Sukses


Hasil BRI Liga 1: Wasit Bikin Kontroversi Lagi! Duel Persebaya Vs Persela Berakhir Imbang

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya gagal meneruskan tren kemenangan di BRI Liga 1 2021/2022. Tim Bajul Ijo ditahan 1-1 saat berjumpa Persela Lamongan pada pekan kedelapan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (21/10/2021) malam.

Peluang pertama pertandingan ini tercipta pada menit kedelapan lewat tendangan bebas winger Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa. Bola sepakannya melengkung tipis saja di atas mistar gawang Persela yang dikawal Dwi Kuswanto.

Persebaya berhasil unggul terlebih dahulu saat pertandingan baru memasuki menit ke-12. Itu berawal dari umpan terobosan Marukawa kepada Ricky Kambuaya. Bola tembakannya membentur kaki Moch Zaenuri yang kemudian gagal dibendung Dwi Kuswanto.

Dalam kondisi tertinggal, Persela mencoba untuk tampil lebih agresif setelah mendapat banyak serangan. Pada menit ke-25 Jabar Sharza hampir membukukan namanya di papan skor lewat tendangan keras mendatar yang masih mampu ditangkap Andhika Ramadhani.

Lima menit berselang, Persebaya kembali menebar ancaman ke gawang Laskar Joko Tingkir. Kali ini, Ricky Kambuaya mengirim umpan tarik pada Jose Wilkson. Namun, bola tembakannya masih mampu ditangkap Dwi Kuswanto.

Insiden kontroversial tercipta pada menit ke-35. Wilkson melakukan eksekusi tendangan bebas yang mengarah ke gawang. Bola sempat ditangkap Dwi Kuswanto, namun terlepas dan tayangan ulang menunjukkan bola sudah masuk masuk ke gawang sebelum ditangkap lagi.

Wasit Musthofa Umarella tidak mengesahkan gol tersebut dan tetap menyatakan laga berlanjut di tengah protes para pemain. Dalam situasi ini, Persela dengan cepat melakukan serangan balik ke pertahanan Persebaya.

Sial buat Persebaya Surabaya, umpan terobosan pemain Persela kepada Ivan Carlos yang terlihat offside tidak membuat pertandingan berhenti masih di menit yang sama. Striker asal Brasil itu kemudian melepas tembakan mendatar kaki kiri yang gagal dibendung Andhika.

Kedudukan sementara 1-1 menghiasi papan skor hingga wasit Musthofa Umarella memberi waktu turun minum. 

Sehari sebelum laga ini, keputusan kontroversial wasit juga jadi sorotan pada laga Barito Putera kontra PSIS Semarang. Ternyata insiden serupa kembali terjadi pada malam ini. 

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Persela tancap gas melakukan serangan demi mampu membalikkan kedudukan. Kesempatan pertama paruh kedua tercipta di menit ke-51 lewat tendangan bebas Nasir. Bola tembakannya mengarah ke gawang, tapi mudah diamankan Andhika.

Hanya tiga menit kemudian, Persela kembali menebar ancaman lewat Riyatno Abiyoso setelah menerima umpan dari Jabar Sharza. Abiyoso melepas tembakan dari dalam kotak penalti dan mengarah ke gawang, namun lagi-lagi berhasil ditepis oleh Andhika.

Persela masih terus tampil agresif mengurung pertahanan Persebaya. Taisei Marukawa dkk. terlihat bermain menunggu sambil melihat kelengahan pemain Persela sebelum melakukan serangan balik cepat.

Peluang emas didapatkan Persebaya saat pertandingan memasuki menit ke-67. Marukawa mengirim umpan silang dari sisi sayap kiri ke jantung pertahanan, tapi Samsul Arif yang dituju gagal meneruskannya menjadi tembakan.

Laskar Joko Tingkir mendapat peluang emas berkat kesalahan pemain belakang Persebaya di menit ke-71. Kemelut di muka gawang tercipta dan bola yang dalam penguasaan Abiyoso justru terlepas. Jabar Sharza pun menyembarnya, tapi masih mampu dihalau Andhika.

Jual beli serangan kemudian tercipta dari upaya yang dilakukan oleh kedua kesebelasan. Namun, upaya mereka kerap kali gagal melahirkan ancaman karena bola bisa dipatahkan di lini tengah maupun pemain bertahan.

Baik Persebaya maupun Persela melakukan sejumlah pergantian pemain karena kondisi cedera. Arif Satria dan Supriadi adalah nama yang ditarik keluar dari Bajul Ijo. Sedangkan Persela menarik Ivan Carlos yang harus ditandu keluar lapangan.

Wilkson hampir saja membuat Persebaya berbalik unggul pada menit ke-88. Mulanya, Marukawa melepas tembakan yang mampu ditepis Dwi Kuswanto. Bola muntah kemudian disambar Wilkson dan masih membentur mistar sebelum meninggalkan lapangan.

Tidak ada tambahan gol yang tercipta sampai wasit Musthofa Umarella meniup peluit panjang pertandingan sesama klub Jawa Timur ini. Persebaya dan Persela dipaksa berbagi angka.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Alwi Slamat, Ricky Kambuaya, Hambali Tolib (tengah); Moch Supriadi, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso
  • Persela (4-1-4-1): Dwi Kuswanto (kiper); Riswan Yusman, Demerson Bruno Costa, Moch Zaenuri, Sandy Ferizal (belakang); Ahmad Bustomi; Malik Risaldi, Gian Zola, Jabar Sharza, Riyatno Abiyoso (tengah); Ivan Carlos (depan)
  • Pelatih: Iwan Setiawan    
4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya dan Persela

Video Populer

Foto Populer