Sukses


BRI Liga 1: Hadapi Persita, Persebaya Bakal Turunkan Marselino Ferdinan Jadi Starter?

Bola.com, Sleman - Winger muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, mampu mencuri perhatian dalam dua pertandingan terakhir BRI Liga 1 2021/2022. Dia sukses menjadi pembeda meski hanya tampil sebagai pengganti.

Pertama kontra Arema FC (6/11/2021), dia mencetak gol yang menyelamatkan timnya dari kekalahan. Pekan lalu, dia membuat serangan Persebaya Surabaya jadi lebih apik saat melawan Madura United (19/11/2021).

Terdekat, Persebaya bakal berjumpa Persita Tangerang dalam lanjutan pekan ke-13 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021) malam. Dengan penampilan impresifnya itu, apakah Marselino akan masuk starting eleven?

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso memberikan gambaran sekaligus jawaban tentang kans Marselino di pertandingan kontra Persita nanti. Ia mengaku ada kemungkinan memainkan sang pemain muda itu, entah sejak menit pertama atau dari bangku cadangan.

“Semua bisa terjadi. Saya lihat persiapan terakhir sampai menjelang pertandingan seperti apa kondisi pemain. Tetapi, semua bisa saja. Mungkin Marselino masuk starter, atau menjadi pengganti. Tidak ada masalah,” kata Aji Santoso, Selasa (23/11/2021).

 

2 dari 4 halaman

Kepingan Kekuatan

Pertandingan melawan Arema tentu saja terasa berbeda buat Marselino. Sebab, duel itu penuh rivalitas antara kedua tim bertajuk Derbi Jatim. Ditambah, golnya membuat laga berakhir 2-2 dan timnya pun meraih satu poin.

Sedangkan melawan Madura United agak berbeda. Pemain berusia 17 tahun itu masuk pada awal babak kedua menggantikan Rendi Irwan. Hanya perlu beberapa menit saja buat Marselino untuk memberi dampak kepada timnya. Persebaya pun tampil kian agresif dengan kehadirannya.

Seperti di menit ke-50 saat dia berusaha merangsek masuk ke dalam kotak penalti Madura United. Pergerakannya di jantung pertahanan lawan sangat membahayakan. Sampai akhirnya, Marselino dijatuhkan oleh Asep Berlian.

Wasit Yudi Nurcahya menunjuk titik putih melihat pelanggaran yang terjadi di kotak penalti tersebut. Berkat pergerakan Marselino, Persebaya mendapat hadiah penalti yang akhirnya berbuah gol hasil eksekusi Jose Wilkson di menit ke-51. Bajul Ijo pun menang 1-0 di laga Derbi Suramadu.

 

3 dari 4 halaman

Kontribusi Besar

Kontribusi Marselino tidak sebatas pada pergerakannya yang membuat lawan kian waspada. Tidak juga hanya tembakannya yang membahayakan. Tapi, umpan-umpan setelah drible juga kerap mengejutkan lawan.

“Saya lihat pemain ini berkembang cukup bagus. Saya menilai pemain ini memiliki masa depan yang cerah, asalkan, dia tetap disiplin yang kerja keras,” imbuh arsitek tim berlisensi AFC Pro tersebut.

Bukan hal yang mengherankan melihat mantan pemain Persebaya U-16 itu mampu berkontribusi penting untuk Persebaya. Nama Marselino Ferdinan tercantum dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, pada 6 Oktober 2021 lalu.

Di usianya yang masih muda, Marselino berpotensi terus mengembangkan kemampuannya, baik bermain sebagai gelandang maupun winger. Dia berkesempatan membela Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Peringkat Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer