Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia yang Berkiprah di Luar Negeri Saat Bersua Timor Leste pada Ajang SEA Games 2021: Belum Terlalu Menonjol

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 menekuk Timor Leste dengan skor 4-1 pada laga lanjutan Grup A cabang sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu To, Selasa (10/5/2022). Dua dari empat gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Witan Sulaiman.

Sedang gol lainnya, masing-masing dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Fachruddin Aryanto. Sementara gol tunggal Timor Leste lahir berkat aksi Mouzinho.

Pada laga ini, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memainkan empat pemainnya yang berkiprah di luar negeri. Selain duet FK Senica, Witan dan Egy yang bermain sebagai starter, Shin Tae-yong juga menurunkan Saddil Ramdani (Sabah FC) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners FC) sejak menit awal babak kedua.

Asnawi menggantikan Ilham Rio Fahmi. Sementara Saddil memainkan peran Egy yang ditarik keluar. Dihubungi Bola.com pascalaga, pengamat sepak bola asal Makassar, Tony Ho menilai keempat pemain abroad timnas U-23 tampil di bawah kemampuan terbaiknya.

"Tidak ada yang menonjol. Penampilan mereka pada laga tadi tak mencerminkan status mereka sebagai pemain yang sudah menimba pengalaman di klub luar negeri," tegas Tony yang sudah mengantongi lisensi pelatih PRO-AFC ini.

Padahal, dimata Tony, kualitas Timor Leste jauh di bawah Indonesia. Ia merujuk sejumlah peluang Indonesia yang seharusnya menjadi gol. Termasuk empat peluang emas yang gagal dikonversi menjadi gol oleh Egy di babak pertama.

"Saya melihat penampilan Timor Leste melorot tajam setelah Egy mencetak gol pertama Indonesia. Mereka memang sempat bangkit pada pengujung pertandingan. Itu pun karena tempo permainan Indonesia juga menurun," papar Tony.

Berikut rapor empat pemain abroad Indonesia kontra Timor Leste versi Tony Ho

 

2 dari 6 halaman

Egy Maulana Vikri (Nilai 5,5)

Egy memang mencetak gol pembuka Indonesia ke gawang Timor Leste. Ia memanfaatkan umpan sundulan stoper Rizki Ridho pada menit 16. Tapi, dimata Tony, gol itu terjadi karena organisasi lini belakang Timor Leste memang buruk.

Ia merujuk empat peluang emas Egy lainnya yang gagal berbuah gol.Jadi, wajar kalau pelatih timnas 23, Shin Tae-yong kurang puas dengan penampilan Egy.

Pelatih berpaspor Korea Selatan itu pun mengistirahatkan Egy dan menggantinya dengan Saddil Ramdani pada awal babak kedua.

 

 

3 dari 6 halaman

Witan Sulaiman (Nilai 6,5)

Witan mencetak dua gol dari empat peluang emas yang didapatnya pada laga tadi. Dua gol itu pula yang membuat Tony memberikan nilai yang lebih baik dari tiga pemain lainnya.

Namun, menurut Tony, secara umum penampilan Witan belum sebaik dibandingkan membela timnas senior di Piala AFF 2020. Terutama di babak pertama, Witan praktis tak berbuat banyak.

Sosok Witan agak sedikit menonjol lewat dua golnya di babak kedua. Gol pertama lahir setelah memanfaatkan bola lemparan kedalam lapangan Alfeandra Dewangga di menit 51. Ia pun mencetak brace setelah memanfaatkan umpan pendek Saddil Ramdani pada menit 77.

 

4 dari 6 halaman

Saddil Ramdani (Nilai 5,5)

Masuk sejak menit awal babak kedua menggantikan Egy Maulana, Saddil gagal memberi warna lain pada penampilan Timnas Indonesia U-23. Penyerang sayap Sabah FC ini pun telihat belum in dengan skema permainan yang diinginkan Shin Tae-yong.

Alhasil, ia terkesan kebingungan di lapangan. Saddil pun melakukan kesalahan passing yang membuat Timor Leste berhasil mendapatkan golnya lewat sontekan Mouzinho.

Beruntung, Saddil mampu membayar kesalahannya itu dengan melepaskan umpan pendek ke Witan Sulaiman yang menjadi gol keempat timnas U-23 ke gawang Timor Leste pada laga tadi.

 

 

5 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam (Nilai 5)

Asnawi yang baru bergabung di tim usai laga kontra Vietnam tampil dibawah kemampuan terbaiknya sebagai bek sayap. Asnawi yang masuk di awal babak kedua menggantikan Rio Fahmi hanya sesekali menyisir dari sisi sayap untuk membantu serangan.

Cedera yang dialaminya saat membela Ansan Greeners FC di Liga 2 Korea Selatan pekan lalu membuat bek asal Makassar terkesan hati-hati.

Meski begitu, sesekali Asnawi menujukkan kemampuannya dalam melepaskan umpan silang serta melakukan tekel bersih untuk meredam aksi penyerang Timor Leste.

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com di Vietnam

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer