Sukses


BRI Liga 1: Joop Gall Ungkap Strategi Jitu PSM Kalahkan Barito Putera, Apa Ya?

Bola.com, Denpasar - PSM Makassar meraih tiga poin krusial usai menekuk Barito Putera dengan skor 2-1 pada pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Jumat (28/1/2022) malam WIB. Hasil ini membuat skuad Juku Eja bertengger di peringkat sembilan dengan koleksi poin 27.

Khusus buat pelatih PSM Makassar, Joop Gall, kemenangan ini merupakan kali kedua dalam empat laganya bersama tim Juku Eja. Pada sesi jumpa media usai laga, Joop Gall mengaku puas dengan kinerja dan motivasi pemain yang dinilainya sudah menjalankan intruksinya dengan baik.

Menurut eks pelatih Go Ahead Eagles, sejatinya taktik yang ia terapkan menghadapi Barito Putera tak sesuai dengan filosofi permainan yang dianutnya.

"Saya berasal dari Belanda yang dikenal dengan gaya Total Football. Dimana kami selalu berusaha unggul dalam penguasaan bola serta bermain dari kaki ke kaki untuk menciptakan peluang. Tapi, materi pemain PSM tak cocok dengan cara bermain seperti itu," ungkap Joop Gall.

Itulah mengapa Joop Gall lebih memilih memainkan strategi serangan balik dengan memanfaatkan kecepatan dua penyerang sayap, Yakob Sayuri dan Patrick Kallon serta Ilham Udin Armaiyn yang bermain sebagai striker.

"Pergerakan mereka ditopang oleh Wiljan Pluim dengan umpan terukurnya serta aktif masuk ke area pertahanan Barito. Strategi ini terbukti efektif," terang Joop Gall.

 

 

2 dari 4 halaman

Ada Kelemahan

Meski puas dengan kemenangan tim asuhannya, Joop Gall mengaku skuad Juku Eja masih menyimpan kelemahan yang harus dibenahi untuk bisa bersaing di BRI Liga 1.

“Tapi, sekali lagi saya puas dengan hasil tadi. Karena kemenangan sangat penting untuk menambah kepercayaan pemain dan tim," papar Joop Gall.

Dilain pihak, Joop Gall juga mengungkapkan alasan dirinya tak memasukkan nama dua pemain asingnya dalam line-up pada laga tadi yakni Adam Mitter dan Golgol Mebrahtu.

“Adam baru sembuh dari sakit flu selama tiga hari. Sedang cedera Mebrahtu belum pulih betul. Keduanya, saya persiapkan menghadapi laga selanjutnya," kata Joop Gall.

3 dari 4 halaman

Untuk Suporter

Pada kesempatan sama, gelandang PSM, Yakob Sayuri yang mendampingi sang mentor, mengungkapkan rasa syukurnya timnya kembali ke jalur kemenangan.

"Saya dan teman-teman mempersembahkan kemenangan ini buat suporter PSM yang tetap setia mendukung kami," ungkap Yakob yang mencetak satu dari dua gol PSM ke gawang Barito pada laga ini.

Menurut Yakob, sukses PSM tak lepas dari strategi jitu Joop Gall. "Kami sudah mempersiapkan diri menghadapi Barito. Sebagai pemain, kami tinggal menjalankan intruksi pelatih. Para pemain juga tak masalah dengan keputusan pelatih soal rotasi," tegas Yakob.

Pada laga kontra Barito, Joop Gall tak memainkan Anco Jansen dan Ferdinand Sinaga dalam formasi starter. Ferdinand baru dimainkan pada babak kedua. Sedang Anco Jansen malah tidak mendapatkan menit bermain.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi PSM di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer