Sukses


3 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Persebaya Bekuk Persija di BRI Liga 1: Bajul Ijo Catat Rekor Baru

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya berhasil memenangi duel klasik kontra Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0 pada lanjutan BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10) malam. Gol semata wayang kemenangan tim Bajul Ijo Persebaya ditentukan oleh gelandang asal Jepang, Taisei Marukawa.

Duel kedua tim berjalan seimbang, lantaran sama-sama melancarkan serangan berbahaya. Tetapi satu kesalahan yang dilakukan Otavio Dutra memberikan jalan bagi Taisei Marukawa untuk menciptakan gol. untuk Persebaya

Segala cara kemudian dilakukan Persija termasuk melakukan beberapa pergantian pemain. Namun, penjaga gawang Andhika Ramadhani bermain cemerlang di bawah mistar Persebaya. Berulangkali ia menggagalkan peluang tim Macan Kemayoran Persija.

Tak hanya sigap mengamankan tembakan Marko Simic dkk, dia pun tak segan keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola silang. Praktis tak banyak ancaman nyata yang mampu dihadirkan Persija.

Beberapa fakta menarik ikut mengiringi hasil pertandingan Persebaya kontra Persija. Apa saja catatan-catatannya? Berikut ulasan dari Bola.com:

2 dari 5 halaman

Gawang Andritany Selalu Bobol

Kiper Persija, Andritany Ardhiyasa merupakan salah satu kiper terbaik di Indonesia saat ini. Sayangnya, penampilannya musim ini jauh dari kata memuaskan.

Dalam lima laga yang dijalaninya, pemain asli Jakarta tersebut tak pernah bisa mencatatkan cleansheet. Hal ini justru berbanding terbalik dengan pelapisnya, Adixi Lenzivio yang justru mengukir dua cleansheet saat menggantikan posisinya.

Hal ini pun berpengaruh ke daftar cleansheet sepanjang masa Liga 1. Posisinya turun satu peringkat ke posisi ketiga setelah digeser oleh kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra.

3 dari 5 halaman

Clean Sheet Pertama Persebaya

Persebaya menghadapi hal serius di pertahanan seiring cedera dan pemanggilan pemain ke tim nasional (timnas) Indonesia. Hal ini terbukti dengan mereka tak pernah meraih cleansheet dalam delapan pertandingan awal BRI Liga 1 2021/22.

Tapi catatan buruk itu terhenti saat berhadapan dengan Persija. Andhika Ramadhani yang diturunkan sebagai penjaga gawang, mampu mengawal gawang Persebaya tak kebobolan dalam 90 menit permainan.

Padahal, pemain berusia 22 tahun ini 'hanya' kiper ketiga Persebaya musim ini. Dirinya mendapat kesempatan tampil lantaran Satria Tama masih cedera dan Ernando Ari mendapat panggilan timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Persebaya Paling Subur

Walaupun pertahanan Persebaya merupakan salah satu yang terburuk, lini depan mereka justru menunjukkan hal yang bertolak belakang. Catatan 15 gol yang mereka torehkan merupakan yang paling banyak hingga saat ini.

Permainan atraktif yang diperagakan anak asuh Aji Santoso tersebut memang sangat menyulitkan pertahanan lawan-lawannya. Ditambah kecepatan para pemain mudanya, menjadikan Persebaya jadi salah satu lawan yang patut diwaspadai.

Ricky Kambuaya, Jose Wilkson dan Taisei Marukawa jadi trio Persebaya yang telah mengemas empat gol. Penampilan nama terakhir bahkan terus menanjak termasuk menciptakan gol kemenangan kontra Persija

5 dari 5 halaman

Persaingan Persebaya dan Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer