Sukses


5 Fakta Menarik Matchday 1 Piala Presiden 2022: Banjir Penalti, Panen Gol Debut

Bola.com, Jakarta - Piala Presiden 2022 sudah melewati matchday 1. Tercatat hanya Persija Jakarta dan Dewa United saja yang belum bermain.

Persija Jakarta dan Dewa United belum memainkan laga pertamanya di Piala Presiden 2022 lantaran mereka tergabung di grup yang berisikan lima tim.

Banyak hal menarik tersaji selama matchday 1. Empat tim sukses meraih kemenangan, sementara delapan peserta harus puas dengan hasil imbang.

PSIS Semarang menjadi tim terbaik sejauh ini karena sukses mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 6-1. Sementara Arema FC jadi satu-satunya tim tuan rumah yang kandas pada matchday 1.

Adapun Borneo FC jadi satu-satunya tuan rumah Piala Presiden 2022 yang berhasil memetik tiga poin pada matchday 1. Fakta-fakta menarik apa lagi yang tersaji? Berikut ini Bola.com merangkumnya.

 

2 dari 6 halaman

4 Penalti

Pada matchday 1 Piala Presiden 2022, terdapat tiga penalti yang diberikan wasit. Satu di antaranya tidak berbuah gol.

Adalah Fabiano Beltrame, bek Persis Solo yang gagal mengeksekusi penalti saat bersua PSS Sleman. Tendangannya mampu ditepis Muhammad Ridwan pada menit 86'.

Ramiro Ezequiel Fergonzi dari Persita Tangerang dan Jonathan Ezequiel Bustos dari Borneo FC sukses mengonversi peluang menjadi gol.

Terakhir ada Rafael Da Silva dari Barito Putera yang mencetak gol ke gawang RANS Nusantara FC lewat penalti.

 

3 dari 6 halaman

Gol Debut

Joanderson De Jesus Assis menjadi debutan pertama di Piala Presiden 2022 yang sukses mencetak gol. Lesakkannya ke gawang Persikabo 1973 memanfaatkan umpan Renan Silva menandai kiprahnya di sepak bola Indonesia.

Beberapa jam setelah Joanderson, berikutnya ada Novri Setiawan, winger serbabisa Bali United. Menariknya, eks Persija Jakarta itu mencetak gol ke gawang Persib Bandung.

Pada laga PSIS Semarang kontra Persita Tangerang, ada empat pemain yang mencetak gol debut. Mereka adalah Taisei Marukawa, Carlos Fortes, Oktafianus Fernando, dan Ramiro Fergonzi.

Lainnya:

  • Ahmad Nufiandani (Persebaya)
  • Septian Bagaskara (Barito Putera)

 

4 dari 6 halaman

Duet Maut Baru

Seperti yang sudah diduga, duo Carlos Fortes dan Taisei Marukawa benar-benar menjadi aktor penting buat PSIS. Kombinasi keduanya memberikan dimensi berbeda bagi lini serang klub berjuluk Mahesa Jenar itu.

Fortes memang gagal menghadirkan hattrick pertamanya bagi klub barunya itu. Tapi, penampilan pemain asal Portugal itu menunjukkan PSIS Semarang tak perlu khawatir kehilangan taji sepanjang kompetisi nanti.

Sementara itu, Taisei belum berhenti membuat loyalis setia PSIS berdecak kagum. Pergerakannya dengan dan tanpa bola benar-benar sangat berbahaya. Golnya ke gawang Persita merupakan bukti sahih sentuhannya belum pudar.

 

5 dari 6 halaman

Flare Party

Euforia suporter menyambut hidangan sepak bola langsung di stadion langsung terasa. Bagaimana tidak, di Solo, Bandung, dan Malang, pesta flare atau suar meramaikan matchday 1 Piala Presiden 2022.

Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, mengaku maklum mengenai kejadian itu. Akan tetapi, ia akan menyerahkan perihal ini kepada komisi khusus, apakah perlu diberikan sanksi atau tidak.

Wah, jangan sampai deh pesta flare ini berujung pada sulitnya izin untuk keberlangsungan kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

 

6 dari 6 halaman

Tim Promosi Belum Kalah

Selain Dewa United yang memang belum melakoni pertandingan, dua tim promosi lainnya, yakni Persis Solo dan RANS Nusantara FC, sukses memetik poin.

Persis Solo sebetulnya berpeluang meraih kemenangan andai penalti Fabiano Beltrame tidak ditepis Muhammad Ridwan. Sementara itu, debutan Septian Bagaskara berhasil menyelamatkan RANS Nusantara FC dari kekalahan.

Dewa United FC akan berhadapan dengan PSIS Semarang pada laga pertama mereka. Kira-kira sanggup enggak ya terhindar dari kekalahan?

Video Populer

Foto Populer