Sukses


Manuver Transfer Tim-Tim Jawa Tengah dan DIY di BRI Liga 1: PSIS Shopping Terus, PSS Adem Ayem

Bola.com, Jakarta - Mulai Liga 1 2022/2022, perwakilan klub Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah. Persis Solo yang merupakan juara Liga 2 2021 akan menambah panas persaingan di Liga 1 musim depan.

Sebelumnya Jawa Tengah sudah memiliki PSIS Semarang dan Bhayangkara FC. Diketahui sejak tahun 2020 lalu, Bhayangkara memang menjadikan Solo sebagai kandang mereka.

Jangan lupakan juga PSS Sleman. Sampai saat ini tim berjuluk Elang Jawa itu menjadi satu-satunya wakil DIY di ajang Liga 1.

Performa PSIS dan Bhayangkara FC di musim lalu cukup bagus. PSIS mengakhiri musim di posisi tujuh. Sementara Bhayangkara FC menempati posisi ketiga klasemen akhir.

PSS Sleman yang justru menjalani musim yang tidak terlalu mengesankan. Di akhir musim, Dave Mustaine dan kolega menempati posisi ke-13 klasemen.

Jelang musim baru Liga 1, menarik untuk melihat persiapan klub-klub dari Jawa Tengah dan DIY. Kami merangkumnya dalam tulisan di bawah ini.

 

2 dari 6 halaman

PSIS Semarang

PSIS bisa dikatakan melakukan persiapan dengan cukup baik dalam menyambut musim baru. Dua bintang asing, Taisei Marukawa dan Carlos Fortes sudah berhasil diamankan.

Kuota empat pemain asing pun sudah terpenuhi. Selain Fortes dan Marukawa, PSIS sudah punya Wallace Costa dan Jonathan Cantillana yang sudah beberapa musim membela klub itu.

Selain itu, PSIS Semarang juga punya banyak stok pemain muda yang potensial. Mereka bisa diandalkan di Liga 1 musim depan.

Saat ini pekerjaan rumah PSIS adalah memilih pelatih yang cocok. Juga mendatangkan beberapa pemain lokal berpengalaman lagi untuk menyempurnakan tim.

 

3 dari 6 halaman

Bhayangkara FC

Sebagai tim penghuni posisi ketiga di klasemen akhir BRI Liga 1 musim lalu, Bhayangkara justru melakukan persiapan yang cukup lamban.

Mereka ditinggal beberapa pemain kunci. Sebut saja Evan Dimas, Hansamu Yama, Adam Alis. Ezechiel Ndouasel juga diperkirakan segera hengkang dari BFC.

Selain itu, Bhayangkara FC juga ditinggal pelatih mereka, Paul Munster. Pelatih asal Irlandia Utara itu sudah menyampaikan salam perpisahan.

Santer terdengar kabar, Widodo Cahyono Putro akan segera diumumkan sebagai pelatih anyar Bhayangkara FC. Widodo sudah dipastikan meninggalkan Persita Tangerang.

 

4 dari 6 halaman

Persis Solo

Sebagai tim promosi, Persis terlihat sangat ambisius. Mereka ditukangi pelatih berpengalaman dalam diri Jacksen F. Tiago.

Deretan pemain kelas satu juga ada di skuad Laskar Sambernyawa. Para pemain bintang seperti Abduh Lestaluhu, Beto Goncalves, Irfan Jauhari, Irfan Bachdim, Fabiano Beltrame, dan Sandi Sute bahkan sudah memperkuat Persis sejak Liga 2 musim lalu.

Persis terus dikaitkan dengan para pemain bintang lain. Baik para pemain bintang lokal maupun pemain bintang asing.

Yang menarik adalah, Persis sudah melakukan persiapan dengan cukup matang. Mereka sudah menjalani latihan sejak Selasa (5/4/2022) lalu meski belum diikuti seluruh skuad mereka.

 

5 dari 6 halaman

PSS Sleman

PSS menjalani musim 2021/2022 dengan berbagai masalah. Kondisi itu membuat PSS terpaksa melakukan pergantian pelatih dari Dejan Antonic ke I Putu Gede di pertengahan musim.

Pergantian pelatih itu juga membuat PSS melakukan perubahan masif dalam hal komposisi pemain. Belasan pemain baru didatangkan para paruh kedua musim lalu.

Hal serupa tentu tak ingin diulang oleh PSS Sleman. Namun, saat ini tim kebanggaan Slemania dan BCS itu masih belum terlihat melakukan pergerakan yang signifikan.

Satu-satunya rumor yang datang dari PSS adalah soal kabar akan kembalinya Seto Nurdiyantoro untuk menukangi klub tersebut.

6 dari 6 halaman

Posisi Akhir BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer