertandingan, kekuatan kedua tim seimbang. Saya tidak bisa melihat yang satu lebih dari yang lain. Persebaya mungkin lebih banyak kelebihan dibanding kami. Mereka lebih banyak menggunakan jasa pemain asing,” ungkap Jacksen.

“Sebelas pemain Persebaya yang masuk lapangan harus diwaspadai. Semua pemain itu punya potensi mengancam kami. Bagaimana caranya mengantisipasi? Siapkan pasukan Persipura sebaik mungkin, tingkatkan konsentrasi pada menit-menit awal,” imbuhnya.

Mereka sama-sama dalam kondisi kurang apik selama melakoni seri pertama lalu dalam enam pertandingan. Persipura dan Persebaya sama-sama terjebak di papan tengah dengan hasil yang kurang memuaskan. Makanya, Persipura dan Persebaya juga mengusung misi yang sama dan ingin bangkit dalam seri kedua BRI Liga 1 2021/2022.

2 dari 5 halaman

Produktivitas di Seri Pertama Bukan Keuntungan

Persebaya kini menduduki peringkat ke-12 dalam klasemen BRI Liga 1 2021/2022 dengan raihan enam poin hasil dua menang dan empat kalah. Mereka menjadi tim produktif dengan 10 gol, tapi memiliki pertahanan paling rapuh karena kebobolan 12 gol.

Persipura malah lebih buruk karena berada di posisi ke-14 klasemen sementara dengan raihan lima poin. Mutiara Hitam meraih satu menang, dua seri, dan tiga kalah serta hanya mencetak lima gol saja, angka produktivitas terburuk kedua setelah Persela Lamongan.

Dengan catatan itu, apakah Persebaya lebih diuntungkan karena menjadi tim dengan rekening gol terbanyak sampai enam pekan BRI Liga 1?

“Tidak ada itu. Kami juga kurang signifikan di putaran pertama. Bagi saya itu bukan keuntungan buat Persebaya. Bagi saya fokus kepada tim saya sendiri,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

3 dari 5 halaman

Pantang Memandang Remeh

Aji Santoso tidak ingin meremehkan kekuatan Persipura meskipun menuai hasil yang kurang maksimal di seri pertama BRI Liga 1 2021/2022. Dia menegaskan Mutiara Hitam tetaplah tim tangguh yang bisa melahirkan kejutan.

“Persipura juga banyak dihuni dengan pemain-pemain muda. Karakter bermainnya tidak berubah meskipun banyak pemain Persipura yang sudah pergi, seperti Boaz Solossa. Karakter bermainnya cukup kuat. Ini yang harus kami antisipasi,” ujar Aji.

“Mereka memiliki banyak pemain dengan individu yang bagus. Kami tidak boleh memberi ruang yang terlalu lebar kepada pemain-pemain Persipura, siapapun itu. Mereka masih mengandalkan permainan kolektif,” tuturnya.

Hasil seimbang juga diperlihatkan dalam catatan pertemuan kedua tim di Liga 1 sejak 2018. Mereka sudah lima kali berjumpa. Persipura dan Persebaya sama-sama membukukan dua kemenangan dan satu laga berakhir imbang.

 

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

  • Persipura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Irsan Lestaluhu, Ricardo Salampessy, Doni Moni, David Rumakiek (belakang); Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Nelson Alom (tengah); Todd Ferre, Ricky Kayame, Feri Pahabol (depan)
  • Pelatih: Jacksen F. Tiago
  • Persebaya (4-3-3): David Ariyanto (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Mokhamad Syaifuddin, Reva Adi Utama (belakang); Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Bruno Moreira (tengah); Samsul Arif, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso

Prediksi Bola.com: 50-50

Live Indosiar

Sabtu, 16 Oktober 2021

Pukul 18.15 WIB

5 dari 5 halaman

Posisi Persipura dan Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer