Sukses


Hasil BRI Liga 1: Tumbang dari Madura United, Bali United Buang Peluang Rebut Posisi Kedua

Bola.com, Bantul - Bali United harus menerima kenyataan gagal mengamankan posisi kedua klasemen BRI Liga 1 2021/2022 setelah kalah dari Madura United pada laga pekan ke-16 di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis (9/12/2021) malam. Mereka harus tumbang dengan skor tipis 0-1 melalui gol yang dicetak oleh Haris Tuharea pada menit ke-71.

Bali United cukup banyak kehilangan pemain dalam pertandingan ini. Pemain yang harus absen di antaranya Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Eber Bessa, dan Hariono yang harus menjalani hukuman larangan bermain. Sementara itu, Fadil Sausu masih cedera dan I Kadek Agung Widnyana Putra dan Yabes Roni Malaifani sedang berjuang bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Untuk pertama kalinya, Haudi berduet dengan I Komang Tri Artha Wiguna di jantung pertahanan Bali United. Lerby Eliandry Pong Babu juga dimainkan sejak menit pertama dan menjadi tandem Ilija Spasojevic di lini depan.

Menariknya, Brwa Nouri sejak menit pertama bermain lebih ke belakang. Bahkan bisa dibilang Nouri memimpin rekan-rekannya di lini pertahanan.

Itu sebabnya skor kacamata menutup babak pertama. Pemain Bali United tidak leluasa dalam melakukan build up serangan karena para pemain Serdadu Tridatu sudah menunggu di sepertiga lapangan.

Peluang justru datang dari Bali United. Sepakan jarak dekatnya berhasil diblok oleh penjaga gawang Madura United, Muhammad Ridho, pada menit kesebelas. Tapi akibat dari sepakan Spaso berujung fatal.

Ridho harus ditarik keluar dan digantikan M. Ridwan pada menit ke-15. Ini adalah kali kedua Spaso membuat Ridho menyelesaikan pertandingan lebih cepat. Pada Liga 1 2019, Ridho cedera setelah berbenturan dengan Spaso.

Permainan direct pass lebih banyak dilakukan Bali United. Peluang juga lebih banyak berasal dari Serdadu Tridatu. Sundulan Lerby dari umpan Stefano Lilipaly masih melebar di sisi kanan gawang Madura United.

Lalu giliran Fano yang punya peluang emas. Sepakannya di kotak penalti, berhasil di blok oleh bek Dodi Alekvan setelah M. Ridwan telat menghalau bola. Hingga babak pertama berakhir, Bali United dan Madura United bermain tanpa gol.

 

2 dari 4 halaman

Bali United Lebih Menyerang di Babak Kedua, Madura United Justru Cetak Gol

Pada kedua, Bali United lebih tampil menyerang beberapa peluang emas tercipta. Misalnya sepakan jarak dekat Rizky Pellu yang berhasil diblok M. Ridwan. Belum lagi sepakan dari luar kotak penaltinya yang berhasil ditangkap berusia 30 tahun tersebut.

Madura United juga punya peluang emas. Untung saja sepakan bebas kerasnya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Wawan Hendrawan. Beberapa pergantian pemain dilakukan oleh Bali United dan Madura United untuk menyegarkan kekuatan.

Haris Tuharea menjadi pembeda di babak kedua. Dia berhasil mencetak gol pada menit ke-71 setelah menerima bola rebound hasil sepakan keras Hugo “Jaja” Gomes yang terkena tiang sisi kanan gawang Bali United.

Sebelumnya, Tuharea punya peluang emas setelah dia melakukan solo run memanfaatkan barisan pemain bertahan Bali United yang jauh keluar posisi. Namun sepakannya masih lemah dan berhasil ditangkap Wawan Hendrawan.

Sebenarnya Bali United punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Tapi sayang, Fahmi Al-Ayyubi menyia-nyiakan peluang emas. Sundulannya di depan gawang yang sudah terbuka lebar justru melenceng jauh.

Kemenangan ini membuat Bali United membuang peluang merangsek ke posisi kedua dalam klasemen BRI Liga 1. Justru mereka turun posisi ke peringkat lima klasemen sementara dengan raihan 29 poin. Sementara Madura United naik ke posisi 10 dengan raihan 20 poin.

 

 
3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Bali United (5-3-2): Wawan Hendrawan (kiper), Ricky Fajrin, Haudi Abdillah, Brwa Nouri, Komang Tri Artha, Andhika Wijaya (belakang), Stefano lilipaly, Rizky Pellu, Melvin Platje (tengah), Lerby Eliandry, Ilija Spasojevic (depan)
  • Pelatih: Stefano Cugurra
  • Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (Kiper), Kadek Raditya, Jaimerson, Dodi Alekvan, Asep Berlian (Belakang), Kim Jinsing, Novan Sasongko, Slamet Nurcahyo (Tengah), Haris Tuharea, David Laly, Hugo "Jaja" Gomes (Depan).
  • Pelatih: Fabio Lefundes
4 dari 4 halaman

Posisi Bali United dan Madura United di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer