Sukses


Hasil BRI Liga 1: Diwarnai Keputusan Kontroversial Wasit, PSIS Bungkam Barito Putera

Bola.com, Bantul - PSIS Semarang meneruskan tren kemenangan di BRI Liga 1 2021/2022. Tim arahan Ian Gillan itu menang 1-0 atas Barito Putera pada pekan kedelapan di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (20/10/2021) malam.

Gol tunggal penentu kemenangan PSIS Semarang atas Barito Putera diciptakan Jonathan Cantillana pada pengujung babak kedua. 

Tren kemenangan PSIS berlanjut. Pada dua laga sebelumnya, Bajul Ijo berhasil menang atas Persebaya dan Persik Kediri. 

PSIS tidak mengulur waktu untuk melancarkan serangan. Di menit-menit awal, sudah terdapat dua tembakan yang mereka arahkan ke gawang Barito Putera berkat Septian David Maulana dan Riyan Ardiansyah. Namun, sepakan mereka belum berbuah gol.

Barito Putera masih mencari bentuk permainan dengan mengandalkan skema serangan balik. Dengan Buyung Ismu Lessy sebagai motor serangan, upaya mereka masih sering kali mampu dipatahkan pemain bertahan PSIS.

Insiden kontroversial laga ini terjadi pada menit ke-17. Mulanya, bek kanan Barito Putera Bagas Kaffa melakukan penetrasi dari sisi sayap kanan dan masuk ke kotak penalti. Dia kemudian dijatuhkan bek PSIS Rio Saputro.

Wasit Bachrul Ulum meniup peluit tanda pelanggaran, tapi dia ragu membuat keputusan dan berdiskusi dengan asisten wasit. Sang pengadil kemudian malah memberi hadiah tendangan bebas kepada Barito Putera, alih-alih penalti. Peluang ini tidak menghasilkan gol untuk Barito Putera.

Baru pada menit ke-26, Laskar Antasari membukukan peluang emasnya di pertandingan ini. Buyung Ismu melepas tembakan spekulasi yang sayangnya masih belum tepat sasaran, melambung tipis di atas mistar gawang PSIS yang dikawal oleh Joko Ribowo.

PSIS Semarang kemudian kembali membukukan kesempatan mencetak gol pada menit ke-34 lewat bek kiri Frendi Saputra. Tembakan jarak jauhnya masih mampu dihalau kiper Aditya Harlan. Sampai turun minum, tidak ada gol yang tercipta dan babak pertama berakhir 0-0.

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Kedua tim memulai babak kedua dengan serangan yang relatif berimbang. Permainan kedua kesebelasan lebih banyak terhenti di lapangan tengah. Kalaupun mencapai barisan serangan, bola biasanya mudah diblok pertahanan lawan.

Peluang pertama paruh kedua tercipta saat pertandingan memasuki menit ke-50. Septian David Maulana mulanya mengirim umpan tarik dari sisi kanan serangan. Sayang, bola eksekusi Andreas Ado masih melebar.

Kiper Aditya Harlan layak mendapat pujian lewat aksi dua penyelamatan beruntun di menit ke-62. Mulanya Jonathan Cantillana melepas tembakan dari luar kotak penalti yang mampu ditepis. Bola rebound disambar oleh Hari Nur dan masih bisa diamankan Aditya.

Akan tetapi, dua penyelamatan ini membawa dampak kepada Aditya yang berbenturan dengan Hari Nur. Laga harus dihentikan karena dia mendapat perawatan dari tim medis. Beruntung dia bisa kembali bertanding dan laga dilanjutkan pada menit ke-66.

Barito Putera kembali mendapat peluang emas pada menit ke-71 lewat Buyung Lessy. Dia memanfaatkan bola robound dan menempatkan bola ke pojok kiri atas, namun masih mampu ditepis oleh Joko Ribowo.

Gol pertandingan ini akhirnya lahir pada menit ke-82 lewat skema serangan balik Laskar Mahesa Jenar. Jonathan Cantillana melepas tembakan kerasnya dari luar kotak penalti dan gagal dibendung oleh kiper Barito Putera.

Sampai wasit meniup peluit panjang, tidak ada gol tambahan yang diciptakan oleh pemain dari kedua kesebelasan. PSIS Semarang sukses memetik tiga angka dan bertahan di papan atas, sementara Barito Putera masih di zona degradasi.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Bagas Kaffa, Dandi Maulana, Azamat Baimatov, Miftah Sani (belakang); Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Buyung Lessy (tengah); Beni Oktavianto, Aleksandar Rakic, Rafael Oliveira (depan)
  • Pelatih: Djadjang Nurdjaman
  • PSIS (4-2-3-1): Joko Ribowo (kiper); Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Rio Saputro, Frendi Saputra (belakang); Reza Irfana, Jonathan Cantillana; Septian David Maulana, Brian Ferreira, Riyan Ardiansyah (tengah); Andreas Ado (depan)
  • Pelatih: Ian Gillan     
4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Peringkat PSIS dan Barito Putera

Video Populer

Foto Populer