Sukses


Fakta Menarik Jelang Duel Bali United Vs Persebaya: Duel Mantan Finalis Piala Presiden

Bola.com, Jakarta - Bali United dan Persebaya Surabaya akan melakoni pertarungan hidup-mati pada laga pamungkas Grup C Piala Presiden 2022, Senin (20/6/2022) malam. Tetapi, pertarungan mereka bisa jadi malah berakhir anti klimaks.

Saat ini, kedua tim sama-sama mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan yang telah dilakoni. Mereka tertingal tiga angka dari Bhayangkara FC dan Persib Bandung yang bakal berlaga di pertandingan lain.

Walaupun kepastian lolos masih harus ditentukan hasil tim lain, Bali United dan Persebaya Surabaya tetap harus membidik poin penuh. Hanya kemenangan yang bakal menjaga asa mereka untuk menembus fase selanjutnya.

Duel dua tim papan atas ini sudah pasti bakal berlangsung sengit. Kedua pelatih juga enggan mengalah meskipun pertandingan ini hanya berstatus turnamen pramusim.

Untuk memanaskan persaingan keduanya, Bola.com merangkum tiga fakta menarik dari rekor pertemuan hingga perjalanan kedua tim dalam sejarah Piala Presiden. Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Dua Tim Tersubur Musim Lalu

Bali United dan Persebaya Surabaya menggapai rekor fantastis pada perhelatan BRI Liga 1 2021/22. Kedua tim sama-sama berhasil menembus lebih dari 50 gol sepanjang gelaran kompetisi musim lalu.

Serdadu Tridatu, julukan Bali United menjadi yang paling subur dengan torehan 57 gol dalam 34 pertandingan. Ilija Spasojevic menjadi pemasok utama gol timnya setelah menyumbangkan 23 gol untuk sekaligus menasbihkan diri sebagai topskor kompetisi.

Sementara itu, Persebaya hanya berselisih satu gol saja dari jumlah pertandingan yang sama. Sayangnya, Taisei Marukawa yang musim lalu menajdi topskor tim dengan sumbangsih 17 gol, telah berlabuh ke PSIS Semarang.

 

3 dari 4 halaman

Stefano Cugurra Lebih Mentereng

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, boleh sedikit jemawa atas Aji Santoso. Saat ini, pria asal Brasil itu sedikit lebih unggul dengan mengemas empat kemenangan berbanding dua yang diciptakan kompatriotnya tersebut.

Namun di pertemuan terakhir keduanya, Aji berhasil memimpin Persebaya merebut kemenangan heroik atas Bali United asuhan Teco, julukan Stefano Cugurra. Kekalahan tersebut menodai kesempurnaan Bali United di putaran kedua.

Tetapi dengan materi skuad yang tak banyak berubah, Bali United pantas sedikit diunggulakn di pertandingan nanti. Tetapi Aji dan Persebaya tentu tak akan mau mengalah semudah itu.

 

4 dari 4 halaman

Finalis Piala Presiden

Bali United dan Persebaya sejatinya cukup berprestasi di turnamen pramusim ini. Keduanya tercatat pernah menjadi finalis pada Piala Presiden edisi-edisi sebelumnya.

Bali United mengawalinya terlebih dahulu di Piala Presiden 2018. Walaupun 'terganggu' dengan jadwal AFC Cup, mereka tetap mampu melaju ke partai puncak. Sayangnya, di laga pamungkas mereka tumbang dengan skor telak 0-3 dari Persija Jakarta.

Sementara itu, Persebaya mendapatkan status tersebut saat tampil di Piala Presiden 2019. Tetapi seperti halnya Bali United, mereka harus puas di posisi kedua lantaran kalah agregat dari rival abadinya, Arema FC.

Video Populer

Foto Populer