Sukses


PSSI Disarankan Boyong Jeon Kyung-jun, Siapa Dia? Akankah Jadi Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Senior?

Bola.com, Jakarta - PSSI disarankan untuk memboyong Jeon Kyung-jun untuk masuk staf kepelatihan Shin Tae-yong. Siapa Dia? Apakah ia bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia level senior?

Jeon Kyung-jun baru saja berpisah dengan peserta K League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Jeonnam Dragons memutuskan untuk menerima pengunduran diri Jeon Kyung-jun setelah menelan empat kekalahan beruntun di K League 2.

Buntut dari delapan kekalahan, empat seri, dan empat kemenangan dalam 16 pertandingan, Jeonnam Dragons terpuruk di peringkat ke-9 dari 11 kontestan di klasemen sementara.

2 dari 5 halaman

Tangan Kanan Shin Tae-yong

Jeon Kyung-jun sempat menjadi tangan kanan kesayangan Shin Tae-yong. Pria berusia 48 tahun itu pernah berperan sebagai asistennya selama dua tahun.

Jeon Kyung-jun menemani Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan pada 2017-2018, Timnas Korea Selatan U-20 pada 2017, dan Timnas Korea Selatan U-23 pada 2015-2016.

Jurnalis Goal Korea Selatan, Steve Han berpendapat bahwa PSSI perlu mendatangkan Jeon Kyung-jun untuk masuk staf kepelatihan Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Potensi untuk Timnas Indonesia

Di saat yang bersamaan, PSSI tengah mempertimbangkan untuk meminta Shin Tae-yong untuk tidak lagi melatih Timnas Indonesia dan U-23 demi fokus ke timnas U-20.

"Potensi berita besar bagi Timnas Indonesia. Jeon Kyung-jun memainkan peran penting sebagai ahli taktik saat menjabat sebagai asisten Shin Tae-yong," tulis Steve Han di akun Twitter, @realstevescores.

Steve Han mengungkit pekerjaan Jeon Kyung-jun ketika membantu Shin Tae-yong membawa Korea Selatan menang 2-0 atas Jerman di Piala Dunia 2018.

"Dia adalah bagian besar dari staf teknis yang memandu kemenangan Korea Selatan atas Jerman pada 2018. Timnas Indonesia harus mendorong reuni Shin Tae-yong dengan Jeon Kyung-jun.

4 dari 5 halaman

Siapa Jeon Kyung-jun?

Jeon Kyung-jun lahir di Seoul, Korea Selatan pada 10 September 1973. Kiprahnya sebagai pelatih kepala di level klub belum lama, baru dimulai pada 2019.

Jeonnam Dragons menjadi klub pertama yang dipolesnya sebagai pelatih kepala. Dia bergabung dengan tim berjuluk Dragons itu pada awal 2019 sebagai pelatih interim.

Jeon Kyung-jun juga pernah menjadi pelatih Timnas Korea Selatan U-14 pada Januari 2013-Desember 2014.

Pada pertengahan 2019, Jeon Kyung-jun diangkat menjadi pelatih tetap Jeonnam Dragons hingga Juni 2022.

5 dari 5 halaman

Pernah Sangat Dekat dengan Indonesia

Sebelumnya, Jeon Kyung-jun lebih banyak berperan sebagai asisten pelatih. Mulai dari Timnas Korea Selatan U-17 pada 2012 hingga Jeju United pada 2015.

Jeon Kyung-jun pernah sangat dekat dengan Indonesia. Dia sudah tidak asing dengan Asia Tenggara. Sewaktu masih aktif bermain, ia pernah beraksi untuk klub Singapura, Home United pada 2006 dan tim Brunei Darussalam, DPMM FC.

Bagaimana dengan peluang Jeon Kyung-jun menjadi pelatih Timnas Indonesia jika direkrut oleh PSSI? Jawabannya masih misterius.

Ketika ditelusuri, Bola.com tidak menemukan level lisensi kepelatihan Jeon Kyung-jun. PSSI tentu perlu memperhatikan kondisi itu demi memenuhi aturan kelayakan memegang jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia atau tidak.

Video Populer

Foto Populer