Sukses


4 Poros Kekuatan Persebaya yang Berpotensi Membuat Persipura Kelabakan di BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya bakal menghadapi tantangan tidak mudah pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Tim Bajul Ijo mengawali seri kedua dengan berjumpa Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam.

Persebaya Surabaya kini menduduki peringkat ke-12 dengan raihan enam poin hasil dua menang dan empat kalah. Mereka menjadi tim produktif dengan 10 gol, tapi memiliki pertahanan paling rapuh karena kebobolan 12 gol.

Tim Bajul Ijo bertekad untuk bangkit di seri kedua dalam lima pertandingan menjadi target utama yang harus tercapai. Persiapan matang telah dilakukan selama lebih dari sepekan terakhir menjalani latihan.

Mereka sempat didera krisis pemain belakang dalam kondisi ingin memperbaiki rekor kebobolan yang buruk. Ada pemain yang mengalami cedera, tapi ada pula yang masih absen lantaran mengikuti agenda Timnas Indonesia U-23.

Kabar baiknya, bek asing Alie Sesay kemungkinan bisa tampil menghadapi Persipura karena sudah berangsur pulih dari cedera hamstring. Akan tetapi, belum ada kepastian nama satu ini bisa tampil melawan Persipura.

Sayangnya, hal yang sama tidak terjadi pada Arif yang juga pemain penting di jantung pertahanan karena masih proses pemulihan. Sektor penjaga gawang juga jadi catatan karena mengawali krisis pemain.

Terlepas dari itu, Bola.com telah merangkum empat pemain Persebaya Surabaya yang bakal menjadi pembeda dan menyulitkan Persipura di pertandingan ini. Simak ulasan berikut:

 

 
2 dari 6 halaman

David Ariyanto

Persebaya Surabaya malah krisis kiper karena absennya Satria Tama yang cedera dan Ernando Ari Sutaryadi yang sedang menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Hanya tersisa Andhika Ramadhani dan David Ariyanto saat ini.

Andhika, yang berusia 22 tahun, masih terlalu muda untuk diandalkan dan sudah sempat menjalani debut saat kalah 2-3 dari PSIS Semarang (3/10/2021). Sedangkan David yang lebih senior belum mendapat kesempatan menjalani debutnya.

Kemungkinan, David menjadi pemain yang akan dipercaya di bawah mistar saat berjumpa Persipura nanti. Dia usia 34 tahun, dia tentu jauh lebih berpengalaman menghadapi tekanan pertandingan.

 

3 dari 6 halaman

Bruno Moreira

Gelandang satu ini sempat kesulitan beradaptasi dengan permainan Persebaya. Dalam dua pertandingan pertamanya, Bruno Moreira mendapat cemoohan karena belum mampu menunjukkan performa impresif.

Tapi, dia kemudian membuktikan bahwa kemampuannya di lini tengah bisa diandalkan. Pemain berusia 22 tahun itu memiliki pergerakan yang membahayakan saat membawa bola dan mengirim umpan ke lini depan.

 

4 dari 6 halaman

Taisei Marukawa

Gelandang Taisei Marukawa menjalani laga debut yang impresif bersama Persebaya Surabaya. Pemain berusia 24 tahun tersebut tampil selama 83 menit saat timnya menang 3-1 atas Persikabo 1973.

Pemain berkewarganegaraan Jepang itu menyumbang satu assist untuk gol yang diciptakan Jose Wilkson pada menit ke-41. Apa yang dilakukannya itu mampu menuai pujian dari beberapa pihak, terutama suporter Persebaya.

Jangan lupakan juga brace yang dicetak pemain bernomor punggung 10 itu ke gawang PSS Sleman pekan lalu. Dwigol yang dicetaknya menjadi penentu kemenangan Persebaya dengan menempati posisi penyerang sayap.

 

 
5 dari 6 halaman

Jose Wilkson

Pemain berpaspor Brasil ini juga menjalani debut yang impresif saat melawan Persikabo 1973. Jose Wilkson bahkan mencetak brace alias dua gol di pertandingan perdananya dalam kompetisi Indonesia. Dia kini telah mengoleksi tiga gol dalam empat penampilan.

Dia benar-benar membuktikan kualitas dengan kemampuan yang lengkap bagi seorang striker. Wilkson telah menjadi pembeda dan membawa perubahan positif. Jose Wilkson sendiri merasakan timnya kini dalam kepercayaan diri tinggi untuk meraih hasil maksimal lagi.

Apa yang ditunjukkan oleh Wilkson itu mengingatkan pada sosok David da Silva yang juga berasal dari Brasil. David merupakan mesin gol andalan dengan kemampuan dribel dan tembakan kerasnya sebelum memperdaya pemain bertahan lawan.

Hanya saja, Wilkson sudah mandul dalam tiga pertandingan terakhir. Justru, motivasinya untuk bangkit bisa bertambah dengan membobol gawang Persipura nanti.

6 dari 6 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer