Sukses


Fakta Menarik Kemenangan Persib atas PSIS di BRI Liga 1: Maung Bandung Sentuh Pucuk Klasemen

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung memenangi duel sengit atas PSIS Semarang dalam lanjutan pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022. Maung Bandung Persib unggul tipis 1-0 atas PSIS di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (26/10/2021) malam.

Gelandang serang Persib Bandung, Febri Haryadi menjadi penentu kemenangan timnya lewat gol yang ia cetak di menit ke-61. Hasil positif ini membuat Persib kini memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1.

Sementara PSIS yang sebelumnya menduduki posisi kedua, melorot ke perngkat ketiga dengan selisih satu poin. Laga kedua tim berjalan sengit dan saling ngotot demi mengamankan poin maksimal.

Banyak peluang dihasilkan kedua tim sepanjang babak pertama, meski selalu mentah di barisan belakang. Maisng-masing penjaga gawang tampil cemerlang dalam menggagalkan serangan.

Persib akhirnya membuka keunggulan melalui Febri Haryadi pada menit ke-61. Memanfaatkan tendangan sudut Marc Klok, Febri kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang PSIS.

Skor 1-0 untuk keunggulan Persib atas PSIS bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Bola.com mencatat sejumlah fakta menarik di balik kemenangan Persib kontra PSIS kali ini. Berikut ulasannya:

2 dari 6 halaman

Rebut Peringkat Pertama

Gol semata wayang Febri Haryadi ke gawang PSIS sudah cukup membuat Persib Bandung merebut posisi pertama klasemen BRI Liga 1 walau hanya sementara. Namun peringkat pertama yang diraih adalah yang kedua bagi anak asuh Robert Alberts musim ini.

Atau harus menunggu hingga sembilan pertandingan untuk Persib menyentuh posisi puncak. Sebelumnya Persib pernah menduduki posisi pertama di pekan kedua. Menariknya saat itu Persib berbagi posisi dengan Bali united.

Namun posisi pertama yang direbut Persib saat ini masih rawan kembali direbut Bhayangkara FC. Jika Bhayangkara FC berhasil mengatasi Borneo FC, Rabu (27/10/2021), Persib harus kembali merelakan posisinya turun ke urutan kedua.

3 dari 6 halaman

Persib Unbeaten

Hasil positif yang didapat dengan mengalahkan PSIS, membuat Persib memperpanjang rekor unbeaten alias tidak terkalahkan sampai pekan kesembilan BRI Liga 1.

Nick Kuipers dkk. telah mencatatkan lima kemenangan, empat hasil draw, dan sama sekali belum merasakan kekalahan. Poin yang mereka kumpulkan adalah 19, atau menyamai Bhayangkara FC.

"Sebelum pertandingan kami berdiskusi dalam tim, hari ini sangat penting karena dua tim tidak pernah kalah dan ini game yang sangat bagus. Kami punya keinginan untuk memenangkan laga dan itu terbukti sembilan pertandingan tidak kalah dan kita dapat itu," ujar bek Persib, Victor Igbonefo.

4 dari 6 halaman

Kemenangan Ketiga Beruntun

Persib Bandung mempertegas posisi di papan atas setelah menumbangkan tim Mahesa Jenar PSIS. Persib punya catatan menarik selain memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1 dan menjadi satu-satunya tim yang belum menelan kekalahan musim ini.

Yaitu mencatatkan tiga kemenangan berturut-turut musim ini. Pada 16 Oktober lalu Persib menang 2-0 atas Bhayangkara FC. Kemudian menggasak PSS Sleman 4-2 (22 Oktober 2021), dan teraru adalah mengatasi PSIS Semarang.

"Setelah itu kami mulai bisa mengembangkan permainan, kemudian kami mencoba tetap mempertahankan di babak kedua dan kami bisa cetak gol lalu coba untuk mempertahankan keunggulan sampai selesai pertandingan," jelas pelatih Persib, Robert Alberts membeberkan kunci kemenangan atas PSIS.

5 dari 6 halaman

Rekor PSIS Ternoda

Kekalahan yang dialami PSIS dari Persib di Stadion Maguwoharjo berarti menjadi catatan pertama musim ini. PSIS sebelumnya menjadi tim yang belum pernah merasakan kekalahan sampai pekan kedelapan, bersama Persib.

Anak asuh Ian Andrew Gillan sejauh ini mencatatkan lima kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah. Membuat posisi mereka turun satu strip ke urutan ketiga klasemen sementara.

Pelatih PSIS Semarang, Ian Gillan, santai menanggapi kekalahan perdana yang dialami timnya di BRI Liga 1 2021/2022. Menurut Ian Gillan, kekalahan ini bukan akhir dari dunia dan yakin timnya bakal bangkit pada laga selanjutnya.

"Selalu tidak menyenangkan bila kalah dan ini dialami klub di seluruh dunia tentunya. Saya pikir kami punya skuad yang dihuni pemain bagus, profesional, dan semoga bakal bangkit pada laga selanjutnya melawan Bali United," tegas Ian Gillan, Selasa malam.

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan PSIS dan Persib di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer