Sukses


Menerka Starting XI Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Racikan Baru Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Teka-teki skuad Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021 akhirnya terjawab pada Sabtu (30/4/2022). Pelatih Shin Tae-yong telah memilih 20 pemain yang akan berjuang meraih prestasi pada pesta olahraga bergengsi Asia Tenggara itu.

Melihat materi pemain yang ada, pelatih Shin Tae-yong memanggil nama-nama yang sudah tak asing buatnya. Mayoritas pemain yang masuk skuad Timnas Indonesia U-23 adalah sosok yang tampil di Piala AFF 2020.

Terdapat lima pemain asal klub luar negeri yang bakal memperkuat Timnas U-23 di SEA Games 2021. Mereka adalah Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Mereka akan mendampingi wajah baru yang mendapatkan kesempatan membela Timnas U-23. Sebut saja Muhammad Adi, Ilham Rio, dan Muhammad Ridwan.

Adapun komposisi pemain senior di skuad Timnas U-23 dihuni oleh Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto. Kehadiran ketiganya tentu sangat krusial sebagai penyeimbang tim.

Banyaknya pemain berkualitas tentu membuat pelatih Shin Tae-yong bakal kesulitan dalam menentukan susunan pemain inti. Namun, sepertinya pelatih asal Korea Selatan itu enggan melakukan perjudian.

Lantas, bakal seperti apa skuad inti Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021? Berikut ini prakiraan susunan pemain Timnas U-23 versi Bola.com.

2 dari 6 halaman

Kiper

Ernando Ari menjadi kandidat kuat kiper inti Timnas Indonesia U-23. Kiper berusia 20 tahun itu sudah memiliki pengalaman dan bukan sosok asing bagi Shin Tae-yong.

Ernando Ari sudah berpengalaman tampil pada turnamen bergengsi. Selain itu, kiper Persebaya Surabaya itu juga punya naluri membaca arah bola yang baik.

Namun, Ernando Ari wajib menunjukkan performa gemilang saat dipercaya bermain. Bila tidak, maka posisinya akan terancam oleh Adi Satryo yang juga punya kualitas.

3 dari 6 halaman

Belakang

Untuk posisi lini belakang, Shin Tae-yong diyakini tak akan melakukan perjudian dengan memainkan wajah baru. Komposisi pemain di lini belakang masih akan dihuni pemain yang sudah berpengalaman.

Di posisi bek kanan ada Asnawi Mangkualam, sedangkan Firza Andika akan menghuni posisi bek sayap kiri. Keduanya sudah sama-sama berpengalaman bermain di SEA Games.

Adapun dua pemain di jantung pertahanan Timnas U-23 diyakini bakal dihuni oleh Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho. Duet keduanya bakal saling melengkapi karena sama-sama punya kemampuan mumpuni.

4 dari 6 halaman

Tengah

Komposisi lini tengah menjadi yang paling menarik karena punya peran krusial. Rachmat Irianto diprediksi masih akan menjadi pilihan di posisi gelandang bertahan.

Rachmat Irianto akan dibantu Marc Klok yang berperan menjadi gelandang serang. Kemudian Ricky Kambuaya akan diplot di posisi gelandang sayap kiri, sedangkan Witan Sulaeman sudah akan mengunci posisi gelandang sayap kanan.

Shin Tae-yong juga punya opsi lain di posisi lini tengah. Ada Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, hingga Saddil Ramdani yang secara kualitas juga bisa bersaing.

5 dari 6 halaman

Depan

Posisi lini depan diyakini akan menjadi tanggung jawab dari Muhamad Ridwan yang berduet dengan Irfan Jauhari. Selama pemusatan latihan di Korea Selatan keduanya sering mendapatkan kesempatan sebagai starter.

Ketajaman keduanya bakal menjadi kunci Timnas Indonesia U-23 dalam meraih gelar. Ajang ini jadi momentum pembuktian kedua pemain untuk bisa mencetak banyak gol.

Pelatih Shin Tae-yong juga bisa mengandalkan Ronaldo Kwateh sebagai penyerang. Pemain 18 tahun itu juga punya kemampuan yang baik sebagai pemecah kebuntuan.

6 dari 6 halaman

Prakiraan Skuad Inti

Timnas Indonesia U-23 (4-4-2): Ernando Ari (kiper), Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Firza Andika (belakang), Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman (tengah), Irfan Jauhari, Muhamad Ridwan (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer