Sukses


PSSI Terima Permintaan Maaf Elkan Baggott, Wajibkan Gabung Timnas Indonesia jika Diminta Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - PSSI menerima permintaan maaf dari Elkan Baggott. Namun, bek berusia 19 tahun itu dilarang untuk kembali menolak panggilan dari Timnas Indonesia.

"Kalau dari sudut pandang saya, membela Timnas Indonesia adalah hak semua pemain," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dinukil dari laman PSSI.

"Kami sudah memaafkan Baggott dan meminta dirinya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia bila dibutuhkan pelatih Shin Tae-yong," jelas Iriawan.

Baggott mengirimkan surat permintaan maaf kepada Iriawan pada Sabtu (23/10/2021) buntut dari keengganan dirinya merapat ke Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021.

Ketika itu, Shin Tae-yong memanggil Baggott untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. Namun, pemain Ipswich Town U-23 itu justru mangkir.

2 dari 5 halaman

Isi Permintaan Maaf Baggott

Isi permintaan maaf Baggott kepada PSSI satu di antaranya ialah menjelaskan penyebab dirinya tidak dapat memenuhi panggilan Timnas Indonesia di Dubai.

"Kepada ketua PSSI yang terhormat. Pertama, saya ingin meminta maaf sedalam-dalamnya karena tidak menghadiri Timnas Indonesia di Dubai," tulis Baggott dalam suratnya.

"Alasannya pada waktu itu adalah pemerintah Inggris dan klub saya menyarankan saya untuk tidak hadir karena situasi COVID-19 di Dubai memburuk."

"Oleh karena itu, jika saya pergi ke sana, akan sangat berisiko. Syukurlah situasi COVID-19 sekarang jauh lebih baik di Inggris dan Indonesia karena banyak masyarakat yang telah divaksin," jelas Baggott.

3 dari 5 halaman

Dicuekin Shin Tae-yong

Setelah menolak bergabung dengan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Baggott mulai dicuekin oleh Shin Tae-yong.

Ketika Timnas Indonesia bertanding di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7-11 Oktober 2021 di Thailand, Baggott tidak dipilih oleh arsitek asal Korea Selatan itu.

Begitu pula saat Timnas Indonesia U-23 akan beraksi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 26-29 Oktober 2021 di Tajikistan, Shin Tae-yong kembali mengabaikan Baggott.

4 dari 5 halaman

Janji Elkan Baggott

Setelah menyampaikan permintaan maaf, Baggott berharap mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia. Bek bertubuh jangkung itu juga berjanji untuk mengerahkan seluruh kemampuannya untuk Skuad Garuda.

"Sekarang, saya siap untuk membela dan memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia. Semoga Anda bisa memahami alasan saya," imbuh Baggott.

Pada tahun lalu, Baggott adalah langganan di Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021. Namun, ketika turnamen itu batal, pemain kelahiran Bangkok, Thailand itu malah emoh dipromosikan ke timnas senior.

5 dari 5 halaman

Surat Permintaan Maaf Elkan Baggott kepada PSSI

Video Populer

Foto Populer