Sukses


Kekuatan Antarlini Barito Putera Vs PSM di BRI Liga 1: Kedalaman Tim Laskar Antasari Lebih Baik Ketimbang Juku Eja

Bola.com, Denpasar - Barito Putera bakal bersua dengan PSM Makassar pada pekan ke-21 BRI Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Jumat (28/1/2022).

Meski sama-sama melakukan pembenahan tim jelang putaran kedua dengan mendatangkan pelatih anyar plus sederet pemain baru, Laskar Antasari lebih diunggulkan memenangkan laga karena memiliki kedalaman tim yang lebih baik ketimbang Juku Eja.

Pelatih anyar Barito Putera, Rahmad Darmawan, memiliki modal lebih baik dibandingkan koleganya Joop Gall di PSM Makassar. Selain berpengalaman di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, deretan pemain anyar Laskar Antasari berdasarkan rekomendasinya.

Mereka adalah Kim Jin-sung (Korsel), Renan Alves, Rafael Silva dan Bruno Matos (Brasil). Serta pemain naturalisasi Raphael Maitimo, Guy Junior, dan Yoo Hyun-goo plus kiper muda, Kartika Aji.

Adapun Joop Gall yang baru pertama kali berkiprah di Indonesia dipaksa harus berdaptasi cepat dengan materi pemain yang ada. Pelatih berpaspor Belanda itu berada dalam situasi sulit, karena sederet pemain yang didatangkan manajemen PSM mayoritas berasal dari tim Liga 2 plus dua legiun asing, Adam Mitter (Inggris) dan Golgol Mebrahtu (Australia).

Di luar sisi teknis, Barito juga memiliki modal psikologis yang lebih baik. Pasalnya, mereka adalah tim pertama yang mengalahkan PSM di BRI Liga 1. Tepatnya pada laga pekan kelima di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, 27 September 2021. PSM yang saat itu berada di papan atas dipermalukan Barito dua gol tanpa balas.

Menariknya, dua pencetak gol Barito pada laga itu yakni Aleksandar Rakic dan Rafinha sudah dilepas Barito. Meski begitu, salah besar kalau Barito memandang enteng PSM.

Pasalnya, Tim Juku Eja justru bakal tampil trengginas saat berada dalam posisi tak diunggulkan. Sebagai pengantar jelang laga, Bola.com coba mengulas kekuatan lini per lini Barito Putera versus PSM Makassar.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

M. Riyandi bersaing dengan Aditya Harlan sebagai pengawal gawang Barito Putera kontra PSM Makassar. Kalau pun Riyandi ditampilkan sejak menit awal, lini depan PSM bakal mendapatkan kesulitan untuk menjebol gawang Laskar Antasari.

Kelebihan yang menonjol pada kiper timnas di Piala AFF 2020 itu adalah refleks dan pembacaan arah bola yang baik. Adapun PSM mengandalkan Hilman Syah yang sudah mencatat lima kali clean sheet di BRI Liga 1.

Secara kualitas pria kelahiran Kabupaten Jeneponto terebut sedikit lebih baik ketimbang Riyandi.

3 dari 6 halaman

Belakang

Duet stoper anyar, Kim Jin-sung dan Renan Alves, sudah tampil bersama saat Barito bermain imbang dengan skor 1-1 kontra Persikabo 1973 (18/1/2022). Secara umum, keduanya tampil baik untuk meredam gelombang serangan Persikabo.

Sementara itu, posisi bek sayap, Bagas Kaffa dan Saddam Hi Tenang disiapkan untuk meredam serangan PSM yang mengandalkan kecepatan para wingernya.

PSM Makassar bakal memainkan Adam Mitter sejak menit awal untuk mendampingi Hasim Kipuw. Keduanya harus bekerja keras untuk mengadang gelombang serangan Barito agar tak langsung menuju area kiper Hilman Syah.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Rahmad Darmawan kerap memainkan formasi 4-2-3-1 saat menangani tim. Dengan lima pemain yang beroperasi di lini tengah, keseimbangan permainan tim lebih terjaga.

Apalagi di lini ini, Barito memiliki sederet pemain berkelas seperti Bayu Pradana, Raphael Maitimo, Rizky Pora, Rafael Silva, Ambrizal Umanailo, Luthfi Kamal, serta Yoo Hyun-goo. Siapa pun yang dimainkan, lini tengah Barito lebih menjanjikan.

Sementara itu, PSM kembali mengandalkan Wiljan Pluim sebagai kreator serangan. Pada laga nanti, bisa saja pelatih PSM, Joop Gall, menduetkan Pluim dengan koleganya Anco Jansen di posisi gelandang serang ditopang pemain pekerja keras, M. Arfan.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Rahmad Darmawan memiliki sejumlah opsi di lini serang. Khususnya di posisi striker utama. Ada Guy Junior, Rafael Silva dan Bruno Matos yang bisa dimainkan sebagai sosok oportunis di area kotak 16 PSM Makassar.

Lini depan Barito Putera berpotensi besar menyulitkan PSM, karena di posisi gelandang serang ada Rizky Pora dan Ambrizal Umanailo yang memiliki skil dan kecepatan.

Di kubu PSM, menarik untuk ditunggu debut striker berpaspor Australia, Golgol Mebrahtu, yang urung tampil kontra Persik karena mengalami cedera otot paha saat melakukan pemanasan.

Eks penyerang Brisbane Roar itu akan berkolaborasi dengan Ferdinand Sinaga di lini depan PSM.

6 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi PSM dan Barito Putera:

Video Populer

Foto Populer