Sukses


Meliput Markas Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 Vietnam: Mirip Jalur Mudik Jakarta - Cikampek, Taksi Online Rp1 Juta PP

Bola.com, Hanoi - Bola.com mendapat pengalaman baru ketika meliput SEA Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam.

Kami meliput markas Timnas Indonesia U-23 di Viet Tri Stadium, Provinsi Phu Tho, yang berada di barat laut Hanoi. Jaraknya sekitar 88 km dari pusat kota Hanoi. Kalau dibandingkan, kira-kira sama dengan jarak Jakarta ke Cikampek.

Transportasi dari Hanoi ke Phu Tho bikin pusing tujuh keliling. Pasalnya, panitia lokal belum menyediakan shuttle bus dari main press center ke venue latihan atau pertandingan, seperti yang dilakukan INASGOC di Asian Games 2018.

Bila dibandingkan dengan Asian Games di Jakarta, jarak dari media center ke venue, misalnya di Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Patriot Bekasi, masih lebih dekat. 

Di Vietnam, sekali jalan dari Hanoi menuju Phu Tho, biaya transportasi dapat menghabiskan 900 ribu Dong atau setara dengan Rp568 ribu menggunakan transportasi online. Jika dikalikan pulang-pergi, maka bisa mencapai Rp1 juta lebih.

Sebenarnya, ada opsi lain, bus dan kereta api, serta travel door to door. Tapi, kami cemas karena akan memakan waktu. 

Jika sudah berada di Phu Tho, transportasi menuju Lapangan Tam Nong pun masih harus merogoh kocek yang cukup dalam. Biaya yang perlu dikeluarkan sekitar 250 ribu dong (Rp160 ribu) dengan jarak 22 km dari Stadion Viet Tri.

Hmm. Ini baru hari kedua. Tapi, kami tetap semangat untuk mengawal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Menurut informasi dari KOI, panitia lokal akan menyediakan shuttle dari media center Hanoi ke venue, saat hari pertandingan. Tapi, kami memilih stay di Viet Tri agar memudahkan peliputan.

2 dari 5 halaman

Pengalaman Jurnalis Indonesia

SEA Games - Ilustrasi SEA Games Vietnam 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Komunikasi dengan pengemudi driver online pun terbatas. Sebab, sejumlah supir tidak fasih berbahasa Inggris. Bola.com terpaksa mengobrol dengan menggunakan fitur suara dari Google Translate dari bahasa Indonesia ke bahasa Vietnam.

"Situasi di Viet Tri cukup sepi. Transportasi juga susah. Seperti kawasan Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi saat malam hari," ujar jurnalis asal Indonesia, Vino Alvino yang telah enam hari berada di Viet Tri.

"Sebenarnya, kotanya nyaman. Meski warganya susah berbahasa Inggris, tapi mereka memperlakukan saya sebagai warga negara asing, apalagi peliput SEA Games 2021, dengan sangat layak," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Disambut Warga

Keberadaan Timnas Indonesia U-23 di Vietnam menarik perhatian warga lokal. Latihan tim berjuluk Garuda Muda itu bahkan sampai ditonton anak-anak kecil.

Selain itu, latihan Timnas Indonesia U-23 juga dijaga oleh puluhan kepolisian setempat yang mengelilingi lapangan.

Timnas Indonesia U-23 berlatih Lapangan Tam Nong, Distrik Tam Nong, Senin (9/5/2022) sore waktu setempat.

Lapangan Tam Nong adalah lapangan yang pernah viral karena ukurannya tidak sesuai lapangan sepak bola pada umumnya.

Lebar Lapangan Huyen Tam Nong terbilang kecil. Jarak dari kotak penalti ke garis keluar lapangan terlalu dekat seperti lapangan futsal.

Sejumlah anak-anak kecil menonton latihan Timnas Indonesia U-23 dari luar pagar lapangan. Sebab, latihan Garuda Muda tertutup untuk umum.

Beberapa anak kecil yang tengah bersepeda di sekitar stadion juga mampir sejenak untuk melihat aksi Ricky Kambuaya dkk. Anak-anak itu terpantau antusias.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

<p>SEA Games - Vietnam Vs Timnas Indonesia U-23 - 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Indonesia Vs Timor Leste

Selasa (10/5/2022)

Pukul: 19.00 WIB

Live: INews TV, MNCTV, TVRI

 

5 dari 5 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) 

Video Populer

Foto Populer