Sukses


Iwan Bule Pastikan Seri Keempat BRI Liga 1 Digelar di Bali: Pak Gubernur Koster yang Minta

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan, berdasarkan permintaan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster, seri keempat BRI Liga 1 2021/2022 akan dimainkan di Pulau Dewata.

"Seri keempat BRI Liga 1 bergerak ke Bali. Pak Gubernur telah meminta kepada saya untuk digelar di sana," kata Iriawan.

"Kenapa di sana? Untuk menaikkan pariwisata yang mulai menggeliat. Kami membantu Pak Gubernur," jelas Iriawan.

PSSI berencana untuk menggulirkan seri keempat BRI Liga 1 di Bali pada Januari 2022 atau pasca-rehat putaran pertama.

Beredar kabar bahwa BRI Liga 1 bakal break sejenak pada pertengahan Desember 2021 selain sebagai jeda peralihan ke putaran kedua, juga untuk mengakomodir Timnas Indonesia di Piala AFF dan PPKM Level 3 pada akhir tahun.

Timnas Indonesia kemungkinan akan memanggil lebih dari dua pemain per klub, tidak seperti kebijakan sebelumnya, untuk Piala AFF di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Iriawan menjelaskan bahwa Bali punya jumlah stadion dan lapangan yang ideal untuk menjadi tuan rumah BRI Liga 1.

"Stadion dan lapangan latihan sudah mumpuni. Ada di Gianyar, Kuta, Seminyak, dan Denpasar. Kapan? Awal Januari 2022," jelas Iriawan.

2 dari 4 halaman

Jeda BRI Liga 1

Jeda untuk BRI Liga 1 diperkirakan akan berlangsung seusai pekan ke-17 pada 14 Desember 2021 dan diprediksi berlanjut pada 5 Januari 2022.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyusun jadwal pekan ke-18 dan ke-19 pada 17-24 Desember 2021 sehingga pertandingan dalam dua pekan itu kemungkinan bakal diundur sampai putaran kedua.

"Informasi tersebut masih menunggu arahan dari PSSI," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada Bola.com, Rabu (24/11/2021).

Lukita juga tidak menyanggah bahwa PSSI sedang merancang skema untuk memberlakukan break putaran pertama BRI Liga 1 pada pertengahan Desember 2021.

"Masih dimatangkan di PSSI. Soal kabar itu, bisa ditanyakan langsung ke PSSI. PT LIB itu pelaksana, keputusan semua di PSSI," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Sesuai Pernyataan Iriawan

Kabar jeda untuk BRI Liga 1 pada bulan depan juga berkorelasi dengan pernyataan dari Iriawan.

Dalam konferensi pers di Kantor PSSI, Jakarta Pusat, Selasa (23/11/2021), Iriawan mengatakan bahwa Timnas Indonesia berpeluang untuk memanggil lebih dari dua pemain dari setiap tim untuk Piala AFF 2020.

Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu juga mengisyaratkan bahwa jadwal BRI Liga 1 bakal berubah demi memaksimalkan kekuatan Timnas Indonesia.

"Waktu hasil rapat dengan PT LIB, akan ada penambahan pemain dari klub-klub yang memang pelatih Shin Tae-yong inginkan pemainnya," kata Iriawan.

"Mungkin nanti kompetisi diundur dan akan ada jeda waktu Timnas Indonesia mengambil pemain dari klub untuk Piala AFF," ucap purnawirawan polisi berpangkat terakhir Komjen itu.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1

Half Time Show: Timnas Indonesia Itu Oke, Tapi...

Video Populer

Foto Populer