Sukses


Belum Ada Tanda-Tanda Bergabung, Ini Jawaban Pelatih Kiper Arema Musim Lalu

Bola.com, Malang - Komposisi tim pelatih Arema FC hampir lengkap. Pelatih kepala, Eduardo Almeida dan pelatih fisik, Joao Paulo Moreira sudah memimpin latihan sejak Kamis (19/5/2022).

Jadi, tinggal pelatih kiper Felipe Americo yang belum muncul. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda dia merapat dalam waktu dekat.

“Ada banyak suporter, Aremania yang tanya kapan saya kembali ke Arema. Sekarang, saya masih mengikuti kursus kepelatihan Lisensi A di Brasil (CBF) sampai 23 Mei. Setelah itu, harpaan saya bisa kembali bekerja untuk Arema,” kata Felipe.

Musim lalu, mantan pelatih kiper Barito Putera ini memang terkendala lisensi kepelatihan, karena itu Arema menambah pelatih kiper agar memenuhi persyaratan lisensi dari PSSI, yakni Jarot Supriyadi.

Sekarang, Jarot masih berada di Arema FC. Dia yang melatih para kiper tim Singo Edan sejak persiapan awal bulan ini.

2 dari 5 halaman

Komposisi Pelatih Gemuk

Jadi, ada dua kemungkinan terkait nasib Felipe di Arema. Pertama, dia diperpanjang dan komposisi pelatih kiper seperti musim lalu. Jarot sebagai pelatih utama, sedangkan Felipe asistennya.

Opsi kedua, Felipe tak diperpanjang karena komposisi tim pelatih sudah ada 7 orang. Makin gemuk jika Felipe diperpanjang.

Tapi, manajemen Arema sampai saat ini belum bisa mengambil keputusan karena para staf kepelatihan nasibnya masih menunggu regulasi dari PSSI.

“Seperti kami sampaikan, menunggu regulasi terkait lisensi kepelatihannya,” jawab Media Officer Arema, Sudarmaji.

3 dari 5 halaman

Pelajaran Musim Lalu

Arema tak ingin mengulangi persoalan Felipe musim lalu. Sudah telanjur dikontrak, namun lisensi kepelatihannya tidak memenuhi syara sehingga manajemen harus menambah pelatih kiper baru. Itu jadi sebuah pemborosan.

4 dari 5 halaman

Utamakan Pelatih Fisik

Jika melihat dari komposisi pelatih Arema saat ini, sosok pelatih fisik yang kini lebih diutamakan. Musim lalu, Arema dinilai kurang dalam menjaga stamina pemain. Beberapa kali performa Singo Edan menurun di babak kedua.

Jadi, peran Paulo yang bakal ditunggu hasilnya. Saat pra musim, pria asal Portugal tersebut bakal dapat porsi lebih banyak untuk membentuk fisik Ahmad Alfarizi dkk.

Kabarnya, Paulo juga lebih dulu dapat kontrak dari manajemen daripada staf pelatih lain. Wajar, karena dia harus dapat kepastian lebih dulu sebelum berangkat ke Indonesia bersama pelatih kepala Eduardo Almeida.

5 dari 5 halaman

Jejak Arema Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer