Sukses


Hasil BRI Liga 1: Wawan Febrianto Pahlawan! Borneo FC Bikin PSIS Kecewa

Bola.com, Jakarta - Borneo FC sukses kembali ke jalur kemenangan setelah dua laga sebelumnya menelan kekalahan. Mereka menang tipis 1-0 atas PSIS Semarang dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/11/2021) sore.

PSIS dan Borneo FC sama-sama mencoba membangun serangan di 10 menit pertama pertandingan ini. Namun, Pesut Etam yang lebih mendominasi penguasaan bola masih belum berhasil membongkar pertahanan rapat Laskar Mahesa Jenar.

Peluang pertama laga ini tercipta di menit ke-12 saat PSIS mendapat tendangan bebas. Striker Bruno Silva yang menjadi eksekutor masih belum mampu mengarahkan bola ke gawang Borneo yang dikawal Gianluca Pandeynuwu.

Borneo membalasnya dengan upaya tembakan spekulasi dari jarak jauh pada menit ke-27. Gelandang Nuriddin Davronov melepas tendangan kerasnya, namun bola masih melenceng dari gawang.

Semenit kemudian, Borneo mendapatkan ancaman lewat serangan balik cepat yang dilakukan PSIS. Upaya ini melibatkan kerja sama Bruno Silva dan Frendi Saputra yang mengirim bola kepada Septian David Maulana. Namun, sontekannya juga melebar.

Borneo kemudian membukukan peluang emas saat laga memasuki menit ke-33. Jonathan Bustos melakukan mengirimkan umpan pendek ke Muhammad Sihran di kotak penalti PSIS. Lagi-lagi, tembakannya juga belum menemui sasaran.

Menjelang akhir babak pertama, terjadi kemelut di kotak penalti Borneo setelah Septian David melakukan umpan sepak pojok. Gianluca Pandeynuwu gagal melakukan tangkapan, dan sempat diselesaikan oleh Bruno Silva. Beruntung tembakannya lalu dihalau barisan pertahanan Pesut Etam. 

Babak pertama laga ini berakhir tanpa gol. Kedudukan sementara 0-0 menghiasi waktu turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak II

Borneo FC tampil semakin agresif di awal babak kedua demi unggul dulu. Peluang emas tercipta setelah Wawan Febrianto mengirim umpan kepada Sihran di muka gawang PSIS. Sayang, tembakan Sihran melenceng karena mendapat gangguan di menit ke-48.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta pada menit ke-50. Itu berawal dari sepak pojok yang dilepaskan oleh pemain Borneo FC. Bola kemudian kembali ke sisi sayap kiri Borneo atau sisi kanan pertahanan PSIS.

Dalam situasi itu, stoper Wildansyah menyambut bola muntahan itu dengan sundulan ke jantung pertahanan lawan. Dengan satu sentuhan, Wawan Febrianto menyelesaikannya dan bola berhasil menggetarkan jala gawang PSIS.

PSIS berusaha merespons gol lawan itu dengan berupaya membangun serangan yang lebih rapi. Tapi, belum ada tembakan mereka yang menemui sasaran. Mereka malah mendapat petaka di menit ke-65.

Skuat arahan Ian Gillan itu terpaksa bermain dengan 10 personel saja sejak menit ke-65 karena Eka Febri Setiawan mendapat kartu kuning kedua. Menariknya, Eka baru masuk di awal babak kedua dengan menggantikan Reza Irfana.

Unggul jumlah pemain membuat Borneo mencoba menambah golnya. Di menit ke-70, mereka kembali mendapat peluang penting. Terens Puhiri mengirim umpan tarik kepada Bustos yang di depan gawang, sayang tembakannya melambung.

Meski kalah jumlah pemain, PSIS tetap berusaha tampil menekan pertahanan Borneo berharap mencetak gol balasan. Sayang, tidak ada tambahan gol sampai wasit Thoriq Alkatiri meniup peluit panjang.

Borneo FC mengemas tiga poin karena kemenangan tipis 1-0 di pertandingan ini. Mereka naik peringkat ke posisi ke-10 klasemen sementara dengan 13 poin. Sedangkan PSIS masih menduduki peringkat keempat.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain:

  • PSIS (4-4-2): Joko Ribowo (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa Alves, Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra (belakang); Fandi Eko Utomo, Jonathan Cantillana, Reza Irfana, Septian David Maulana (tengah); Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan).
  • Pelatih: Ian Gillan.
  • Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu (kiper); Marckho Meraudje, Wildansyah, Javlon Guseynov, Leo Guntara (belakang); Hendro Siswanto, Nuriddin Davronov, Jonathan Bustos (tengah); Muhammad Sihran, Wawan Febrianto, Terens Puhiri (depan)
  • Pelatih: Risto Vidakovic.
4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi PSIS dan Borneo FC Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer