Sukses


SEA Games 2021: Suka Duka Fans Timnas Indonesia U-23 yang Sudah 2 Tahun di Vietnam, Rindu Adzan dan Makanan Pedas

Bola.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 tidak akan pernah sendiri. Ungkapan itu cocok untuk mendeskripsikan perjuangan tim berjuluk Garuda Muda itu selama berjuang di SEA Games 2021.

Ada pencinta Timnas Indonesia U-23 yang selalu hadir di stadion kala Marc Klok dkk. bertanding. Namanya Bastian Prayogo Manik, Warga Negara Indonesia (WNI) kelahiran Yogyakarta.

Bastian menetap di Hanoi, Vietnam. Dia tidak pernah absen menonton dalam dua partai babak penyisihan Timnas Indonesia U-23 di Grup A.

Bastian datang ketika Timnas Indonesia U-23 kalah 0-3 dari Vietnam pada 6 Mei 2022. Saat Garuda Menang 4-1 atas Timor Leste empat hari berselang, pria berusia 25 tahun itu juga tidak absen.

Selama berlaga di fase grup SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 berkandang di Viet Tri Stadium, Viet Tri, Phu Tho.

Jarak dari Hanoi, Ibu Kota Vietnam ke Viet Tri cukup jauh, mencapai 80 km lebih. Bastian rela menghabiskan waktu yang panjang demi memuaskan hasrat menyemangati Timnas Indonesia U-23.

 

2 dari 6 halaman

Berbeda dengan Indonesia

Bastian sudah menetap di Hanoi sekitar dua tahun. Dia bekerja di perusahaan agri-food besar asal Indonesia, namun memiliki beberapa cabang di berbagai negara Asia, termasuk Vietnam.

"Jangan samakan kota di sini dengan kota di Indonesia," kata Bastian Prayogo Manik, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Hanoi, Vietnam kepada Bola.com.

Viet Tri memang terlihat sepi. Jangankan macet, kepadatan di jalanan pun jarang ditemui. Di berbagai kesempatan, bahkan tak satupun kendaraan yang lewat.

"Tidak sepi, cuma memang mereka sedang beraktivitas. Misalnya saat jam makan siang, yang jamnya teratur," jelas Bastian.

Lantas, bagaimana Bastian menggambarkan situasi di Hanoi dan Viet Tri?

 

3 dari 6 halaman

Mudah Berbaur karena Secara Kultur Mirip

"Orang sini suka karaoke-an. Soal transportasi, di Viet Tri tidak ada taksi online. Hanya taksi offline atau konvensional," ungkapnya.

Dua tahun menetap di Vietnam membuat Bastian cukup fasih berbahasa Vietnam. Dia mengaku mendapatkan kursus dari perusahaannya. Dia juga belajar bahasa Vietnam secara mandiri.

"Orang-orang di sini baik. Secara kultur, juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia," papar Bastian.

"Masyarakat di sini juga tidak doyan pedas. Karena saya orang Jawa, kan saya suka makan pedas. Kadang orang di sini suka heran dengan saya."

"Mereka juga sangat welcome, tapi juga blak-blakan. Dalam artian suka berterus terang. Makanya saya cepat berbaur di sini," jelas pria kelahiran 8 Juni itu.

 

4 dari 6 halaman

Rindu Adzan

Namun, tinggal di negeri orang tetap tidak seenak di negeri sendiri. Bastian mengaku, jarang mendengarkan suara adzan di Vietnam karena islam menjadi agama minoritas di sini.

Selain itu, Bastian juga kurang menyukai perilaku pengendara di Hanoi yang terbilang suka-suka.

"Saya rindu suara adzan. Masyarakat ini terkadang ngawur bawa kendaraannya," terang Bastian.

Bastian benar-benar pencinta sepak bola. Dia mendeklarasikan diri sebagai pendukung PSS Sleman. Namun, jika kembali ke Indonesia, ia pulang ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Biaya hidup di sini kurang lebih sama seperti di Indonesia. Saya mendukung PSS dan Timnas Indonesia. Saya pulang ke Tanah Air empat kali dalam setahun," ujar pria yang segera melepaskan masa lajangnya itu.

Bastian menilai penyelenggaraan SEA Games 2021 sudah cukup baik meski masih jauh dari kata sempurna. "Masih banyak yang bocor seperti pengaturan kursi. Namun, antusiasmenya lumayan," kata Bastian memungkasi.

5 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Jumat, 6 Mei 2022

Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

  • Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

  • Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

16.00 WIB: Filipina vs Timnas Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar

6 dari 6 halaman

Simak Liputan-Liputan Menarik SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer