Sukses


Momen Langka, 2 Timnas Indonesia Bertempur Malam Ini : Kapan dan Di Mana Saja ?

Bola.com, Jakarta - Publik sepak bola di Tanah Air pasti tidak mengira kalau dua Timnas Indonesia akan berlaga di saat yang hampir bersamaan. Aneh tapi nyata, itulah yang terjadi ketika Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-19, berjibaku pada periode waktu yang tak berbeda jauh.

Timnas Indonesia senior akan menghadapi Timnas Kuwait pada laga perdana Grup A putaran ke-3 Kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara itu, Tim Garuda Muda melanjutkan perjuangan di Turnamen Toulon, demi mendapatkan posisi terbaik.

Duel Timnas Indonesia kontra Kuwait akan berlangsung malam ini, mulai pukul 23.15 WIB. Sedangkan tim junior kebanggaan Tanah Air akan melakoni kick-off, 15 menit lebih awal dari tim senior.

 

2 dari 6 halaman

Atensi Tinggi

Pertarungan Timnas Indonesia kontra Kuwait memantik atensi tinggi publik Tanah Air. Mereka berharap pasukan Shin Tae-yong bisa memenuhi ekspektasi masyarakat sepak bola, yang berharap Tim Merah Putih bisa lolos ke Piala Asia 2023.

Bukan perjalanan mudah bagi pasukan Shin Tae-yong. Kuwait menjadi pengganjal utama. Selain kapasitas pemain, mereka juga berstatus tuan rumah. Artinya, para penyokong Kuwait bakal memberi teror tersendiri, meski Tim Garuda berharap ada warga negara Indonesia yang meluangkan waktu memberi dukungan moril.

 

3 dari 6 halaman

Kendala Non-teknis

Maklum, Timnas Indonesia senior menghadapi kendala non-teknis, yakni kondisi cuaca yang kurang bersahabat. BMKG-nya Kuwait memrediksi, pada saat pertandingan malam ini, suhu berkisar di angka 25-30 derajat Celcius.

Artinya, energi pemain akan cepat terkuras meski mereka bermain malam. Tak hanya itu, kondisi cuaca yang tak bersahabat menggangu masa persiapan dan adaptasi. Pada siang hari, suhu bisa menyentuh angka 40 derajat Celcius.

 

4 dari 6 halaman

Benefit Lawan

Kondisi tersebut memberi benefit kepada Kuwait. Menurut Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pasukannya sudah siap tempur, tapi masih harus berpikir keras bagaimana beradaptasi dengan kondisi cuaca.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong sudah mengamati permainan Kuwait. Menurutnya, Kuwait tim kuat sebelum tahun 2000-an. "Ketika saya lihat hari ini mereka bukan tim yang kuat, saya tak tahu kenapa bisa seperti itu," tegasnya, di situs resmi PSSI.

 

5 dari 6 halaman

Janji Elkan

Sementara itu, bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott tak ingin berbasa-basi dengan strategi tuan rumah. "“Semuanya berjalan baik. Kami sudah melewatkan beberapa hari di sini dengan cuaca panas. Kami sudah beradaptasi dan siap berikan performa terbaik," katanya.

Setelah menghadapi Kuwait, Timnas Indonesia akan melawan Yordania (‪11/6/2022) dan Nepal (‪14/6/2022). Pemuncak klasemen lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023. Sedangkan, runner-up grup harus berjuang memperebutkan lima tiket tersisa.

 

6 dari 6 halaman

Timnas U-19

Tak jauh beda dengan perjuangan keras Timnas Indonesia senior, sang adik juga sedang berjuang. Gagal melaju ke babak semifinal bukan berarti akhir dari segalanya.

Malam ini, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timnas Aljazair, pada perebutan tempat ke-9 Turnamen Toulon 2022. Pelatih timnas Indonesia U-19, Dženan Radončić menilai para pemain sudah mengalami banyak kemajuan, dan itu modal kala bersua Aljazair.

“Sejauh ini saya puas dengan penampilan pemain selama turnamen, dengan satu modal kemenangan dari Ghana, ini merupakan yang terbaik bagi para pemain. Jadi kami akan mempersiapkan lebih baik lagi untuk Piala Dunia U-20 nanti," sebut Radoncic.

Video Populer

Foto Populer