Sukses


Melihat 5 Penyerang yang Dipanggil Shin Tae-yong Mengikuti Pemusatan Latihan Timnas U-19: Ada Wonderkid BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, sudah memanggil 40 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. TC ini digelar untuk mempersiapkan tim yang tangguh untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA. Seharusnya Indonesia menjadi tuan rumah di edisi 2021, yang pada akhirnya dibatalkan karena pandemi COVID-19 sehingga penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah digeser ke edisi selanjutnya.

Indonesia sudah mempersiapkan enam stadion untuk menggelar pertandingan. Enam stadion tersebut antara lain Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Kab. Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta).

Sampai saat ini belum ada kabar apakah enam stadion itu akan kembali digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023 atau ada stadion baru yang akan digunakan, seperti Jakarta International Stadium yang saat ini tengah dibangun.

Sebelum menyaksikan langsung ajang prestisius tersebut, persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia U-19 akan sangat panjang. Satu proses di antaranya yang harus mereka jalani adalah pemusatan latihan.

Melihat daftar 40 nama yang dibawa Shin Tae-yong ke Korea Selatan untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, paling tidak ada enam pemain yang memiliki posisi sebagai penyerang. Mereka bisa menjadi andalan di lini depan Tim Garuda Muda di Piala Dunia U-20 pada tahun depan.

 

 

2 dari 3 halaman

Wonderkid BRI Liga 1

Dari deretan penyerang yang dibawa Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan, ada dua penyerang yang jadi wonderkid di BRI Liga 1 musim ini.

Dua sosok itu adalah Ronaldo Kwateh dan Alfriyanto Nico. Keduanya sudah dimainkan oleh klub masing-masing di BRI Liga 1.

Tak hanya itu, bahkan Ronaldo sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia senior. Bisa dikatakan Ronaldo adalah calon penyerang utama Timnas U-19 saat ini.

Alfriyanto Nico juga punya potensi yang sama. Pemain berusia 18 tahun itu sudah menunjukkan kualitas yang ia miliki dengan catatan tiga gol yang dicetaknya untuk Persija di BRI Liga 1 musim ini.

 

3 dari 3 halaman

Alumni Garuda Select

Selain dua sosok tersebut, ada pula alumni Garuda Select di antara pemain yang bakal memperkuat Timnas Indonesia U-19 ini, yaitu Hokky Caraka.

Sebelum bergabung bersama Garuda Select, pemain kelahiran Gunungkidul, DIY, ini sempat menjadi bagian dari PSS Sleman.

Hokky mengaku sudah mencintai sepak bola sejak masih kecil. Hokky masuk SSB Putra Handayani pada usia 9 tahun. Kemudian pada usia 14 tahun, Hokky Caraka masuk SSB Persopi Elti Piyungan dan kemudian bergabung bersama PSS Sleman U-16.

Dua penyerang lainnya, yaitu Indra Arya dari Persijap Jepara dan Ricky Pratama dari PSM Makassar juga tidak bisa dianggap remeh.

Terutama bagi Ricky yang tampil apik di ajang Elite Pro Academy 2021 lalu bersama tim U-18 PSM Makassar.

 

Video Populer

Foto Populer