Sukses


3 Momen Menarik dalam Kemenangan Indonesia U-23 atas Myanmar U-23 di SEA Games 2021: Double Saves Ernando!

Bola.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal SEA Games 2021. Kemenangan 3-1 atas Myanmar U-23, Minggu (15/5/2022) jadi penyebabnya.

Indonesia U-23 mengumpulkan sembilan poin dari empat laga di fase grup. Garuda Muda unggul tiga poin dari Myanmar U-23 yang harus puas duduk di posisi ketiga klasemen akhir.

Namun, Timnas Indonesia masih harus menunggu hasil laga lain. Yakni laga antara Vietnam U-23 kontra Timor Leste U-23 yang baru akan berlangsung malam ini.

Jika Vietnam U-23 kalah dari Timor Leste U-23, Timnas Indonesia U-23 akan melaju ke semifinal dengan status juara grup. Jika Vietnam menang atau imbang saja, Indonesia harus puas sebagai runner-up Grup A.

Bola.com mencatat setidaknya ada tiga momen menarik yang terjadi di sepanjang laga antara Timnas Indonesia U-23 kontra Myanmar U-23. Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

3 Gol di Babak Pertama

Timnas Indonesia U-23 tampil sangat dominan di babak pertama. Ada tiga gol yang bisa diciptakan oleh tim asuhan Shin Tae-yong pada babak pertama laga ini.

Gol pertama dicetak oleh Egy Maulana Vikri sudah bisa mencetak gol di menit keenam. Egy berhasil masuk ke papan skor setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Myanmar U-23.

Gol kedua Garuda Muda terjadi pada menit ke-10, alias hanya berselang empat menit saja dari gol pertama. Kali ini Witan Sulaeman yang gantian membobol gawang Myanmar U-23.

Witan memanfaatkan dengan baik umpan yang diberikan Ricky Kambuaya. Bola hasil tembakan Witan menusuk pojok kiri bawah gawang Myanmar U-23.

Marselino Ferdinan mencetak gol ketiga Indonesia U-23 di babak pertama. Gol Marselino dicetak lewat tendangan voli pada menit akhir babak pertama.

3 dari 6 halaman

Double Saves Ernando

Myanmar U-23 bukannya tampil buruk di laga ini. Tim asuhan Velizar Popov cukup banyak menghasilkan peluang berbahaya.

Namun, peluang itu kerap dimentahkan oleh kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi. Kiper milik Persebaya Surabaya itu memang tampil impresif di laga ini.

Salah satu penampilan terbaik Ernando terjadi di menit ke-39. Ia melakukan dua saves alias penyelamatan dalam kurun waktu singkat.

Ernando menepis tendangan keras dari Maung Maung Lwin. Beberapa saat kemudian, kiper bernomor punggung 20 itu kembali melakukan hal serupa terhadap tendangan keras dari Myat Kaung Khant.

4 dari 6 halaman

Belum Ada Gol untuk Jauhari dan Ronaldo

Pada laga ini, Shin Tae-yong kembali memasang Irfan Jauhari sejak awal laga. Penyerang Persis Solo itu diharapkan bisa memecahkan kebuntuan golnya di SEA Games 2021.

Namun, hingga digantikan oleh Ronaldo Kwateh di menit ke-75, Jauhari masih belum bisa mencetak gol.Meski demikian, peran Irfan Jauhari tidak boleh diremehkan perannya. Ia bekerja sangat keras dan mau menjemput bola hingga lini tengah.

Gol pertama Indonesia U-23 di laga ini juga tak lepas dari perannya. Ia menciptakan kemelut yang memudahkan Egy Maulana Vikri mencetak gol.

Ronaldo Kwateh yang masuk menggantikan Irfan Jauhari juga masih belum mencetak gol di SEA Games 2021. Meski pemain berusia 17 tahun itu juga beberapa kali melakukan pergerakan yang merepotkan lini belakang Myanmar.

5 dari 6 halaman

Jadwal Semifinal

Kamis (19/5/2022)

Viet Tri, Phu Tho

6 dari 6 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer