Sukses


5 Fakta Menarik Kemenangan Bhayangkara FC atas Persebaya di BRI Liga 1: Terhentinya Sebuah Rekor

Bola.com, Denpasar - Bhayangkara FC berhasil kembali ke puncak klasemen setelah mempecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022 yang digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (18/1/2022) malam.

Persebaya Surabaya sebenarnya berhasil unggul lebih dulu. Aksi Taisei Marukawa di pengujung babak pertama gagal dihentikan barisan belakang Bhayangkara FC. Pemain asal Jepang yang cemerlang di BRI Liga 1 itu pun menambah jumlah golnya bagi Persebaya.

The Guardians, julukan Bhayangkara FC, lantas melakukan sejumlah perubahan di lini tengah. Mereka pun sukses mendominasi permainan pada babak kedua, meski kesulitan mencari jalan ke gawang Persebaya.

Namun, kebuntuan mereka akhirnya pecah ketika Melvin Platje berhasil memanfaatkan umpan dari Ezechiel N'Douassel pada menit ke-72. Tak hanya memberikan assist, mantan penyerang Persib Bandung itu kemudian mencetak gol kemenangan pada menit ke-86.

Bhayangkara FC pun menutup pertandingan pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022 itu dengan kemenangan 2-1 atas Persebaya Surabaya. Kali ini Bola.com berhasil mencatatkan beberapa fakta menarik di balik pertandingan ini:

2 dari 7 halaman

Persebaya Gagal Menyamai Rekor Arema FC

Persebaya Surabaya tengah dalam kepercayaan diri tinggi saat menghadapi Bhayangkara FC. Pasalnya, Arif Satria dkk. tidak terkalahkan dalam 13 laga terkini.

Mereka seolah berlomba dengan rival abadinya, Arema FC. Persebaya tengah 'mengejar' catatan sang rival yang tak terkalahkan sebanyak 17 laga di BRI Liga 1 musim ini.

Namun, hal tersebut dipastikan tak bisa terealisasi musim ini. Kekalahan dari Bhayangkara FC membuat mereka kembali ke bumi.

3 dari 7 halaman

Back to Back Kemenangan Bhayangkara FC

Dalam lima laga sebelumnya, Bhayangkara FC hanya mampu sekali menang atas Persebaya Surabaya. Satu-satunya kemenangan itu mereka dapatkan pada musim ini, tepatnya pada putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022.

Dengan catatan tersebut, tidak heran bila publik sepak bola nasional menjagokan Persebaya untuk melakukan revans. Tapi, yang terjadi di lapangan justru sebaliknya.

Bhayangkara FC berhasil menorehkan back to back kemenangan sekalipun tertinggal lebih dulu. Hal ini sekaligus membalas dua kekalahan dari Persebaya pada musim 2019.

4 dari 7 halaman

Kartu Merah Beruntun Persebaya

Kartu merah Ricky Kambuaya pada masa tambahan waktu seperti mengulang kejadian pada putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022. Dalam laga tersebut, Persebaya juga mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain.

Kebetulan, dua kartu merah yang keluar dari kantong wasit sama-sama terjadi di penghujung pertandingan. Kala itu, Rizky Ridho yang menjadi 'pesakitan'.

Persebaya pun jadi klub nomor dua terbanyak soal kartu merah musim ini. Empat kartu merah yang diterima klub kebanggaan arek-arek Suroboyo ini hanya kalah dari Persiraja Banda Aceh yang mengoleksi lima kartu merah.

5 dari 7 halaman

Gol Pertama Ezechiel N'Douassel ke Gawang Persebaya

Tak ada yang menyangsikan kehebatan Ezechiel N'Douassel di depan gawang. Kapten Timnas Chad itu merupakan seorang predator terbaik di kotak penalti lawan.

Tapi, ketajamannya seolah hilang begitu saja saat menghadapi Persebaya Surabaya. Dalam empat laga sebelumnya, pemain berusia 33 tahun tersebut sama sekali tak bisa membobol gawang Bajul Ijo.

Namun, 'kutukan' tersebut berhasil pecah di pertandingan kelima. Golnya bahkan menjadi penentu kemenangan Bhayangkara FC.

6 dari 7 halaman

Sayatan Taisei Marukawa Belum Berhenti

Sensasi Taisei Marukawa belum berakhir. Pemain asal Jepang itu kembali mencetak gol meski akhirnya Persebaya harus tumbang. Pemain berusia 24 tahun itu menjadi alasan mengapa lini depan Persebaya sangat ditakuti.

Sumbangsih 11 gol dan delapan assist di BRI Liga 1 2021/2022 menjadi bukti nyata kehebatan pemain asal Jepang itu di Indonesia.

Tidak heran bila Persebaya kini menjadi tim paling produktif dengan 38 gol. Catatan ini sangat kontras dengan tim-tim papan atas lain yang belum menembus 30 gol pada musim ini.

7 dari 7 halaman

Posisi Persebaya dan Bhayangkara FC di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer