Sukses


Para Bintang yang Hijrah dari Jawa Timur dan Bali: Bisa Ciptakan Tim Kuat di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer BRI Liga 1 terus berlangsung. Klub-klub kontestan liga kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu terus melakukan perburuan pemain.

Selain itu, mereka juga melepas pemain yang memperkuat tim mereka musim lalu. Tentu dengan alasan yang berbeda-beda.

Dengan pertimbangan khusus, beberapa klub seperti Persija Jakarta turut melepas pemain yang telah lama bermain untuk mereka. Novri Setiawan dan Ramdani Lestaluhu contohnya.

Itulah dinamika bursa transfer dalam sepak bola, tak terkecuali di BRI Liga 1. Pemain datang dan pergi, meninggalkan dan menuju klub menjadi sesuatu yang menarik untuk dinanti.

 

2 dari 5 halaman

Fenomena Unik

Ada fenomena menarik yang terjadi di bursa transfer kali ini. Banyak pemain-pemain yang memperkuat klub dari Bali dan Jawa Timur yang justru hengkang ke klub daerah lain.

Kebanyakan dari mereka bahkan menyandang nama besar. Sebut saja Stefano Lilipaly yang meninggalkan Bali United untuk bergabung dengan Borneo FC.

Lalu ada pula duo bintang lokal Persebaya, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Keduanya meninggalkan Persebaya Surabaya untuk bergabung dengan Persib Bandung.

 

3 dari 5 halaman

Beberapa Masih Tanpa Klub

Sebagian besar pemain yang hengkang dari Jawa Timur dan Bali itu sudah menemukan tambatan hati baru. Sudah ada klub yang menampung mereka.

Namun, ada pula beberapa pemain yang masih belum memiliki klub. Sebut saja eks penyerang andalan Persik Kediri, Youssef Ezzejjari.

Penyerang asal Spanyol itu terus dikaitkan dengan Bhayangkara FC. Namun, sampai saat ini kepindahannya ke The Guardian belum juga diumumkan.

Kondisi serupa dialami Jaime Xavier. Setelah dilepas Madura United, bek tengah asal Brasil itu masih belum menemukan klub baru.

Bola.com, mencoba untuk menyusun para pemain yang hengkang dari Bali dan Jawa Timur itu menjadi sebuat tim. Ternyata, mereka bisa menjadi sebuah tim yang kuat seperti di bawah ini.

 

4 dari 5 halaman

Formasi 4-3-3

  • Kiper: Wawan Hendrawan
  • Belakang: Gavin Kwan Adsit, Jaime Xavier, Alie Sesay, Ibrahim Sanjaya
  • Tengah: Stefano Lilipaly, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya
  • Depan: Taisei Marukawa, Carlos Fortes, Youssef Ezzejjari
5 dari 5 halaman

Posisi Akhir BRI Liga 1 Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer