Sukses


Tak Pernah Digelar Sore Hari, Ini 2 Hal Positif dari Latihan Pagi Arema FC

Bola.com, Malang - Arema FC sudah tiga pekan menggelar latihan persiapan Liga 1 2022/2023. Selama ini, satu hal yang konsisten dilakukan. Tim berjulukan Singo Edan itu selalu menggelar latihan di lapangan pada pagi hari, sementara sore hari hanya program tambahan di pusat kebugaran.

Menurut dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi, ada dua hal positif yang bisa diambil dari pola latihan Arema FC yang menekankan sesi latihan pagi.

"Ada sisi positifnya kalau latihan pagi terus seperti ini. Pertama, pemain tidak akan begadang. Mereka harus bangun pagi untuk latihan. Kedua, untuk fisik. Cuacanya akan lebih panas kalau pagi," ujar dokter tim Arema FC itu.

 

2 dari 5 halaman

Demi Fisik yang Lebih Baik

Banyak pemain sepak bola di Indonesia memiliki kebiasaan istirahat yang kurang bagus. Tak terkecuali di Arema FC yang juga pasti ada pemain yang tidur larut malam.

Demi membuat para pemain tetap fit ketika menggelar latihan pagi, mereka harus beristirahat lebih cepat dari kebiasaan mereka.

Sementara untuk cuaca yang lebih panas, ini bisa membuat fisik para pemain tetap terlatih. Ketika memasuki pertengahan latihan, biasanya terik matahari lebih terasa.

Tentu berbeda dengan latihan sore. Cuaca di Malang akan terasa lebih dingin atau bahkan masih sering hujan saat itu.

 

3 dari 5 halaman

Tak Ada yang Mengeluh

Mengenai waktu latihan, pemain Arema FC sampai saat ini tidak mengeluh. Mereka sudah memahami kewajiban mereka.

Kebetulan latihan digelar di tempat yang tidak jauh dari mess pemain, seperti lapangan Universitas Brawijaya dan Stadion Gajayana. Dua tempat itu ada di pusat Kota Malang.

Selama ditangani oleh pelatih Eduardo Almeida, sangat jarang Arema FC berlatih sore hari. Bahkan ketika kompetisi berjalan, dia lebih sering menggelar latihan pagi.

Bagi pemain yang sudah bergabung sejak musim lalu, itu sudah menjadi kebiasaan. Sementara para pemain baru harus mulai membiasakan diri.

4 dari 5 halaman

Jadwal Padat

Ujicoba selanjutnya, Arema FC akan menghadapi tim dari Sidoarjo, Deltras awal pekan depan di Stadion Kanjuruhan. Setelah itu, mereka menjalani away ke kandang PSIS Semarang, 4 Juni 2022.

Hanya beberapa hari berselang, Rans Cilegon yang akan dihadapi di Stadion Kanjuruhan, 7 Juni. Bisa dibilang jadwal ujicoba Arema saat ini sangat padat.

Padahal ada beberapa pemain yang tumbang karena cedera. Seperti Hanis Saghara, Evan Dimas, Kushedya Hari Yudo. Sedangkan dua pemain lain, Rizky Dwi dan M. Rafli memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Posisi Akhir Arema FC di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer