Sukses


Piala Presiden 2022: Kalahkan Arema FC, Pelatih PSM Malah Sindir Kepemimpinan Wasit

Bola.com, Malang - PSM Makassar mengalahkan tuan rumah Arema FC dengan skor 1-0 pada laga perdana Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (11/6/2022) malam WIB.

Bagi skuad Juku Eja, kemenangan ini mengulang kejutan yang mereka buat pada Piala Menpora 2021 di stadion yang sama. Saat itu PSM Makassar mempermalukan Persija Jakarta dua gol tanpa balas juga di partai pembuka.

Pada sesi jumpa media usai pertandingan, pelatih PSM Bernardo Tavares menanggapi normatif kemenangan tim asuhannya. Menurut pria berpaspor Portugal itu, PSM mengawali laga dengan baik dan berhasil memanfaatkan peluang pertama mereka.

Setelah itu, PSM Makassar dan Arema sama-sama berusaha menciptakan peluang untuk mencetak gol. "Andai bola tendangan pemain Arema (Gian Zola) tidak kena tiang, mungkin hasilnya akan berbeda," ujar Bernardo.

 

2 dari 5 halaman

Puji Reza Arya Pratama

Bernardo Tavares memuji kipernya, Reza Arya Pratama yann dinilainya tampil baik dalam laga tadi.

"Setelah tertinggal, Arema terus meningkatkan intensitas serangan mereka dan mendapat sejumlah peluang. Tapi, kiper kami tampil baik. Di antaranya, dua kali menyelamatkan gawang PSM dari kebobolan," papar Bernardo Tavares.

Ia pun mendedikasikan kemenangan itu kepada mendiang Ilham Darmawan, suporter PSM yang meninggal dalam perjalanan menuju Pare Pare untuk mendukung timnya beruji coba dengan Sulut United di Stadion Gelora BJ Habibie, Senin (6/6/2022).

 

3 dari 5 halaman

Sindir Kepemimpinan Wasit

Pada kesempatan sama, pelatih yang baru pertama kali berkiprah di Indonesia ini menyindir kepemimpinan wasit Nusur Fadilah yang dinilai berkali-kali membuat keputusan yang aneh.

Menurutnya, dalam sebuah pertandingan, pelatih, pemain dan wasit bisa saja membuat kesalahan. "Ini bukan soal kalah atau menang. Tapi, wasit berkali-kali merugikan PSM. Satu di antaranya, pemain kami dinilai offiside saat mendapat peluang mencetak gol," tegas Bernardo Tavares

Ia juga menambahkan, andai laga tadi memakai teknologi VAR, bakal terlihat sejumlah kesalahan yang dibuat oleh wasit saat mengambil keputusan.

 

4 dari 5 halaman

Terima Kasih buat Suporter

Sementara itu, penyerang sayap PSM, Rizky Eka Pratama yang menemani sang mentor, mengungkapkan, kemenangan atas Arema FC berkat kerja keras dan kebersamaan pemain dalam menjalankan instruksi dan strategi Bernardo Tavares.

Tak lupa, ia berterima kasih kepada suporter PSM Makassar. Diketahui, terdapat sekelompok fans yang datang ke Stadion Kanjuruhan mendukung langsung perjuangan Wiljan Pluim dkk.

"Saya mewakili pemain juga mengucapkan terima kasih kepada suporter yang setia mendukung PSM," pungkas Rizky Eka Pratama.

5 dari 5 halaman

Jadwal Grup D

Venue: Stadion Kanjuruhan, Malang

11 Juni 2022

  • Arema FC vs PSM Makassar 0-1

12 Juni 2022

  • 16.00 WIB - Persikabo 1973 vs Persik Kediri

15 Juni 2022

  • 16.00 WIB - PSM Makassar vs Persikabo 1973
  • 20.30 WIB - Persik Kediri vs Arema FC

19 Juni 2022

  • 16.00 WIB - PSM Makassar vs Persik Kediri
  • 20.30 WIB - Persikabo 1973 vs Arema FC

Video Populer

Foto Populer