Sukses


Persebaya Ditekuk Persis Lewat 2 Gol Samsul Arif, Aji Santoso: Pertandingan Menghibur dan Bersejarah!

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menelan kekalahan melawan tim promosi Persis Solo. Laga uji coba bertajuk Surabaya 729 Game itu berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (22/5/2022).

Bajul Ijo sebenarnya mampu unggul dulu lewat gol yang dicetak oleh pemain baru Januar Eka Ramadan di menit ke-65. Namun, Persis Solo berhasil membalikkan keadaan berkat brace yang dicetak oleh Samsul Arif (71’ dan 82’).

Hasil ini belum menunjukkan hasil latihan Persebaya selama dua pekan terakhir. Namun, pelatih Persebaya, Aji Santoso, menilai ini merupakan hal yang wajar mengingat para pemainnya perlu beradaptasi dengan permainan dan atmosfer kehadiran penonton.

“Pertandingan yang menurut saya cukup bagus dan menghibur. Meskipun kami kalah, saya sangat mengapresiasi pemain-pemain muda dan baru yang belum pernah ditonton puluhan ribu suporter, tampil begitu bagus,” kata Aji Santoso.

“Saya kira normal ini tadi. Kami tampil bagus sebetulnya, terutama di babak kedua. Persis Solo juga memberikan perlawanan yang cukup ketat. Kami sudah sampaikan pemain muda perlu jam terbang dan mental ditonton sebegitu banyak,” imbuhnya.

2 dari 6 halaman

Pemain Muda

Aji Santoso memang menurunkan mayoritas pemain muda dan baru direkrut. Sebanyak tujuh pemain lama masuk starting eleven Persebaya Surabaya. Mereka adalah Andhika Ramadhani, Koko Ari Araya, Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Dicky Kurniawan, Supriadi, dan Ruy Arianto.

Sedangkan empat lainnya merupakan nama-nama yang baru direkrut, yakni Leo Lelis, Mochammad Zaenuri, Alta Ballah dan Januar Eka. Sejumlah pemain anyar lain baru dimasukkan pada paruh kedua.

“Untuk babak kedua dengan masuknya Brylian, Rizky, dan Saiful, cara bermainnya berbeda. Kami lebih menguasai dan lairan bolanya lebih cepat. Hanya saja kami tidak menang. Saya sangat yakin tim ini kalau sudah lengkap dan persiapan yang cukup, sangat prospek,” tutur Aji.

3 dari 6 halaman

Momen Penting bersama Penonton

Terlepas dari itu, pertandingan ini menandai momen penting dalam sepak bola nasional. Duel ini tercatat sebagai pertandingan sepak bola pertama di Indonesia yang bisa disaksikan dalam jumlah besar.

Suasana hangat menghiasi tribune penonton sebelum pertandingan antara Persebaya Surabaya kontra Persis Solo. Acara ini dimulai dengan sambutan yang diberikan oleh wali kota dari dua pihak, yakni Solo dan Surabaya. 

Atmosfer stadion terasa berbeda dengan wajah baru Stadion GBT ditambah dengan kehadiran penonton. Para pemain pun juga wajib menyesuaikan diri dengan hiruk pikuk keberadaan Bonek dalam mendukung Persebaya.

 

4 dari 6 halaman

Masyarakat Antusias

Tak hanya Bonek, masyarakat Surabaya sangat menyambut antusias pertandingan ini. Maklum saja, sudah dua tahun lebih pertandingan sepak bola Indonesia tidak boleh dihadiri penonton akibat pandemi COVID-19. Pada pedagang stadion pun turut terdampak.

Keberadaan penonton juga akan menghadirkan lagi pedagang di stadion yang membangkitkan perekonomian Surabaya. Panpel menyediakan sebanyak 33 ribu lembar tiket yang sudah ludes terjual.

5 dari 6 halaman

Tiket Mahal, Laris Manis!

Padahal, tiket pertandingan ini dijual dengan harga yang tidak murah. Tiket Fans atau ekonomi dijual sebesar Rp75 ribu, sedangkan tiket Superfans atau VVIP dibanderol Rp350rb. Semua penjualan tiket dilakukan secara online.

Vaksinasi dosis ketiga atau booster juga merupakan syarat penting agar mereka bisa mendapatkan tiket pertandingan. Sebelumnya, suporter Bonek juga antusias mengikuti program vaksinasi oleh Pemkot Surabaya demi kembali menyaksikan tim kebanggaannya bertanding.

6 dari 6 halaman

Jejak Persebaya Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer