Sukses


Hasil SEA Games 2021: Bungkam Myanmar, Timnas Indonesia Pastikan Lolos ke Semifinal

Bola.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 berhasil menang 3-1 atas Myanmar di dalam laga terakhir Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5/2022) sore. Skuat Garuda telah memastikan diri menembus semifinal.

Tiga gol Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Egy Maulana Vikri (6’), Witan Sulaeman (10’), dan Marselino Ferdinan (42+2’). Sedangkan satu gol balasan Myanmar lahir dari kaki kiri Win Naing Tun (66’).

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia sudah pasti lolos ke semifinal karena mengoleksi sembilan angka dari empat laga. Namun, status juara atau runner-up Grup A masih menunggu hasil Vietnam kontra Timor Leste.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan sedikit perubahan susunan pemain untuk laga melawan Myanmar di SEA Games 2021. Arsitek asal Korea Selatan itu masih mengandalkan skema 4-3-3 di Timnas Indonesia U-23.

Perubahan susunan pemain terjadi hanya pada lini tengah dengan memainkan Marselino Ferdinan sebagai starter. Sementara itu, di posisi penjaga gawang kepercayaan masih diberikan pada Ernando Ari. Adapun posisi lini sayap masih dihuni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Perubahan juga terjadi di posisi penyerang. Irfan Jauhari kembali dipercaya menjadi starter setelah pada pertandingan sebelumnya posisi tersebut dihuni Muhammad Ridwan.

2 dari 5 halaman

Jalannya Babak 1

Timnas Indonesia U-23 langsung tancap gas melakukan serangan demi mencetak gol dulu. Baru menit keempat, winger Egy Maulana Vikri mendapat peluang pertama yang sayangnya belum tepat sasaran.

Dua menit berselang, Egy membawa Timnas Indonesia U-23 unggul. Mulanya, Irfan Jauhari melepas tembakan yang diblok. Bola rebound disambar oleh Egy yang mengenai kaki bek lawan, namun bola tetap masuk ke gawang.

Timnas Indonesia U-23 menggandakan keunggulan di menit ke-10, kali ini lewat winger Witan Sulaeman. Ini berkat kecerdikan Ricky Kambuaya di kotak penalti yang mengirim umpan backheel dan mampu dikonversi jadi gol oleh Witan.

Para pemain Myanmar sempat bersorak karena berhasil mencetak gol di menit ke-29. Itu berkat umpan tarik Maung Maung Lwin kepada Win Naing Tun. Tetapi, Maung Maung Lwin rupanya berada dalam posisi offside ketika menerima umpan terobosan.

Di 15 menit terakhir, Timnas Indonesia U-23 tampak mulai mengendurkan serangan. Garis pertahanan juga semakin mundur sehingga membuat pemain Myanmar lebih leluasa melakukan serangan.

Hasilnya, ada dua tembakan berbahaya yang dilepaskan oleh Maung Maung Lwin dan Myat Kaung Khant mengarah ke gawang Tim Merah Putih. Beruntung, penampilan menawan Ernando masih bisa mengamankan dua ancaman itu.

Timnas Indonesia U-23 malah mencetak gol ketiganya di injury time. Kali ini, Marselino Ferdinan mencatatkan namanya di papan skor berkat bola muntah dari situasi sepak pojok. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-0.

3 dari 5 halaman

Babak II

Myanmar tampil sangat agresif di babak kedua. Maklum saja, mereka sudah tertinggal tiga gol yang lahir di paruh pertama. Apalagi, skuat arahan Velizar Popov ini wajib memetik kemenangan demi menembus ke semifinal.

Di menit ke-47, Myanmar melepas ancaman pertama lewat Yan Kyaw Soe. Beruntung bagi Timnas Indonesia U-23, Ernando masih sigap mengamankannya.

Timnas Indonesia U-23 sendiri terlihat memilih bermain bertahan dengan mengamankan tiga angka. Hampir semua pemain berada di area sendiri dan membiarkan Myanmar menguasai permainan dan tampil menekan.

Baru pada menit ke-59, Egy Maulana Vikri kembali melepas tembakan ke gawang Myanmar usai menerima umpan dari Marselino. Kiper Pyae Phyo Thu tidak mudah ditaklukkan karena sudah bisa mengantisipasinya.

Berikutnya yang terjadi pertandingan menjadi milik Myanmar. Lwin Moe Aung membukukan sepakan tepat sasaran di menit ke-62 yang masih bisa digagalkan Ernando. Sepakan Aung Kaung Khant di menit ke-63 juga berhasil dimentahkan.

Ancaman kembali datang dari Lwin Moe Aung yang bahkan melepas dua tembakan di menit ke-65. Untungnya, dua sepakannya tidak mengarah ke gawang Timnas Indonesia U-23.

Myanmar akhirnya berhasil mencetak gol balasan di menit ke-66. Win Naing Tun yang merupakan penyerang andalan sempat melewati Alfeandra Dewangga hingga terjatuh. Dengan kaki kirinya, Win melepas tembakan keras  yang gagal dibendung Ernando.

Satu gol balasan masih belum cukup buat Myanmar. Mereka masih terus mengurung pertahanan Timnas Indonesia U-23. Memasuki menit ke-72, giliran Maung Maung Lwin yang mencoba memberi ancaman tapi tidak tepat sasaran.

Anak asuh Shin Tae-yong tidak tinggal diam mendapat serangan bertubi dari lawan. Irfan Jauhari mendapat kesempatan lagi dengan memanfaatkan umpan dari Asnawi Mangkualam di menit ke-77. Sayang, sepakannya juga melenceng.

Ronaldo Kwateh sempat merepotkan pertahanan Myanmar di menit-menit akhir, tepatnya menit ke-89. Dia memanfaatkan bola muntah dan langsung menyambarnya, tapi masih bisa ditepis kiper lawan.

Wasit Mohammad Arafah meniup peluit panjang dengan skor akhir 3-1 untuk Timnas Indonesia U-23. Hasil ini membuat Fachruddin Aryanto dkk. menembus semifinal, sementara Myanmar terhenti di fase grup saja.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga (belakang); Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan (tengah); Witan Sulaeman, Irfan Jauhari, Egy Maulana Vikri (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Myanmar U-23 (4-5-2): Pyae Phyo Thu (kiper); Hein Zayar Lin, Soe Moe Kyaw, Thet Hein Soe (belakang); Ye Lin Htet, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Zaw Win Thein, Aung Wunna Soe (tengah); Htet Phyo Wai, Win Naing Tun (depan).

Pelatih: Velizar Popov (Bulgaria).

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer