Sukses


BRI Liga 1: Aji Santoso Ungkap Kunci Sukses Persebaya Menekuk Persija

Bola.com, Solo - Persebaya Surabaya berhasil meneruskan catatan tak terkalahkan kontra Persija Jakarta dalam enam laga beruntun. Terbaru, Bajul Ijo menang tipis 1-0 dalam pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) malam.

Sebelum laga ini, Persebaya sudah berjumpa empat kali dengan Persija Jakarta di Liga 1 dan hasilnya dua menang untuk Persebaya dan dua seri. Satu laga lagi berakhir kemenangan 4-1 untuk Bajul Ijo di final Piala Gubernur Jatim 2020.

Gol tunggal kemenangan 1-0 atas Persija ini dicetak oleh Taisei Marukawa pada menit ke-25. Dia mampu memanfaatkan kesalahan bek Persija, Otavio Dutra dan Rezaldi Hehanusa, sebelum mengecoh kiper Andritany Ardhiyasa.

Mengalahkan Persija tentu bukanlah hal mudah karena berisi banyak pemain top macam Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Menurut pelatih Persebaya, Aji Santoso, motivasi kuat menjadi kunci keberhasilan timnya memetik kemenangan laga ini.

“Saya menekan mental pemain sebelum hadapi Persija. Kita tahu skuat Persija dihuni pemain bagus pemain berkualitas. Persebaya Surabaya juga bagus. Mereka harus yakin percaya sama teman sendiri. Dan ini terlihat pada kekompakan kami dalam bertahan dan menyerang,” ungkapnya setelah pertandingan.

 

2 dari 4 halaman

Peran Penting Trio Gelandang

Persebaya Surabaya bermain sangat efektif dalam pertandingan ini. Selama babak pertama, mereka mengandalkan serangan yang kerap dilancarkan melalui Taisei Marukawa yang beroperasi di sayap kanan. Tapi, serangan itu mengendur di babak kedua.

Peran tiga gelandang lokal Persebaya juga sangat penting dalam upaya mengimbangi permainan Persija. Ketiganya adalah Rendi Irwan, Muhammad Hidayat, dan Alwi Slamat. Lalu, Hambali Tolib baru masuk di menit ke-68 mengganti Rendi.

“Stok gelandang kami hanya menyisakan Rendi dan Hambali, ada juga Dicky pemain muda. Saya mengambil keputusan memainkan Rendi sebagai gelandang serang dibantu Hidayat dan Alwi sebagai gelandang bertahan. Alhamdulillah, tiga pemain ini tampil bagus sepanjang pertandingan,” ujar Aji.

 

3 dari 4 halaman

Kehilangan Banyak Pemain

Menariknya, Persebaya sebenarnya kehilangan dua gelandang andalan yakni Bruno Moreira dan Ricky Kambuaya yang mendapat larangan bertanding. Jangan lupa ada empat pemain Timnas Indonesia U-23 yang absen, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Marselino Ferdinan.

Absennya enam pemain penting itu nyatanya tidak membuat kualitas permainan Persebaya menurun. Arif Satria dkk. tampaknya sudah semakin menemukan permainan yang sesuai untuk meraih kemenangan.

“Alhamdulillah pertandingan yang cukup menegangkan. Akhirnya kami bisa menang, meski beberapa pemain inti tidak main karena akumulasi kartu. Mudah-mudahan tren positif berjalan di pertandingan berikutnya. Sekarang saya minta pemain fokus pertandingan berikutnya,” ujar Aji Santoso.

Hasil ini membuat Persebaya naik ke peringkat ketujuh klasemen sementara dengan mengoleksi 13 poin. Berikutnya, Bajul Ijo bakal bersua dengan Persiraja Banda Aceh dalam pekan ke-10, Minggu (31/10/2021).

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer