Sukses


PSM Perkenalkan Bernardo Tavares Sebagai Pelatih Baru via Media Sosial

Bola.com, Makassar - PSM Makassar akhirnya merilis nama pelatih baru mereka untuk menangani skuad Juku Eja menghadapi persaingan di Piala AFC 2022 dan Liga 1 musim depan.

Ia adalah Bernardo Tavares, pria berpaspor Portugal kelahiran 2 Mei 1980. Kepastian ini diunggah manajemen PSM via akun instagram klub @psm_makassar, Senin (11/4/2022), Pukul 18.08 WITA.

Unggahan ini langsung disukai puluhan ribu penggemar PSM dalam durasi 30 menit. Tiga jam sebelumnya, lewat akun instragram sama, manajemen PSM Makassar mengumunkan resmi mengakhiri kerja sama dengan pelatih sebelumnya, Joop Gall (Belanda) yang menangani skuad Juku Eja pada putaran kedua BRI Liga.

Joop Gall menggantikan peran Milomir Seslija (Bosnia) yang dilepas pada putaran pertama. Pengumuman ini sekaligus menepis rumor PSM akan mendatangkan rekan senegara Tavares yakni Jorge Simao.

Kehadiran Tavares membuat PSM kian lekat dengan pelatih asal Eropa di era Liga 1. Pada musim 2017 dan 2019, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu dilatih Robert Albert (Belanda) dengan prestasi terbaik peringkat tiga serta naik satu posisi pada musim berikutnya.

Robert kemudian digantikan oleh Darije Kalesic, pria berdarah Bosnia tapi berpaspor Belanda, Darije Kalesic.Bersama Darije, PSM meraih trofi juara Piala Indonesia 2018/2019 dan menembus semifinal Piala AFC 2019 zona Asean.

Usai musim 2019 berakhir, Darije memutuskan pergi. Sebagai penggantinya, PSM Makassar memakai jasa Bojan Hodak (Kroasi) yang pernah membawa timnas U-19 Malaysia juara Piala AFF U-19. Namun, Bojan tak lama menangani PSM karena Liga 1 2020 setelah PSSI memutuskan tak melanjutkan Liga 1 2020.

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Tavares

Berdasarkan penelurusan Bola.com, sebelum ke PSM Makassar, Tavares lebih banyak menghabiskan karier kepelatihannya dengan menjadi pelatih tim usia muda serta asisten.

Ia pertama kali berkiprah diluar Portugal dengan menjadi asisten pelatih di klub Bahrain, Al-Hidd pada 2013. Setelah itu, ia kembali ke Portugal menangani FC Tirsense.

Semusim di Portugal, Tavares kembali mencoba peruntungan di luar negeri dengan menerima tawaran Al-Nahda (Oman). Di klub itu, ia hanya bertahan semusim dan lagi-lagi kembali ke Portugal untuk melatih Tourizense.

Pada 2017, Tavares melatih klub Maladewa, New Radiant. Setahun kemudian ia menyeberang ke Benfica de Macau (Makao), Churchill Brothers (India/2019-2020) dan IFK Helsingfors (Finlandia).

Dihubungi Bola.com, eks Jenderal Lapangan The Maczman, Andi Coklat menyambut baik kepastian PSM mendatangkan pelatih baru.

"Ini yang kami tunggu. Semoga coach Tavares bisa membawa PSM kembali menjadi klub papan atas di Liga 1," pungkas Andi Coklat.

 

3 dari 3 halaman

Perkenalan Resmi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar)

Video Populer

Foto Populer