Sukses


3 Kunci Sukses Timnas Indonesia Bikin Timor Leste Babak Belur pada Ajang SEA Games 2021: Jangan Puas Dulu Ya Guys!

Bola.com, Phu Tho - Timnas Indonesia U-23 sukses memetik kemenangan atas Timor Leste. Mereka unggul dengan skor 4-1 dalam lanjutan Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022) malam.

Empat gol Timnas Indonesia U-23 disumbang oleh Egy Maulana Vikri (15’), Fachruddin Aryanto 58’), dan dua lainnya diborong oleh Witan Sulaeman (52’ dan 76’). Sedangkan Timor Leste sempat membalas lewat Mouzinho (69’).

Padahal, Timnas Indonesia U-23 sempat dihukum penalti di menit ketiga akibat pelanggaran yang dilakukan Marc Klok. Beruntung, eksekusi penalti Mouzinho berhasil ditepis oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Ini merupakan kemenangan pertama yang didapat oleh Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. Sebelumnya, skuat arahan Shin Tae-yong itu takluk 0-3 dari tuan rumah Vietnam, Jumat (6/5/2022).

Tambahan tiga poin tidak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23 di urutan keempat klasemen sementara SEA Games 2021. Skuat Garuda Muda masih tertinggal satu angka dari Filipina dan Vietnam.

Akan tetapi, Timnas Indonesia U-23 menjaga asa untuk lolos ke partai semifinal. Masih ada dua laga tersisa yang harus dilakoni dalam merampungkan Grup A, yakni menghadapi Filipina (13 Mei) dan Myanmar (15 Mei).

Kemenangan atas Timor Leste telah membangkitkan gairah dan semangat Fachruddin Aryanto dkk. untuk bisa menembus fase gugur. Apalagi, Timnas Indonesia U-23 mampu memetik kemenangan dengan skor mencolok.

Bola.com telah merangkum terdapat tiga faktor kuat kunci sukses Timnas Indonesia U-23 bisa menghajar Timor Leste dalam pertandingan ini. Simak ulasan berikut: 

 

 

2 dari 5 halaman

Pertahanan Solid

Di menit-menit awal, Timor Leste tampil menekan dan langsung tancap gas menyerang pertahanan Timnas Indonesia U-23. Hal ini sempat membuat barisan pertahanan Tim Merah Putih kerepotan sampai melahirkan penalti.

Apa yang dilakukan Ernando dengan penyelamatannya membuat lini belakang tampil lebih solid dan percaya diri. Mereka mampu mematahkan serangan lawan sebelum akhirnya melepas tembakan ancaman.

Sayangnya, Ernando tetap harus kebobolan satu gol. Situasinya terjadi saat Timnas Indonesia U-23 sudah unggul 3-0. Lini belakang kelabakan dengan serangan balik lawan dan gagal mengantisipasinya.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Aliran Bola Rapi

Timnas Indonesia U-23 benar-benar tampil mendominasi pertandingan ini. Namun, butuh waktu sampai 10 menit sejak sepak mula untuk menata permainan dan mulai membangun serangan.

Trio gelandang yang diisi oleh Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, dan Marc Klok mampu bekerja optimal. Kerja sama mereka melahirkan aliran bola yang baik untuk lini depan.

Variasi serangan juga cukup apik dengan menciptakan umpan pendek, umpan lambung, hingga umpan silang. Empat gol yang lahir juga jadi bukti bahwa aliran bola berjalan dengan baik hasil dari kerja sama yang rapi.

 

 

4 dari 5 halaman

Lini Depan Tajam

Irfan Jauhari sebenarnya didaulat sebagai striker dalam laga ini. Total, dia membukukan enam tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang. Namun, Irfan gagal mencatatkan namanya di papan skor.

Tanpanya, masih ada Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri yang aktif bergerak di sisi penyerang sayap. Dua pemain milik FK Senica ini mampu menjadi alternatif serangan yang mengejutkan buat Timor Leste.

Hasilnya, Witan dan Egy jadi bintangnya dengan gol-gol masing-masing. Dua winger ini mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang berkarier di Eropa dengan performa ciamik di laga ini.

5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer