Sukses


Daftar Pelatih Terkini 18 Klub BRI Liga 1: Siapa Saja Wajah Baru di Sepak Bola Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Seperti halnya setiap musim kompetisi Indonesia berlangsung, BRI Liga 1 2021/2022 menjadi arena betapa sulitnya hidup seorang pelatih kepala di klub Indonesia. Mundur atau dipecat menjadi sebuah pemandangan yang biasa terjadi di tengah kompetisi.

Sejak BRI Liga 1 2021/2022 dimulai pada September 2021, sudah cukup banyak pergantian pelatih yang terjadi. Borneo FC, PSIS Semarang, Persiraja Banda Aceh, Madura United, Persik Kediri, Persipura Jayapura, Persikabo 1973, Persela Lamongan, Barito Putera, dan PSS Sleman sudah berganti pelatih.

Menariknya, ada klub yang bisa berganti pelatih hingga lebih dari satu kali, di luar mereka yang berstatus caretaker. Sebagai contoh, PSIS Semarang, yang sempat ditinggalkan Dragan Djukanovic dan memaksa Imran Nahumarury menggantikannya sebagai caretaker.

Setelah itu, hadir Ian Gillan yang menangani Mahesa Jenar. Namun, Ian Gillan kemudian diangkat menjadi direktur teknik dan posisi kepelatihan kembali menjadi milik Dragan Djukanovic meski sempat sesaat dipegang oleh Imran yang kembali menjadi caretaker.

Selain itu ada pula Rahmad Darmawan, yang harus meninggalkan Madura United dan kemudian mendapatkan kepercayaan menangani klub Liga 2, RANS Cilegon FC. Menariknya, setelah membawa RANS Cilegon promosi ke Liga 1 musim depan, pelatih yang karib disapa RD itu kini berstatus pelatih Barito Putera di BRI Liga 1.

2 dari 5 halaman

Wajah Baru

Pergantian pelatih yang menghiasi perjalanan BRI Liga 1 2021/2022 tidak hanya menghadirkan sosok yang biasa menghiasi kompetisi sepak bola di Indonesia.

Namun, juga beberapa wajah baru yang untuk kali pertamanya berkarier di Indonesia, terutama mereka yang berstatus sebagai pelatih asing.

Sebut saja nama Risto Vidakovic yang kini menangani Borneo FC, kemudian Fabio Lefundes yang memimpin Madura United, serta Javier Roca bersama Persik Kediri. Pelatih-pelatih itu untuk kali pertama menangani klub Indonesia dan tampil di BRI Liga 1

 

3 dari 5 halaman

Tidak Sedikit yang Bertahan

Namun, dari begitu rumitnya pergantian pelatih yang dilakoni sejumlah klub di BRI Liga 1 musim ini, sejumlah klub mempertahankan pelatih yang telah ditunjuknya sejak awal musim, atau bahkan sejak musim-musim sebelumnya.

Sebut saja Paul Munster, Aji Santoso, Stefano Cugurra, Robert Alberts, Widodo C Putro, yang masing-masing sudah menangani tim masing-masing sejak musim lalu setidaknya.

Kemudian ada pula Eduardo Almeida dan Angelo Alessio yang dipertahankan oleh klubnya setelah ditunjuk pada awal musim BRI Liga 1 2021/2022.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Terkini Pelatih di Putaran Kedua BRI Liga 1 2021/2022

Daftar pelatih di BRI Liga 1 Saat Ini

  1. Eduardo Almeida (Arema FC)
  2. Stefano Cugurra (Bali United)
  3. Rahmad Darmawan (Barito Putera)
  4. Paul Munster (Bhayangkara FC)
  5. Risto Vidakovic (Risto Vidakovic)
  6. Fabio Lefundes (Madura United)
  7. Aji Santoso (Persebaya Surabaya)
  8. Jafri Sastra (Persela Lamongan
  9. Robert Alberts (Persib Bandung)
  10. Angelo Alessio (Persija Jakarta)
  11. Javier Roca (Persik Kediri)
  12. Liestiadi (Persikabo 1973)
  13. Angel Alfredo Vera (Persipura Jayapura)
  14. Sergio Alexandre (Persiraja Banda Aceh)
  15. Widodo C. Putro (Persita Tangerang)
  16. Dragan Djukanovic (PSIS Semarang)
  17. Joop Gall (PSM Makassar)
  18. I Putu Gede (PSS Sleman)
5 dari 5 halaman

Peta Persaingan BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer