Sukses


BRI Liga 1: Demi Tetap Dampingi Persebaya, Aji Santoso Gunakan Kruk di Pinggir Lapangan

Bola.com, Gianyar - Pemandangan tidak biasa terlihat di bangku cadangan Persebaya Surabaya kala bersua dengan Persita Tangerang pada laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (6/3/2022). Pelatih Persebaya, Aji Santoso, terlihat berdiri menggunakan kruk, atau alat penyangga kaki.

Mobilitas Aji Santoso menjadi terbatas karena kondisi itu. Tapi, dia tetap di pinggir lapangan menemani Persebaya Surabaya bertarung dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar itu.

Kondisinya terlihat tidak memungkinkan untuk berjalan normal. Lantas apa yang terjadi kepada pelatih berusia 51 tahun tersebut?

"Coach Aji kakinya sedikit radang. Ada bengkak di sekitar engkel. Jadi harus pakai penyangga. Kaki Coach Aji sedikit terkilir dan sedikit bengkak. Tapi, dia memaksakan diri bahwa pertandingan ini juga penting," ungkap Mustaqim, asisten pelatih Persebaya.

Kondisi kaki Aji Santoso sudah seperti itu sejak H-1 pertandingan. Rasa sakit yang tidak tertahankan membuat mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut absen dalam sesi official training atau latihan resmi Persebaya Surabaya jelang pertandingan.

2 dari 4 halaman

Ngotot Mendampingi Tim

Tugas Aji Santoso digantikan oleh tim pelatih Persebaya Surabaya ketika itu. Sebelumnya Aji sempat tidak hadir di lapangan dalam seri keempat. Momen itu terjadi ketika badai COVID-19 menyerang klub asal Kota Pahlawan itu pada Februari 2022.

Namun, ketika pertandingan tiba, Aji Santoso ngotot untuk ikut turun di pinggir lapangan. Aji Santoso enggan meninggalkan pemainnya berjuang sendirian. Apalagi enam pertandingan tersisa menentukan Persebaya dalam perebutan juara BRI Liga 1.

"Kami ingin memenangkan pertandingan. Saking besar keinginannya, dia berjalan dengan kaki tertatih-tatih dengan tongkat. Dia dengan semangat ingin tim ini di jalur juara. Tapi, saya melihat Coach Aji sudah berusaha menemani pemain supaya semangat," imbuh Mustaqim.

 

3 dari 4 halaman

Meraih Sebiji Poin

Sayangnya, Persebaya Surabaya gagal mendulang poin penuh dalam pertandingan ini. Mereka ditahan imbang 1-1 oleh Persita Tangerang.

Persita mampu unggul dulu dalam laga ini lewat gol yang dicetak oleh Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-40. Persebaya kemudian membalasnya berkat aksi winger Taisei Marukawa memasuki menit ke-45.

Hasil ini masih membuat Persebaya tetap berada di peringkat kelima dengan 55 poin dari 29 pertandingan. Kans mereka untuk bisa menembus puncak dan meraih titel juara masih terbuka, meski tantangannya tidak mudah.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer