Sukses


BRI Liga 1: Madura United Kok Belum Mainkan Kiper Asing dari Korsel, Ada Apa Ya ?

Bola.com, Gianyar - Kiper asing baru Madura United, Hong Jeong-nam, masih belum muncul bersama tim. Dia tak ada dalam daftar susunan pemain saat Madura United kalah 2-3 dari Bhayangkara FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (14/1/2022) malam.

Padahal, kehadirannya sangat dinantikan untuk mengawal gawang tim berjulukan Laskar Sape Kerap dalam sisa musim BRI Liga 1 2021/2022. Madura United memilih memainkan Muhammad Ridwan kontra Bhayangkara yang akhirnya kebobolan tiga gol.

Jadi, sebenarnya ada di mana kiper asal Korea Selatan itu? Apakah dirinya saat memang belum tiba di Indonesia dan bergabung dengan tim Madura United?

“Pemain sudah tiba di sini, tapi ada masalah COVID-19 (harus karantina). Kami harus menunggu. Kalau sudah selesai karantina dan bergabung tim di sini (Bali), dia bisa mulai bekerja dan bergabung tim ini,” kata Fabio Lefundes, pelatih Madura United.

“Saya harus fokus pada pemain yang sudah di tim. Untuk pemain yang datang, kami akan menunggu. Kami punya 30 pemain di tim. Semua diberi instruksi untuk kami bisa bersama dan lebih baik di pertandingan. Kami selalu bersama dan kompak supaya bisa lebih baik,” imbuhnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Kejutan

Sebelumnya, Madura United memberikan kejutan pada penutupan bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 2021/2022 dengan memperkenalkan Hong Jeong-nam sebagai pemain yang melengkapi slot pemain asing.

Nama Hong Jung-nam memang masih terdengar asing di Indonesia. Sepanjang kariernya, Hong Jung-nam tercatat hanya membela dua klub yakni Jeonbuk Hyundai dan Sangju Sangmu.

Ini juga menjadi pertama kalinya bagi Madura United memberikan nomor punggung 1 kepada pemain asing.

Kehadiran Hong Jung-nam bakal menambah panas persaingan di bawah mistar gawang Madura United. Kiper berusia 33 tahun itu akan bersaing dengan Muhammad Ridho, Muhammad Ridwan, Fawaid Ansory, dan Rizki Kusni Admojo.

3 dari 4 halaman

Sejarah Baru

Hong Jung-nam juga mencetak sejarah baru di Madura United. Kehadirannya menjadi yang pertama bagi Madura United menggunakan jasa kiper asing.

Di sisi lain, keputusan sebuah klub BRI Liga 1 menggunakan kiper asing bukanlah hal yang umum. Sebab, biasanya klub lebih memilih menggunakan jasa kiper lokal dan memberikan slot pemain asing untuk posisi selain kiper.

Tapi, Hong Jeong-nam bukanlah satu-satunya kiper asing di BRI Liga 1. Arema FC sebelumnya menjadi satu-satunya tim yang menggunakan jasa kiper asing di putaran pertama, yakni Adilson Maringa yang berasal dari Brasil.

Hong Jeong-nam juga bukanlah kiper Korea Selatan yang pertama berkarier di Indonesia. Jauh sebelumnya, terdapat Yoo Jae-hoon yang pernah membela Persipura Jayapura, Bali United, Mitra Kukar, hingga Barito Putera pada 2010-2019.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Madura United di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer