Sukses


Kasus COVID-19 di 5 Klub BRI Liga 1: Dear Para Pemain, Mentang-mentang di Bali, Prokesnya Mana?

Bola.com, Denpasar - Satu per satu kasus COVID-19 muncul pada seri keempat BRI Liga 1 2021/2022 di Bali. Aktivitas para pemain selama menetap di Pulau Dewata menjadi sorotan.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubah kebijakannya dengan menggelar seri keempat dan kelima BRI Liga 1 di Bali sejak awal Januari hingga akhir Maret 2022.

Padahal dalam konsep awal, tuan rumah BRI Liga 1 yang diklaim digelar secara semi bubble to bubble ini adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bali nihil dalam daftar tersebut.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dalam pernyataannya pada akhir November 2021 mengungkapkan bahwa Gubernur Bali, Wayan Koster, secara khusus meminta kepada pihaknya untuk membawa BRI Liga 1 ke Bali demi nama pariwisata.

"Seri keempat BRI Liga 1 bergerak ke Bali. Pak Gubernur meminta kepada saya untuk digelar di sana. Kenapa di sana? Untuk menaikkan pariwisata yang mulai menggeliat. Kami membantu Pak Gubernur," jelas Iriawan.

Bali adalah surganya para pelancong di Indonesia. Siapa yang tidak tergoda berjemur di pantai-pantai cantik nan indah Pulau Dewata?

Desas-desus sejumlah pemain BRI Liga 1 mulai kendur terhadap protokol kesehatan merebak di media sosial. Netizen mencurigai beberapa pesepak bola kerap berkerumun merujuk dari postingan-postingan di Instagram.

Kasus COVID-19 di Pulau Dewata memang terus naik. Bali Post menghimpun laporan dari Satgas COVID-19 Bali mengabarkan sebanyak 212 kasus terdata pada 27 Januari 2022 dan bertambah menjadi 311 kasus per Jumat (28/1/2022).

Temuan kasus COVID-19 pertama dalam BRI Liga 1 terjadi di Arema FC. Setelah sempat ditutup-tutupi, Wayan Koster memastikan bahwa lima pemain tim berjulukan Singo Edan itu terjangkit COVID-19 pada 20 Januari 2022.

"Betul, positif COVID-19. Jadi semua sudah dilakukan pemeriksaan, ada lima pemain Arema FC yang positif," kata Koster dinukil dari Merdeka.

2 dari 7 halaman

Riko Simanjuntak Diisolasi 5 Hari

Skuad Persija Jakarta terlihat ganjil kala melawan Persita Tangerang dalam pekan ke-21 BRI Liga 1 pada 26 Januari 2022. Nama Riko Simanjuntak luput dalam daftar susunan pemain (DSP). Padahal, winger berusia 30 tahun itu tidak dalam kondisi cedera dan akumulasi kartu. Ada apa?

Setelah menang 2-1 atas Persita, Sudirman selaku pelatih Persija menyatakan bahwa Riko absen karena hasil tes COVID-19 sang pemain disebut "samar-samar".

Sebelum Persija menghadapi Persiraja dalam pekan ke-22 BRI Liga 1 pada Minggu (30/1/2022), Sudirman mengabarkan bahwa Riko tengah menjalani isolasi mandiri selama lima hari sejak 26 Januari 2022.

"Riko dalam tes COVID-19 terakhirnya pada 26 Januari 2022, dia harus diisolasi selama lima hari," kata Sudirman, Sabtu (29/1/2022).

"Sejak 26 Januari 2022, nanti selama lima hari atau kira-kira pada 1 Februari 2022 Riko akan dites kembali. Jadi seperti itu kondisinya," jelas pelatih yang karib dipanggil Jendral itu.

3 dari 7 halaman

9 Pemain Persib Positif COVID-19

Persib Bandung dijadwalkan menjamu Persikabo 1973 dalam pekan ke-21 BRI Liga 1 pada Sabtu (29/1/2022) malam WIB. Pagi harinya, tim berjuluk Pangeran Biru itu mengumumkan bahwa sembilan pemainnya terpapar COVID-19.

Persib menjelaskan bahwa kesembilan pemain tidak bergejala dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Mengacu pada hasil pemeriksaan tes PCR berkala yang dilakukan Persib baru-baru ini, terdapat sembilan pemain yang dinyatakan positif COVID-19," tulis Persib di lamannya pada Sabtu (29/1/2022) pagi WIB.

"Saat ini, para pemain Persib yang terpapar COVID-19 sedang menjalankan karantina dan dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala," bunyi pernyataan Persib itu.

Di tengah kondisi yang memprihatinkan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak menunda laga Persib kontra Persikabo 1973 alias harus digelar sesuai jadwal.

"Hasil dari laporan, pertandingan Persib melawan Persikabo 1973 tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Persib masih punya beberapa pemain yang bisa bermain pada hari ini. Semua yang bertanding nanti sudah diperiksa dan hasilnya negatif jadi bisa bermain," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada Bola.com, Sabtu (29/1/2022) siang WIB.

4 dari 7 halaman

PSM Serasa Kecolongan, 3 Pemain Persebaya Diisolasi

PSM Makassar serasa kecolongan setelah Adam Mitter positif COVID-19. Bek asal Inggris itu absen ketika melawan Barito Putera dalam pekan ke-21 BRI Liga 1 pada Jumat (28/1/2022).

"Kejadian yang dialami Mitter membuat manajemen PSM makin memperketat penegakan protokol kesehatan di internal tim," ujar Asisten Manajer PSM, Syahrir Nawir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/1/2022).

"Tapi, ternyata masih ada pemain kami yang terpapar. Berarti kami harus lebih disiplin lagi dalam menegakkan protokol kesehatan," kata Syahrir.

Setelah Arema FC, Persija, Persib, dan PSM, Persebaya Surabaya juga mempublikasikan kasus COVID-19 dalam skuadnya. Tiga pemain tim berjulukan Bajul Ijo itu positif virus corona.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan tes swab PCR, ada tiga pemain Persebaya yang positif COVID-19," tulis Persebaya dalam lamannya pada Sabtu (29/1/2022).

"Tidak ada gejala apa pun pada ketiga pemain tersebut. Semuanya kini menjalani karantina, sesuai dengan arahan PT LIB dan Satgas COVID-19 di Bali," lanjut pernyataan tersebut.

5 dari 7 halaman

PT LIB Minta Pemain Jaga 5 M, Konsep Semi Bubble Longgar?

Seusai satu per satu kasus COVID-19 muncul dalam klaster Bali, PT LIB memberingatkan semua pihak dalam BRI Liga 1 untuk mengetatkan protokol kesehatan (prokes) 5 M.

Prokes 5 M itu meliputi mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Imbauan selalu dilakukan melalui surat resmi ke klub-klub dan juga via Grup WhatsApp," imbuh Lukita kepada Bola.com, Sabtu (29/1/2022).

"Intinya, kita semua mulai dari klub, organizing committee, local organizing committee, dan semua yang terlibat dalam kompetisi harus menjaga prokes lebih ketat lagi."

"Dengan tes PCR dalam 3-4 hari sekali dan harus tetap menjaga 5 M karena jika ada yang terpapar, bisa merugikan klub dan kompetisi. Itu memo PT LIB ke semua pihak."

"Untuk tracing pemantauan para pemain melalui klub masing-masing. Filternya melalui PT LIB lewat tes PCR setiap 3-4 hari sekali," tutur Lukita.

Buntut dari meledaknya kasus COVID-19 di BRI Liga 1, Bali diragukan menjadi tempat yang aman untuk menggelar kompetisi dengan segala daya tariknya sebagai tempat wisata.

Apakah ini pertanda peluang BRI Liga 1 dikembalikan ke Pulau Jawa? "Kenaikan Omicron juga terjadi di semua wilayah. Kami akan mengevaluasi semua hal. Masalah utama adalah disiplin prokes. Semua wajib menjaganya," jelas Lukita.

Lukita mengungkapkan bahwa BRI Liga 1 seri Bali menganut format semi bubble, bukan full buble. Bola.com mencoba bertanya kepada Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno untuk meminta penjelasan terkait maksud dan aturan yang mengikat dalam sistem semi bubble, namun nihil respons.

6 dari 7 halaman

Pemain Butuh Hiburan?

Selama di Bali, para pemain BRI Liga 1 disebut masih bebas keluar hotel asalkan menjaga prokes dan pakai masker. Persikabo 1973 misalnya, pelatih Liestiadi memahami bahwa Ciro Alves dkk. butuh hiburan di tengah padatnya jadwal kompetisi.

"Saya sebagai pelatih berulang kali dan selalu mengingatkan kepada pemain kalau keluar dari hotel tetap harus menjaga prokes," kata Liestiadi ketika dihubungi Bola.com, Sabtu (29/1/2022).

"Sebab, kami tidak bisa mengarantina pemain di hotel karena mereka juga butuh refreshing. Namun, kami selalu mengingatkan bahwa di masa pandemi yang kembali meningkat ini, tetap menjalankan prokes ketat."

"Nanti kan yang rugi tim dan mereka juga. Tim akan sangat rugi karena kehilangan mereka yang tidak bisa bermain," papar pelatih asal Medan, Sumatera Utara itu.

Setelah mendengar kabar sembilan pemain Persib positif COVID-19, Liestiadi merasa bersyukur bahwa elemen tim Persikabo 1973 dalam keadaan sehat dan selalu negatif saat dites COVID-19.

"Sampai sekarang, mudah-mudahan kami tidak takabur, seluruh anggota dan pemain Persikabo masih dalam keadaan negatif semuanya," terang Liestiadi.

"Mudah-mudahan tidak terjadi kepada pemain, ofisial, maupun staf, dan keluarga besar Persikabo. Semuanya dalam keadaan sehat walafiat," tutur arsitek berusia 53 tahun itu.

7 dari 7 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer