Sukses


12 Klub BRI Liga 1 Sudah Ganti Nakhoda! Ini Tanggapan Pelatih Persib

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 12 tim dari 18 klub yang mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 telah mengganti pelatihnya. Berbagai masalah menjadi alasan tersendiri bagi manajemen tim yang memutuskan ganti pelatih.

Bahkan, dari 12 tim tersebut ada juga klub yang belum rampung mengarungi putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022 sudah mendepak sang pelatih. Pergantian pelatih semakin menjadi-jadi pada bursa jelang putaran kedua BRI Liga 1 dimulai.

Ada enam klub yang masih mempertahankan pelatihnya, salah satunya tim Persib Bandung yang ditangani pelatih asal Belanda, Robert Alberts. Pelatih berusia 67 tahun itu memang langsung mendapat kontrak panjang dari manajemen Persib, yakni hingga akhir tahun 2023.

Menanggapi banyaknya klub Liga 1 yang mendepak pelatihnya, Robert Alberts mengaku bahwa ini menjadi rekor dunia di sebuah kompetisi dalam memecat atau memberhentikan pelatih di tengah kompetisi.

"Selain Persib, hanya ada lima yang belum diganti pelatihnya, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, Arema FC, Bali United, dan Persita Tangerang," kata Robert Alberts, Minggu (23/01/2022) di Bali.

"Jadi jika melihat total ada 18 klub dikurangi enam maka ada 12 tim yang mengganti pelatih dan beberapa ada yang dua kali. Mungkin ini rekor di dunia," cetus Robert Alberts.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Komentar Robert Alberts

Diakui Robert, jika dibandingkan dengan kompetisi negara lain, BRI Liga 1 termasuk sangat gampang memecat pelatih. Ini menandakan tim-tim di Indonesia mayoritas mementingkan hasil bukan proses. 

"Ini seperti rekor dunia, karena sangat banyak melakukan pergantian pelatih. Jika tiga sampai lima pelatih, atau mengacu pada Liga Inggris sebagai contoh, tidak banyak pelatih diganti," tutur Robert.

"Padahal itu liga terbaik di dunia dan punya ekspektasi tertinggi. Tapi mereka juga realistis," seloroh pelatih Persib Bandung berusia 67 tahun ini mengakhiri.

Persib sendiri saat ini menempati posisi tiga klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini. Mereka tertinggal tiga poin dari pemuncak klasemen, Bhayangkara FC. 

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi Persib Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer