Sukses


Hasil Piala Presiden 2022: Derbi Kalimantan Berakhir Seri, Persaingan di Grup B Makin Sengit

Bola.com, Samarinda - Laga penuh gengsi Derbi Kalimantan yang mempertemukan Borneo FC Samarinda melawan Barito Putera dalam lanjutan Grup B Piala Presiden 2022 berakhir seri. Laga yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda pada Rabu (22/6/2022) itu berakhir dengan skor 0-0.

Awal babak pertama berlangsung dengan tempo yang cukup lambat. Kedua tim tampak tak mau terburu-buru dalam membangun serangan.

Peluang bersih Barito Putera terjadi di menit ke-20. Tendangan bebas Renan Alves membentur tiang gawang Borneo FC yang dijaga Angga Saputro.

2 dari 6 halaman

Jual Beli Serangan

Memasuki menit ke-25, giliran Borneo yang punya peluang melalui situasi tendangan bebas. Sayangnya, tendangan Stefano Lilipaly masih kurang menukik.

Matheus Pato mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-29. Tembakan Pato yang membentur tanah sempat membuat Joko Ribowo kesulitan. Beruntung eks kiper PSIS Semarang itu masih bisa mengamankan bola.

Gelandang Borneo FC, Kei Hirose memiliki peluang bagus di menit ke-39. Sepakan pemain asal Jepang itu masih bisa ditahan Joko Ribowo.

Barito Putera sempat mendapatkan peluang di akhir babak pertama. Namun skor 0-0 tetap menghiasi papan skor Stadion Segiri, Samarinda ketika babak pertama berakhir.

 

3 dari 6 halaman

Babak Kedua

Borneo FC langsung tancap gas di awal babak kedua. Menit ke-51, Matheus Pato sukses memberikan umpan ke kotak penalti. Namun, sontekan Stefano Lilipaly masih tipis di sisi kanan gawang Barito Putera.

Petaka menghampiri Barito Putera di menit ke-55. Bek kiri mereka, Frank Sokoy melakukan pelanggaran keras kepada Matheus Pato. Hasilnya, Sokoy mendapatkan kartu kuning kedua.

Diusirnya Sokoy membuat Dejan Antonic harus segera melakukan pergantian pemain. Bek kiri senior Rendi Saputra masuk menggantikan gelandang Ferdiansyah. Masuknya Rendi tentu untuk menambal sisi kiri yang bolong ditinggal Sokoy.

4 dari 6 halaman

Gagal Manfaatkan Keuntungan

Meski bermain dengan jumlah pemain yang lebih banyak, Borneo FC justru kesulitan mengembangkan permainan. Justru di menit ke-72, Rafael Silva mampu merepotkan Angga Saputro lewat tendangan kerasnya.

Tendangan bebas didapatkan Borneo FC di menit ke-83. Lagi-lagi eksekusi Matheus Pato tidak maksimal. Tendangan Pato masih membentur pagar hidup pemain Barito.

Di sisa babak kedua, Borneo tak kunjung bisa mencetak gol. Skor 0-0 menjadi skor akhir laga ini.  Hasil ini membuat persaingan di Grup B semakin sengit. Lima tim di grup itu masih punya peluang lolos ke babak selanjutnya.

Barito Putera ada di puncak klasemen sementara dengan lima poin dari tiga laga. Sementara Borneo punya empat poin dari dua laga.

5 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

Borneo FC Samarinda (4-3-3): Angga Saputro (Kiper), Diego Michiels, Javlon Gusyenov, Wildansyah, Leo Guntara (Belakang), Hendro Siswanto, Kei Hirose, Jonathan Bustos (Tengah), Terens Puhiri, Matheus Pato, Stefano Lilipaly (Depan).

Pelatih: Milomir Seslija

Barito Putera (4-2-3-1): Joko Ribowo (Kiper), Bagas Kaffa, Doni Monim, Renan Alves, F.R Sokoy (Belakang), Bayu Pradana, Luthfi Kamal, Ambrizal Umanailo Ferdiansyah, Rizky Pora (Tengah), Rafael Silva (Depan)

Pelatih: Dejan Antonic

6 dari 6 halaman

Lihat Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer