Sukses


Belajar dari Piala Menpora, Aji Santoso Tak Ingin Persebaya Takluk dari Persib di BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, tidak ingin timnya kalah lagi dari Persib Bandung. Aji bertekad membawa timnya memetik poin penuh dalam duel kontra Persib pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021).

Aji Santoso berkaca dalam pertandingan terakhir Persebaya Surabaya menghadapi Persib Bandung. Itu terjadi dalam laga perempat final Piala Menpora 2021 pada 11 April 2021 lalu. Kebetulan, duel tersebut juga digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Dalam laga tersebut, Persebaya takluk 2-3 dari Persib. Hasil itu membuat mereka gagal melaju ke babak semifinal. Aji merasa pertemuan itu menjadi pelajaran penting bagi timnya untuk tidak menelan kekalahan lagi.

"Ketika di Piala Menpora, kami kalah 2-3, meski pertandingan berjalan cukup berimbang. Sebenarnya, pertandingan berjalan menarik. Yang jelas setiap pertandingan akan menjadi pelajaran buat kami," ucap pelatih Persebaya Surabaya itu, Selasa (7/12/2021).

 

2 dari 4 halaman

Serunya Duel di Piala Menpora 2021

Dalam laga di Piala Menpora 2021, Persib Bandung berhasil mencetak tiga gol pada babak pertama, masing-masing dicetak oleh Ezra Walian pada menit pertama, Wander Luiz pada menit keenam, dan Nick Kuipers pada menit ke-37.

Persebaya Surabaya malah harus bermain dengan 10 personel setelah Satria Tama mendapat kartu merah pada masa injury time babak pertama. Tim Bajul Ijo berusaha membalas gol hingga memperkecil kedudukan.

Dua gol mereka disumbang oleh Arif Satria pada menit ke-62 dan Mokhamad Syaifuddin pada masa injury time babak kedua. Mulai menit ke-64, Persib juga tampil dengan 10 pemain karena Wander Luiz mendapat kartu merah.

Tekanan yang dilakukan oleh Persib pada menit-menit awal pertandingan sempat membuat pemain Persebaya kalang kabut. Buktinya, dua gol sudah bersarang ke gawang Satria Tama hanya dalam enam menit pertama pertandingan.

Selama babak pertama, serangan yang dilancarkan oleh Persib juga lebih efektif sehingga unggul 3-0 saat turun minum. Beban terarah pada Persebaya yang harus menyamakan kedudukan di babak kedua hanya dengan 10 pemain.

Persebaya kemudian tampil agresif selama babak kedua dan menguasai permainan. Semangat juang Rachmat Irianto dkk. cukup kentara untuk menyamakan kedudukan dan melanjutkan pertandingan ke babak adu penalti.

 

3 dari 4 halaman

Komposisi Tak Banyak Berubah

Komposisi pemain Persib Bandung dan Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 tidak mengalami banyak perubahan dibanding Piala Menpora 2021. Artinya, akan ada kemungkinan Maung Bandung memainkan gaya yang sama.

“Tentunya kami bisa mengetahui kekuatan Persib, juga taktik Coach Robert seperti apa. Kami sudah mengambil pelajaran dari situ. Tidak boleh terjadi lagi kami melakukan kesalahan-kesalahan yang mendasar,” ujar Aji Santoso.

Dari materi pemain, Maung Bandung lebih mewah dengan keberadaan tiga pemain asing di BRI Liga 1, yakni Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, dan Wander Luiz. Hanya Mohammed Rashid saja yang harus absen karena membela Timnas Palestina di Piala Arab.

Materi skuat itu membuat Persib jauh lebih diunggulkan memenangi duel ini. Pasalnya, Persebaya lebih banyak mengandalkan pemain muda. Meski pemain asing Bajul Ijo pun menunjukkan kontribusi maksimal.

Deretan nama macam Alie Sesay, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Jose Wilkson adalah pemain yang berperan penting di masing-masing posisi.

Dari catatan head-to-head lima pertandingan terakhir, Persebaya lebih unggul dengan tiga kemenangan. Persib hanya mampu memenangi dua. Menariknya, lima pertemuan itu selalu melahirkan lebih dari empat gol di setiap pertandingan.

4 dari 4 halaman

Posisi Persib dan Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer