Sukses


PSSI Beri Kabar Baik Soal Perkembangan Naturalisasi Pemain untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan kabar baik dari proses naturalisasi pemain Timnas Indonesia. Perwakilan PSSI di Belanda disebut telah melakukan pertemuan dengan tiga pemain lain.

PSSI diwakili oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani dan seorang utusan, Hamdan Hamedan, dalam kunjungan ke Belanda. Mereka telah melakukan pertemuan dengan kandidat pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia yakni Shayne Pattynama, Jim Croque, dan Ivar Jenner.

Dua nama terakhir merupakan pemain yang disiapkan untuk membela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023. Mochamad Iriawan mengaku, pertemuan dengan ketiga pemain tersebut berjalan lancar.

"Perkembangan terbaru, utusan PSSI telah bertemu dengan Jim Croque, Ivar Jenner, dan Shayne Pattynama bersama keluarga mereka. Semoga proses naturalisasi pemain yang diharapkan berjalan lancar dan segera bergabung bersama Timnas Indonesia," kata Mochamad Iriawan.

Pertemuan ini menjadi yang kedua dilakukan utusan PSSI dalam kunjungan ke Belanda. Sebelumnya, PSSI juga telah melakukan pertemuan dengan Sandy Walsh dan Jordy Amat.

PSSI kini berburu dengan waktu untuk segera merampungkan proses naturalisasi tiga pemain awal. Sandy Walsh, Jordy Amat, dan Shayne Pattynama diharapkan sudah bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

2 dari 3 halaman

Terus Beri Laporan

Mochamad Iriawan juga mengaku, PSSI serius untuk menyelesaikan proses naturalisasi pemain yang diinginkan pelatih Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. Perwakilan PSSI di Belanda disebut terus memberikan laporan harian terkait perkembangan proses naturalisasi.

"PSSI serius mengawal proses naturalisasi pemain yang sebelumnya sudah kami ajukan ke pemerintah sesuai dengan permintaan pelatih Shin Tae-yong. Utusan PSSI yakni Hasani dan Hamdan terus memberikan update dan laporan kepada kami setiap harinya,” tegas Iriawan.

Utusan PSSI nantinya akan membawa dokumen pendukung dan pernyataan dari pemain berupa keseriusan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dokumen tersebut nantinya diharapkan bisa memudahkan proses naturalisasi.

3 dari 3 halaman

Sudah Teken Surat

Mochamad Iriawan juga menyebut, PSSI telah mendapatkan tanda tangan pemain kandidat pemain naturalisasi. Seperti diketahui, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) meminta surat pernyataan berisikan kesediaan melepas status kewarganegaraan yang lama untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di atas materai dari tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

"Respons dari para pemain sangat senang dan positif. Dokumen yang memerlukan tanda tangan mereka pun sudah bertanda tangan. Semoga proses naturalisasi ini bisa segera rampung dan selesai secepat mungkin," ucap Iriawan.

PSSI menargetkan naturalisasi ketiganya rampung sebelum pertengahan tahun ini untuk bisa membela Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022.

Video Populer

Foto Populer