Sukses


Mengupas Formasi Ideal Persik di Liga 1: Lebih Solid, Ancaman Baru Tim-tim Elite

Bola.com, Kediri - Persik Kediri melakukan perombakan tim cukup mencolok pada Liga 1 2022/2023. Hampir sepertiga warisan kekuatan musim lalu dibongkar.

Bahkan mereka berani mengakhiri kontrak dengan dua legiuner asing, Dionatan Machado (Brasil) dan Youssef Ezzejjari (Spanyol) yang musim lalu tampil sangat impresif. Mereka juga jadi ruh permainan yang akhirnya membantu Persik finish di urutan kesebelas klasemen akhir.

Penggawa lokal macam Antoni Putro Nugroho, Hariyanto Panto, Fahmi Al-Ayyubi, ikon lokal Septian Satria Bagaskara juga dilepas.

Musim ini, pelatih Javier Roca lebih leluasa mendatangkan pemain baru sesuai kebutuhan yang diinginkan.

"Kali ini saya punya otoritas penuh mencari pemain. Tentu saja, saya menginginkan pemain yang sesuai game plan yang saya pakai nantinya," katanya.

Bola.com coba mengupas prakiraan komposisi pemai Persik Kediri yang bakal jadi ancaman tim-tim mapan musim depan.

2 dari 7 halaman

Kiper

Tak tanggung-tanggung. Persik langsung mencoret tiga kiper lama yakni Fajar Setya Jaya, Dian Agus Prasetyo, dan Misbakhul Akmal.

Sebagai gantinya, Persik hanya mengontrak Kurniawan Kartika Ajie. Kiper ini musim lalu terdaftar di skuat Arema FC. Namun, Kartika Ajie jadi komoditi pinjaman di RANS Cilegon FC dan Barito Putera.

Namun Persik percaya dengan kualitas Kartika Ajie. Meski berstatus pinjaman, dia sukses mengantar klub milik artis kondang Raffi Ahmad promosi ke Liga 1 2022. Dia juga membantu Barito Putera lolos dari jurang degradasi Liga 1 2021/2022.

Kartika Ajie harus bersaing dengan Dikri Yusron dan Muhammad Adi Satryo untuk berdiri di bawah mistar Persik. Bagi Javier Roca trio kiper ini sangat mumpuni dan yakin bisa mengawal gawang musim depan.

3 dari 7 halaman

Belakang

Di sektor pertahanan, Javier Roca mendatangkan M. Rifaldi, Jimmy Aronggear, dan Fandry Imbiri (Madura United). Rifaldi, eks Persiraja dan Jimmy akan diplot sebagai bek kanan untuk bersaing dengan Agil Munawar. Persik butuh dua bek muda ini karena saat ini Vava Mario Yagalo dalam proses pemulihan pascaoperasi lutut.

Sedangkan Fandry Imbiri menggantikan rekan sesama Papua, Andri Ibo, sebagai bek tengah untuk mendampingi Arthur Felix Silva.

Di bek kiri, Javier Roca masih percaya dengan trio Samsul Arifin, Yusuf Meilana, dan Dany Saputra. Namun kemungkinan besar Dany Saputra tak bisa langsung tampil sejak awal musim. Dia juga baru menjalani operasi lutut.

4 dari 7 halaman

Tengah

Wow...! Luar biasa. Kekuatan lini tengah Persik musim depan sangat mengerikan. Juara Indonesia dua kali ini mengontrak sekaligus dua pemain asing mantan Pemain Terbaik Liga 1 edisi 2018 dan 2019 yakni Rohit Chand (Persija) dan Renan Silva (Madura United).

Persik juga menghadirkan gelandang lokal pilih tanding seperti Arsyad Yusgiantoro (PSS), Riyatno Abiyoso Rahel Radiansyah (Persela), dan Feri Pahabol (Persipura).

5 dari 7 halaman

Depan

Setelah melepas local hero, Septian Satria Bagaskara ke RANS Cilegon FC, Persik mengontrak dua striker muda eks Timnas Indonesia U-19 yaitu Rendy Juliansyah dan Sutan Zico.

Untuk bomber asing, Persik menerbangkan Joanderson de Jesus Assis. Eks penyerang Sao Paulo Brasil ini diharapkan mampu tampil garang seperti ditunjukkan Youssef Ezzejjari musim lalu dengan koleksi 19 golnya.

Persik juga masih memiliki striker lokal, Muhammad Ridwan, yang baru saja membela Timnas Indonesia di ajang SEAG Vietnam. Dua penyerang muda eks Timnas Indonesia U-19, Rendy Juliansyah dan Sutan Zico pun berambisi menembus starting XI musim depan. (Gatot Sus

6 dari 7 halaman

Prakiraan Formasi

Persik (4-2-3-1)

Kiper: Dikri Yusron

Belakang: Agil Munawar, Arthur Felix Silva, Fandry Imbiri, Yusuf Meilana.

Tengah: Arthur Irawan, Rohit Chand, Renan Silva, Feri Pahabol, Riyatno Abiyoso.

Depan: Joanderson de Jesus Assis.

7 dari 7 halaman

Jejak Persik Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer