Sukses


Korsel Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Bisa Sekalian Mudik

Bola.com, Seoul - Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) melalui situs resminya mengonfirmasi ketertarikan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Korsel bertekad menjadikan momentum ini untuk mengembalikan kejayaan sepak bola.

Ketertarikan Korsel menggelar Piala Asia 2023 karena sudah lama tidak menjadi tuan rumah event bergengsi. Selain itu, Korsel juga percaya diri karena memenuhi segala syarat yang diajukan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

"Kami memutuskan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 dengan tujuan berkontrobusi pada integrasi, meningkatkan citra Korea di internasional, memperluas infrastruktur sepak bola, merevitalisasi ekonomi, serta memenangi turnamen," bunyi keterangan resmi KFA.

AFC memang baru akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah atau letter of intent pada 30 Juni 2022. Tawaran tersebut akan diberikan kepada seluruh negara peserta yang lolos ke Piala Asia 2023.

2 dari 5 halaman

Memenuhi Syarat

AFC memberikan syarat ketat bagi negara yang ingin menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Satu di antaranya harus memiliki stadion dengan kapasitas yang besar.

Menurut ketentuan penawaran yang disarankan oleh AFC, stadion untuk penyisihan grup hingga perempat final harus memiliki kapasitas 20 ribu atau lebih. Sementara itu, untuk stadion yang akan menggelar laga semifinal harus memiliki kapasitas 40 ribu atau lebih.

Sementara itu, stadion yang akan menggelar laga final Piala Asia 2023 diwajibkan memiliki kapasitas 50 ribu atau lebih. Korea Selatan percaya diri bisa terpilih menjadi tuan rumah karena punya banyak stadion yang memenuhi syarat tersebut.

3 dari 5 halaman

Faktor Cuaca

Korea Selatan juga didukung faktor cuaca bila terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Seperti diketahui, turnamen tersebut dijadwalkan bergulir pada pertengahan tahun.

Pada periode itu, kondisi cuaca Korea Selatan terbilang hangat dan bersahabat untuk semua tim peserta Piala Asia 2023. Adapun bila Piala Asia 2023 digelar di Timur Tengah bakal menjadi kendala. karena pada masa itu cuaca di sana sangat panas.

Selain Korea Selatan, diketahui ada beberapa negara yang juga berminat jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Mereka adalah Jepang, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Australia.

4 dari 5 halaman

Bisa Mudik

Minat Korea Selatan untuk menggelar Piala Asia 2023 tentu menjadi kabar yang menggembirakan buat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Nantinya, Shin Tae-yong bisa sekalian mudik saat memimpin skuad Garuda.

Apalagi Timnas Indonesia sudah cukup mengenal Korsel. Bebarapa pemusatan latihan dilakukan Timnas Garuda di Negara Gingseng tersebut.

Para pemain Timnas Indonesia sudah terbiasa dengan kondisi cuaca dan atmosfer di Korsel. Ini jelas menjadi keuntungan buat para pemain dalam berburu mimpi meraih yang terbaik di Piala Asia 2023.

5 dari 5 halaman

Daftar Peserta Piala Asia 2023

  1. Jepang
  2. Suriah
  3. Qatar
  4. Korea Selatan
  5. Australia
  6. Iran
  7. Arab Saudi
  8. Uni Emirat Arab
  9. China
  10. Irak
  11. Oman
  12. Vietnam
  13. Lebanon
  14. Palestina
  15. Uzbekistan
  16. Thailand
  17. India
  18. Hongkong
  19. Tajikistan
  20. Kirgistan
  21. Bahrain
  22. Malaysia
  23. Yordania
  24. Indonesia

Video Populer

Foto Populer