Sukses


Aji Santoso Bongkar Kunci Sukses Persebaya Tampil Konsisten di BRI Liga 1, Apa Itu?

Bola.com, Solo - Persebaya Surabaya termasuk tim yang tampil konsisten di BRI Liga 1 2021/2022.  Mereka sudah melewati delapan laga terakhir tak terkalahkan, rinciannya lima menang dan tiga hasil seri.

Bahkan, empat pertandingan di antaranya dilewati dengan catatan tidak kebobolan alias clean sheet. Hal ini tentu menunjukkan banyak perkembangan positif skuad Persebaya Surabaya setelah sempat terseok-seok di pekan-pekan awal.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, membongkar kunci keberhasilan penampilan ciamik para pemainnya. Itu tidak lepas dari evaluasi yang dilakukan oleh jajaran pelatih dan pemain setiap selesai pertandingan.

“Memang di dalam pertandingan kami selalu melakukan evaluasi dengan video. Saya selalu menunjukkan kepada pemain, kesalahan-kesalahan yang dibikin oleh pemain. Kejadian-kejadian kepada tim lain juga saya informasikan,” ungkap Aji Santoso.

“Saya tunjukkan melalui video. Kami belajar dari situ. Kami belajar dari kejadian tim lain dan kejadian yang kami alami. Ternyata, alhamdulillah, peningkatannya sangat luar biasa,” imbuh pelatih berusia 51 tahun itu.

 

2 dari 4 halaman

Menjadi Kebiasan

Seperti yang terbaru, Persebaya tercatat sempat mandul dalam pertandingan terakhir BRI Liga 1 2021/2022. Mereka gagal mencetak gol dengan bermain imbang 0-0 kontra Persik Kediri di pekan ke-14 lalu, Minggu (28/11/2021). Itu jadi kali pertama Persebaya tidak mencetak gol sejak dua bulan.

Terakhir kali mereka gagal mencetak gol terjadi saat kalah 0-1 dari Bhayangkara FC pada 24 September 2021. Setelah itu, Bajul Ijo selalu membobol gawang lawan. Selesai pertandingan, ada diskusi untuk melakukan perbaikan.

Meski sedang mandul, Persebaya nyatanya tetap menjadi tim paling produktif dalam urusan mencetak gol di BRI Liga 1. Tim asal Kota Pahlawan itu sejauh ini telah memasukkan 24 gol, mengungguli Persib yang mengoleksi 23 gol.

Aji mengaku sudah menjadi kebiasaan timnya untuk melakukan evaluasi setiap pertandingan. Apalagi, kegagalan mencetak gol tentu merupakan masalah yang harus dipecahkannya agar ketajaman timnya kembali.

3 dari 4 halaman

Berbuah Positif

Di sisi lain, Persebaya sebenarnya memiliki sisi positif dengan selalu mencatatkan cleansheet dalam tiga pertandingan terakhir. Artinya, pertahanan timnya semakin kompak dalam membendung serangan lawan.

“Pemahaman pemain taktikal secara individu unit maupun tim, peningkatannya cukup bagus, sehingga beberapa pertandingan terakhir kami clean sheet. Ini merupakan salah satu bukti kami melakukan evaluasi di dalam setiap pertandingan dan menjelang pertandingan di depannya,” ujarnya.

“Kami selalu melakukan evaluasi lewat video, kekurangan-kekurangan apa yang harus diperbaiki. Alhamdulillah, tiga kali pertandingan cleansheet, tentunya ini harus kami pertahankan untuk pertandingan-pertandingan berikutnya,” imbuh Aji.

Berikutnya, Persebaya dijadwalkan bakal berjumpa dengan Barito Putera dalam pekan ke-15 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021). Mereka membidik tiga poin demi menjaga tren positif ini.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer