Sukses


Duel Antarlini PSM Vs Persikabo 1973 di BRI Liga 1: Adu Kreativitas Wiljan Pluim dan Ciro Alves

Bola.com, Sleman - PSM Makassar dan Persikabo 1973 sama-sama memburu kemenangan saat bentrok pada pada laga pekan kesembilan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (25/10/2021).

Tiga poin merupakan hal vital buat kedua tim untuk mengamankan posisi di klasemen sementara BRI Liga 1, sekaligus mengintip peluang merangsek ke papan atas.

Seperti diketahui, Tim Juku Eja dan Tim Laskar Padjajaran baru saja menelan kekalahan pada pekan kedelapan. PSM Makassar takluk ditangan Borneo FC dengan skor 1-2, sedangkan Persikabo 1973 dipermalukan Persita Tangerang dengan skor sama.

Demi mewujudkan target tiga poin, kedua tim wajib menjebol gawang lawan. Berkaca pada laga sebelumnya, kedua tim sama-sama mengandalkan gelandang serang untuk memburu gol.

PSM berharap pada aksi ciamik Wiljan Pluim (Belanda) yang sudah mengoleksi satu gol dan tiga assist. Adapun Persikabo berharap pada Ciro Alves (Brasil) yang sudah empat kali menjebol gawang lawan dalam delapan partai yang sudah dilakoninya.

Dihubungi Bola.com, Mirdan Midding, eks Direktur Teknik PSM era Liga Primer Indonesia mengungkapkan kedua gelandang itu memang jadi kartu As tim masing-masing. Alhasil, Pluim dan Alves selalu jadi jadi incaran pemain lawan untuk dimatikan.

"Dalam situasi seperti itu dibutuhkan racikan strategi jitu dari pelatih kedua tim untuk mengoptimalkan peran pemain lain," ungkap Mirdan Midding.

Menurut Mirdan, layaknya sebuah laga, sangat riskan kalau sebuah tim terlalu mengandalkan pada aksi satu atau dua pemain.

"Saya memprediksi duel PSM kontra Persikabo bakal menyajikan tontonan menarik. Apalagi pelatih mereka dikenal gemar menerapkan permainan ofensif," papar Mirdan.

Nah, sebelum menyaksikan laga ini, Bola.com coba mengulas kekuatan lini per lini PSM Makassar dan Persikabo 1973. Silakan disimak di halaman berikutnya.

 

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Kiper Hilman Syah sejatinya tampil lumayan, meski akhirnya PSM Makassar ditekuk Borneo FC pada laga pekan kedelapan. Tercatat tiga kali kiper asal Jeneponto itu melakukan penyelamatan apik untuk menggagalkan peluang Boneo.

Menghadapi laga nanti, Hilman tetap jadi pilihan utama di bawah mistar gawang PSM. Sementara itu, dua stoper, Serif Hasic dan Hasim Kipuw berpeluang jadi starter.

Pelatih PSM, Milomir Seslija, kemungkinan melakukan rotasi dengan memainkan Erwin Gutawa sebagai starter dengan menggeser Hasim Kipuw ke posisi bek kanan.

Di sisi lain, duet stoper Persikabo, Veniamin Shumeyko dan Andy Setyo, wajib lebih tenang dan mewaspadai serangan balik PSM.

Khususnya pergerakan dua penyerang sayap PSM Makassar, Ilham Udin Armaiyn dan Yakob Sayri yang kerap jadi 'penyerang palsu'. Kalau lengah, pengalaman pahit Persikabo ketika ditekuk Persita bakal terulang.

 

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Kalau Pluim tampil dengan kondisi terbaik, PSM berpeluang besar meraih tiga poin pada laga ini. Tim Juku Eja sangat membutuhkan umpan akurat dari gelandang asal Belanda tersebut, demi membuka peluang lini depan mencetak gol.

Seperti pada partai sebelumnya, saat mendapat kawalan ketat dari pemain lawan, Pluim bergeser agak belakang saat memulai serangan. Pergerakan dinamis tentu menguras fisik dan stamina Pluim.

Itulah mengapa peran gelandang lainnya seperti Sutanto Tan dan Bektur Talgat Uulu juga dibutuhkan untuk mendukung pergerakan Pluim.

Sebaliknya, gelandang bertahan Persikabo terpaksa bekerja ekstra keras untuk mematikan Wiljan Pluim. Adapun rekannya di sektor tengah, yakni Roni Sugeng lebih aktif untuk menopang pergerakan Ciro Alves.

Menarik juga untuk ditunggu aksi dua gelandang serang lainnya milik Persikabo, Sergey Pushnyankov dan Firza Andika yang kerap berkeliaran di area 16 lawan.

 

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Anco Jansen sudah bermain dalam tujuh laga PSM Makassar dengan mengoleksi tiga gol. Pencapaian Jansen itu terbilang minim untuk ukuran striker sebuah tim yang berkarakter menyerang seperti PSM.

Apalagi, tiga golnya hanya terjadi dalam dua partai yakni ke gawang Persebaya (2 gol) dan Persik Kediri (1 gol). Artinya, dalam lima laga lainnya, Jansen tidak bisa berbuat banyak.

Begitu pun dengan Dimas Drajad yang juga baru mencetak tiga gol buat Persikabo 1973 pada musim ini. Pencapaian eks Timnas Indonesia U-19 itu masih kalah satu gol dari Alves yang berposisi sebagai penyerang sayap atau second striker.

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer