Sukses


Jelang Piala Presiden 2022: Bernardo Tavares Sebut Kemampuan PSM Meningkat

Bola.com, Pare Pare - PSM Makassar melakoni laga perdananya di depan belasan ribu pendukungnya dengan mengalahkan klub Liga 2, Sulut United 1-0 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare Pare, Senin (6/6/2022) malam WITA.

Pada laga ujicoba itu, pelatih PSM, Bernardo Tavares memainkan mayoritas pemain pelapis pada formasi starternya. Baru pada pengujung babak kedua, ia memasukkan pemain intinya.

Termasuk tiga pemain asing mereka yakni Wiljan Pluim (Belanda), Yuran Fernandes (Portugal) dan Everton Nascimento (Brasil). Sedang satu pemain lainnya, Kenzo Nambu (Jepang) tak dimainkan karena baru tiba di Makassar, Senin (6/6/2022).

"Saya sengaja memberikan kesempatan kepada pemain yang kurang mendapatkan menit bermain pada ujicoba sebelumnya. Termasuk pemain Akademi PSM Makassar," ujar Bernardo pada awak media Makassar usai pertandingan.

2 dari 5 halaman

Gambaran Materi

Menurut Bernardo Tavares, dari laga tadi, ia mendapatkan gambaran materi pemain PSM Makassar yang disiapkan menghadapi Piala Presiden, Piala AFC dan BRI Liga 1 2022/2023.

Sementara yang tak masuk dalam skemanya akan dilepas ke klub lain dengan status pinjaman agar mendapatkan menit bermain.

Bernardo Tavares kembali menyatakan kepuasannya melihat performa tim asuhannya mulai meningkat.

"Saya tegaskan, apa yang mereka perlihatkan pada laga tadi, jauh lebih baik dibandingkan saat pertama kali saya menangani tim ini," tutur Bernardo Tavares.

3 dari 5 halaman

Tak Ingin Menjual Mimpi

Ia mengakui tak mudah membangun tim seperti PSM yang musim lalu nyaris degradasi serta ditinggal pergi sejumlah pemain starternya. Apalagi, pemain yang didatangkan manajemen PSM mayoritas berasal dari Liga 2 atau bukan kategori bintang.

"Saya tak ingin menjual mimpi kepada suporter. Yang pasti, saya akan berusaha keras untuk membawa tim ini bersaing. Tentunya dengan target yang realistis, " pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Apresiasi Suporter

Meski berjarak sekira 150 km dari Makassar via perjalanan darat, suporter PSM yang tak lagi mendukung langsung tim kesayangannya di kandang sendiri sejak Maret 2020 sangat antusias menampilkan koreo dan yel-yel penyemangat skuad Juku Eja.

"Saya berterima kasih kepada suporter PSM yang menghadirkan atmosfer yang fantastis pada laga tadi. Para pemain pun nyaman dan termotivasi untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya," terang Bernardo Tavares.

Itulah mengapa, Bernardo Tavares sangat berharap Stadion Gelora BJ Habibie bisa lolos verifikasi PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi.

"Setiap tim pasti ingin tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Semoga dalam waktu yang tersisa, fasilitas dan kondisi lapangan yang masih agak kurang bisa dibenahi," papar pelatih berpaspor Portugal ini.

5 dari 5 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer