Sukses


Duel Antarlini PSIS Vs PSS di BRI Liga 1: Bakal Sengit di Lini Tengah

Bola.com, Jakarta - PSIS Semarang akan menjalani pertarungan sengit melawan PSS Sleman dalam laga ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/12/2021). Kemenangan diusung pasukan Laskar Mahesa Jenar demi mengejar kembali persaingan di papan atas.

Diketahui PSIS Semarang saat ini terlempar di urutan keenam dengan 26 poin. Pada pertandingan sebelumnya, Hari Nur Yulianto dkk. harus puas bermain imbang tanpa gol melawan pemuncak klasemen sementara Bhayangkara FC.

Praktis hanya dengan kemenangan saat menghadapi PSS, membuat anak asuh Imran Nahumarury bisa kembali menyodok di posisi empat besar. Hanya saja, diperlukan usaha tidak mudah saat meladeni tim Elang Jawa PSS.

PSIS dipastikan tanpa diperkuat sejumlah pemain intinya akibat akumulasi kartu kuning. Di antaranya adalah Fandi Eko Utomo, Jonathan Cantillana, dan Bruno Silva. Padahal ketiganya sering menghiasi starting eleven PSIS.

Jangan lupakan PSS yang tampaknya seperti kembali menemukan permainan terbaik, setelah menjalani periode buruk di awal musim. Pasukan Dejan Antonic perlahan mampu keluar dari tekanan, meski pada laga terakhir kalah di tangan Persita Tangerang.

Pasukan Dejan Antonic ada di posisi 13 klasemen sementara. Mereka baru memiliki 16 poin sejauh ini dan cukup rawan dikejar oleh tim-tim di bawahnya.

PSS punya ambisi mengakhiri tren buruk mereka. Dalam tiga laga terakhir Elang Jawa (Julukan PSS) memang gagal meraih kemenangan. Mereka juga punya potensi untuk menyulitkan PSIS di laga ini.

Menarik untuk disimak adalah duel antarlini kedua tim yang bisa menjadi pertarungan sengit dan menghibur. Berikut ulasannya dari Bola.com:

2 dari 6 halaman

Kiper

PSIS tentu akan kembali mempercayakan kepada Jandia Eka Putra di posisi kiper. Penjaga gawang berusia 33 tahun itu tampil luar biasa saat PSIS menahan imbang Bhayangkara FC pada pekan ke-14. Ia melakukan enam penyelamatan penting di laga tersebut

Deretan peluang emas Bhayangkara FC digagalkan oleh eks kiper Semen Padang itu. Seperti dari Adam Alis, Wahyu Subo Seto, Hargianto, dan Anderson Salles. Imran Hanumarury tampaknya akan menunjuknya saat meladeni PSS nanti.

Di kubu PSS memiliki kiper tidak kalah hebatnya, Miswar Saputra. Sejauh ini Miswar mampu mengemban tugas itu dengan cukup baik. Ia tampil dalam delapan laga secara beruntun bagi PSS di musim ini.

Meski baru mendapatkan satu kali clean sheet, Miswar sangat bisa diandalkan ketika lini belakang PSS mendapatkan tekanan.

Salah satu penampilan terbaik Miswar terjadi saat PSS menahan imbang Bhayangkara FC belum lama ini. Paling tidak Kiper asal Aceh itu melakukan lima penyelamatan bersih di laga itu.

3 dari 6 halaman

Belakang

Di barisan belakang PSIS, pelatih Imran Nahumarury bakal mempercayakan sosok Wallace Costa memimpin pertahanan. Merupakan palang pintu tangguh tim Mahesa Jenar sejak beberapa musim terakhir. Wallace Costa memang sempat diganggu cedera awal musim ini.

Pemain asal Brasil itu tampaknya akan kembali diduetkan dengan Wahyu Prasetyo atau Rio Saputro. Eks pemain Persela Lamongan ini sudah tampil sebanyak 11 kali dan mencetak satu gol.

Soal kualitas dan pengalaman, eks pemain Persela Lamongan itu tak perlu diragukan lagi. Wallace Costa dikenal sebagai bek yang kuat, ulet, dan tak kenal kompromi jika daerahnya terancam.

Adapun di PSS, kapten tim Bagus Nirwanto akan memimpin rekan-rekannya mengantisipasi serangan PSIS. Terutama mengawal ketat Hari nur Yulianto. PSS sedikit beruntung dengan absennya striker Bruno Silva yang absen di laga nanti.

4 dari 6 halaman

Tengah

PSIS harus memaksimalkan beberapa pemain alternatif karena absennya Fandi Eko Utomo dan Jonathan Cantillana yang terkena akumulasi kartu kuning. Namun tim Mahesa Jenar masih mempunyai Septian David Maulana sudah tampil sebanyak 14 pertandingan, atau selalu bermain di musim ini.

Septian David Maulana memiliki peran cukup vital bagi permainan Mahesa Jenar. Dirinya punya peran sebagai jenderal lapangan tengah, bahkan sesekali menjadi striker bayangan.

Dibekali skill tinggi, ia juga piawai melakukan tusukan ke kotak penalti. Di sisi lain, dirinya juga punya kemampuan tendangan keras kaki kanan yang akurat dan sering menjadi eksekutor bola mati.

Kubu tim Elang Jawa juga tidak kalah punya playmaker yang berbahaya jika tak dikawal, yaitu Juninho. Gelandang asal Brasil itu telat bergabung dengan PSS. Namun, ketika ia sudah jadi bagian dari Elang Jawa, Juninho langsung memberikan dampak signifikan.

Melawan PSIS, peran Juninho akan sangat diandalkan. Ia diharapkan bisa bertarung dengan gelandang Mahesa Jenar, seperti Jonathan Cantillana. Kebetulan dua pemain ini memang memiliki karakter yang sedikit mirip.

5 dari 6 halaman

Depan

Sosok Hari Nur Yulianto akan menjadi tumpuan PSIS untuk sektor depan dalam pertandingan nanti. Pasalnya, duet Hari Nur yakni Bruno Silva harus absen juga karena akumulasi kartu kuning.

Sosok pemain senior di PSIS yang juga merupakan striker utama dalam waktu yang cukup lama. Ia bersama Jonathan Cantillana saat ini menjadi topscorer sementara PSIS dengan tiga gol dari 12 laga yang dilaluinya.

Ketajaman Hari Nur Yulianto kembali ditunggu-tunggu publik PSIS, setelah melewatkan beberapa pertandingan karena masalah kebugaran. Ia tidak tampill penuh ketika PSIS berjumpa Bhayangkara FC.

Untuk PSS, lini depan mereka akan kembali mempercayakan penyerang asal Serbia ini sempat absen di laga terakhir Persita, Nemanja Kojic. Hasilnya lini depan Elang Jawa mandul dan mereka kemudian menelan kekalahan.

Saat jumpa PSIS, Kojic sudah bisa dimainkan. Kondisi itu tentu sangat membantu Dejan Antonic dalam meracik strategi.

Sebab, Kojic adalah satu-satunya penyerang murni yang dimiliki PSS saat ini. Penyerang lain PSS Sleman seperti Saddan Gaffar harus absen lama karena cedera parah.

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan PSIS dan PSS di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer